Gadget: 5 Cara dalam Memilih Perangkat Komunikasi

Usahakanlah jangan terlalu memaksakan diri meskipun Anda mampu untuk membelinya.

945 views   |   shares
  • Sudah bukan hal yang aneh lagi jika perkembangan teknologi komunikasi setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang pesat. Dengan banyaknya pabrikan perangkat komunikasi yang setiap saat mengupdate serta memperbarui perangkat gadgetnya, mau tidak mau membuat para pengguna harus melirik dan berusaha untuk mengikuti perkembangan terbaru yang ada demi memuaskan rasa ingin tahu dan merasakan kemutakhiran teknologi terbaru.

  • Sebetulnya apa yang Anda butuhkan dari perangkat komunikasi, apakah hanya sekedar untuk menulis pesan, menelpon, bermain game, berselancar di dunia maya, mengolah data pekerjaan, atau ada hal-hal yang lain? Bijaksana dalam memilih perangkat komunikasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda dapat menyelamatkan Anda dari menjadi korban perkembangan perangkat teknologi komunikasi.

  • Ada banyak hal yang ditawarkan oleh para pengembang mulai dari sisi kenyamanan penggunaan, operasi sistem, kecepatan dalam mengolah data, keunggulan kamera, dan lain-lain. Semuanya sangat menggiurkan dan tentunya dapat mempermudah aktifitas keseharian Anda. Namun apakah Anda akan selalu bersifat konsumtif mengenai perangkat satu ini, dalam artian jika ada produk baru dengan teknologi terbaru dipasarkan, maka Anda akan ikut-ikutan untuk menggunakannya? Saya harap tidak!.

  • Pengalaman yang telah mengajarkan kepada saya untuk tidak mau lagi menjadi korban perkembangan teknologi perangkat komunikasi. Awalnya dulu saya termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang selalu menunggu-nunggu dengan tidak sabar untuk bisa merasakan teknologi terbaru perangkat komunikasi. Mulai dari pabrikan lokal sampai pabrikan luar negeri saya pernah mencoba merasakannya. Dalam satu tahun saya masih ingat pernah sampai tiga kali mengganti perangkat komunikasi saya. Hingga suatu hari saya menyadari bahwa saya telah menjadi korban para pengembang perangkat tersebut. Oleh karena itu, saya mengharapkan Anda bisa bijaksana menentukan perangkat komunikasi yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Sekarang sudah lebih dari tiga tahun saya tidak lagi tergoda untuk memperbaharui perangkat komunikasi saya. Ada beberapa cara yang saya gunakan agar perangkat komunikasi yang saya miliki saat ini tidak terlalu ketinggalan zaman dan tetap bisa membantu kegiatan sehari-hari saya. Cara-cara tersebut antara lain:

  • 1. Memilih produk pabrikan

  • Pertama, tentukan pabrikan mana yang akan Anda pakai, pabrikan yang memiliki nama baik dan sudah terkenal biasanya memiliki kualitas barang yang baik pula, serta harga jual kembali yang relatif tinggi meski sudah dipakai beberapa tahun.

  • Advertisement
  • 2. Menyesuaikan dengan kebutuhan

  • Jika pekerjaan Anda sering berada di lapangan tentunya perangkat komunikasi dengan layar lebar sangat tidak cocok. Jika pekerjaan Anda berhubungan erat dengan media, maka alat komunikasi yang memiliki kamera dengan resolusi piksel yang tinggi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu sesuaikan perangkat komunikasi Anda dengan kegiatan Anda sehari-hari.

  • 3. Memilih koneksi internet

  • Saat ini layanan provider internet sudah semakin baik, karena itu pilihlah perangkat komunikasi yang setidaknya sudah mendukung akses 3G atau HSDPA. Ini akan mendukung kegiatan Anda berselancar di internet.

  • 4. Memilih spesifikasi yang mendukung hiburan

  • Sangat tidak menyenangkan jika alat komunikasi Anda hanya bersifat monoton, dalam artian hanya untuk menulis pesan dan menelpon. Pilihlah spesifikasi perangkat komunikasi yang memiliki fungsi hiburan, seperti: musik, kamera, video call, internet, game permainan, dan lain-lain. Triknya dengan memilih RAM, PROSESOR dan GPU yang berkapasitas besar karena dengan kapasitas yang besar, maka proses pengolahan datanya akan lebih cepat dan mudah.

  • 5. Menyesuaikan dengan anggaran

  • Bijaksanalah dalam membuat anggaran untuk perangkat komunikasi Anda. Usahakanlah jangan terlalu memaksakan diri meskipun Anda mampu untuk membelinya. Jangan terpaku pada harga karena kita ketahui perkembangan teknologi perangkat komunikasi setiap saat mengalami kemajuan, apa yang Anda anggap termutakhir saat ini mungkin setahun ke depan sudah tidak menarik lagi.

  • Demikian beberapa cara yang bisa Anda pergunakan dalam menentukan alat komunikasi yang seperti apa yang Anda butuhkan saat ini. Semoga bisa membantu!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Gadget: 5 Cara dalam Memilih Perangkat Komunikasi

Usahakanlah jangan terlalu memaksakan diri meskipun Anda mampu untuk membelinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr