Memperlakukan Anak secara Adil

Menjadi tanggung jawab orang tua untuk selalu menciptakan keharmonisan di dalam rumah tangga.

3,632 views   |   8 shares
  • Buah hati Anda adalah masa depan Anda, mereka adalah ibarat permata murni yang belum diolah. Keterampilan orang tua dalam mengasuh putra-putri mereka menentukan perkembangan psikis dan emosional mereka. Kenangan yang didapat oleh anak-anak tentang orang tua mereka dikala mereka masih kecil akan selalu diingat hingga mereka beranjak tua nanti.

  • Saya adalah anak nomor dua dari lima bersaudara. Ketika saya masih kecil dan ketiga adik saya belum lahir, masih sangat jelas di dalam ingatan saya setiap kali bulan Desember tiba untuk menyambut hari Natal orang tua kami selalu membelikan baju baru untuk kami berdua. Baju baru tersebut selalu menjadi momen yang kami tunggu-tunggu setiap tahunnya, namun ada hal yang sedikit kami tidak suka dengan model baju, yaitu warna serta corak yang sama. Ketika kami mengenakannya nampak kami seperti seorang anak kembar tidak identik. Kadang hal tersebut membuat kami merasa minder dan malu setiap kali orang bertanya dan menyapa kami. Di dalam hati saya berpikir mengapa orang tua kami membelikan baju yang bercorak sama, kenapa tidak menanyakan terlebih dahulu model apa yang kami sukai.

  • Seiring berjalannya waktu satu demi satu ketiga adik kami lahir, orang tua kami sudah tidak sering lagi membelikan kami berdua baju baru ketika mendekati hari Natal. Kami sadar bahwa kebutuhan biaya hidup semakin bertambah dengan kehadiran mereka, namun saya bersyukur bahwa ketika kami kecil orang tua kami telah berusaha menunjukkan kasih mereka kepada kami berdua secara adil, sekarang giliran mereka memberikan perhatian ekstra kepada ketiga adik kami.

  • Dari pengalaman masa kecil saya di atas memberikan sebuah pendidikan yang mendalam dalam diri saya, bahwa apa yang dilakukan oleh orang tua saya semata-mata ingin menunjukkan perbuatan adil mereka kepada anak-anaknya. Awalnya saya tidak memahami mengapa mereka selalu membelikan baju dengan corak dan warna yang sama, bagi saya waktu itu sangat memalukan, namun sekarang saya memahaminya. Pemahaman ini saya peroleh seiring waktu bertambahnya usia saya, saya tidak memperolehnya dengan singkat.

  • Berbuat adil kepada anak-anak tanpa memandang apakah mereka anak kandung atau anak angkat akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan psikis dan emosional mereka. Orang tua yang adil dan tidak pilih kasih akan dengan mudah mendidik putra-putri mereka, karena mereka merasa diperhatikan dan disayang oleh orang tuanya dengan cara yang sama.

  • Jika orang tua bertindak pilih kasih dalam proses pengasuhan buah hati mereka itu akan menimbulkan perasaan iri hati pada benak salah seorang anak. Salah seorang anak akan curiga dan membenci saudaranya karena perlakuan yang berbeda terhadap dirinya dari orang tuanya. Kebanyakan anak kecil tidak memiliki keberanian untuk melawan orang tua mereka, sifat mereka yang lugu dan cenderung patuh bukan berarti mereka menerima dengan senang hati segala perlakuan yang ditujukan terhadapnya. Bagaikan fenomena gunung berapi jika perlakuan tidak adil yang didapat seorang anak dari orang tuanya tidak segera diatasi, maka akan menimbun amarah di dalam diri si anak sedikit demi sedikit dan bila waktunya tiba tatkala si anak telah memiliki cukup keberanian untuk mengungkapkannya, maka Anda para orang tua sudah selayaknya untuk khawatir.

  • Advertisement
  • Orang tua perlu mengevaluasi kembali kebijakan dalam pola asuh mereka jika didapati salah seorang anak tiba-tiba memberontak dan tidak mau mematuhi perintah mereka. Orang tua perlu melatih kepekaan diri untuk memahami tanda-tanda yang diisyaratkan oleh anak-anak mereka.

  • Dalam beberapa kasus orang tua dihadapkan pada sebuah pilihan di mana mereka terpaksa harus memberikan perhatian lebih pada salah satu anak. Bila di dalam keluarga Anda ada salah satu anak yang memerlukan perhatian khusus karena sakit atau ada kendala lainnya, maka keahlian Anda dalam memberikan penjelasan kepada saudaranya perlu dilakukan. Beri penjelasan dengan baik mengenai kondisi saudaranya dan libatkan dia dalam membantu saudaranya.

  • Salah satu keahlian seorang anak adalah dalam hal melihat dan meniru, berikan contoh dan teladan Anda yang terbaik kepada mereka. Menjadi tanggung jawab orang tua untuk selalu menciptakan keharmonisan di dalam rumah tangga. Perselisihan yang terjadi di antara anak-anak dengan saudaranya menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mereka permasalahkan dan orang tua harus segera bertindak dengan membantu mencari tahu apa penyebabnya.

  • Semoga kita semua sebagai orang tua ataupun sebagai calon orang tua, nantinya selalu bisa bersikap adil kepada anak-anak kita. Segala hal yang saat ini kita ajarkan kepada mereka tidak akan kita lihat secara langsung hasilnya, namun percayalah bahwa mereka akan selalu mengingat kita untuk selamanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Memperlakukan Anak secara Adil

Menjadi tanggung jawab orang tua untuk selalu menciptakan keharmonisan di dalam rumah tangga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr