Usai Sudah! 5 Cara untuk Tetap Santun dalam Melalui Perceraian

Perceraian tidak pernah mudah. Begitu banyak hubungan yang berubah yang melampaui hubungan pasangan yang bercerai itu sendiri.

1,027 views   |   shares
  • Perceraian tidak pernah mudah. Begitu banyak hubungan yang berubah yang melampaui hubungan pasangan yang bercerai itu sendiri. Hubungan anak dengan orang tua berubah, hubungan tali persaudaraan dapat menjadi tegang, dan bahkan saudara ipar dapat bingung mengenai hubungan mereka dengan keluarga lainnya ketika perceraian terjadi. Namun ada cara-cara untuk menjaga bubarnya pernikahan agar hubungan dapat tetap santun di antara Anda dan orang yang kemudian akan menjadi mantan pasangan Anda.

  • 1. H-O-R-M-A-T

  • Orang membuat keputusan berdasarkan emosi atau perasaan, bahkan ketika membagi harta gono gini. Layaknya pasien yang menuntut dokter, itu adalah tindakan yang langsung menyentuh sisi lain dia sebagai dokter. Orang-orang tidak menuntut dokter yang mereka sukai. Orang-orang tidak menuntut dokter yang merawat mereka dengan baik, dan merawat mereka secara manusiawi, memperlakukan kita tidak sebagai pasien yang dinilai dengan angka, daftar penyakit, atau dinilai dengan rupiah. Jadi seberapa baik Anda dan pasangan Anda dapat tetap berhubungan baik selama rusaknya rumah tangga Anda bergantung pada seberapa hormat dan ramahnya Anda. Perlakukan mereka sebagaimana Anda ingin diperlakukan, dan kemungkinan besar Anda akan mendapat timbal balik dari apa yang Anda lakukan.

  • 2. Berfokus pada kesetaraan

  • Jangan terjebak dalam keinginan untuk menghukum mantan pasangan Anda untuk kesalahan yang terjadi sebelum atau selama masa pernikahan―atau setelahnya. Jadilah adil dan biasa, bahkan ketika mereka bertindak tidak masuk akal bagi Anda, atau kepada keluarga Anda.

  • 3. Biarkan pergi saja

  • Sukacita, rasa sakit, memar―biarkan itu semua pergi. Jika pasangan memperlakukan Anda dengan salah, ketahuilah bahwa pembalasan terbaik adalah hidup dengan baik. Jadi teruslah maju dan miliki hidup sebaik mungkin. Ketika Anda bahagia Anda sehat, apa hal negatif yang mereka bawa ke meja negosiasi tidak akan mengganggu Anda sekecil pun.

  • 4. Rencanakanlah

  • Rencanakan sebelumnya

  • Antisipasilah masalah yang kompleks, penundaan, sabotase, ketidakjujuran dan keputusan yang tidak produktif, bahkan ancaman. Buatlah rencana untuk mengatasi masalah-masalah ini dan ketika masalah ini muncul.

  • Dan rencanakan untuk hadiahnya

  • Buatlah rencana untuk membuat seluruh proses perceraian mudah, dan menyenangkan. Berfokus pada keluarga Anda sedekat dan senyaman mungkin. Aturlah liburan atau perjalanan ke luar kota, pesta dan bahkan kegiatan sosial bersama keluarga. Fokuskan kembali perhatian setiap orang pada sesuatu yang positif.

  • Advertisement
  • 5. Yang terbaik

    • Buatlah keputusan Anda berdasar pada yang paling menarik bagi anak-anak Anda. Buatlah sesuatu yang akan menyenangkan anak-anak Anda atau anggota keluarga lain. Jika Anda memiliki anak bersama pasangan Anda, jangan pernah libatkan mereka dalam percekcokan. Dan lakukanlah apa yang akan paling membuat mereka senang dan sehat.

    • Jika Anda berbagi dalam merawat hewan peliharaan, teruslah berbagi waktu merawat sebisa mungkin. Jika tidak, biarkan hewan peliharaan tinggal secara penuh dengan siapa pun yang dapat mengasihi dan merawat hewan itu dengan baik, tidak selalu harus tinggal bersama siapa yang paling menginginkan hewan itu atau yang bersedia membeli hewan itu.

  • Jadilah santun dengan pasangan Anda selama masa perceraian dapat menjadikan mustahil bagi satu pihak untuk terus-menerus menyerang karakter Anda dan apa yang Anda kasihi sebagai satu-satunya keinginannya untuk menghukum Anda atau memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri. Namun diperlukan usaha dari kedua belah pihak. Anda tidak dapat mengendalikan bagaimana tanggapan orang lain. Namun Anda dapat selalu memutuskan untuk tetap mengendalikan tindakan dan sikap Anda. Jika mantan pasangan Anda memberikan masalahnya yang tidak dapat diselesaikan kepada Anda, Anda tidak perlu mengambilnya. Perlakukan dia dengan cara-cara yang dapat Anda banggakan, cara-cara yang anak-anak Anda akan banggakan mengenai Anda. Bagaimanapun Anda sedang menanamkan teladan kepada anak-anak Anda.

  • Orang tua teman baik saya bercerai lebih dari 20 tahun lalu dan mereka tetap menjadi teman baik selama bertahun-tahun. Dan menjalani pernikahan lain. Semua saudara tiri berhubungan baik dan beberapa kali berkumpul bersama saat hari libur dan ulang tahun cucu-cucu mereka. Mereka masih saling menghargai, dan meletakkan kasih mereka bagi keluarga di atas perbedaan mereka. Dari luar, seseorang tidak akan mengetahui mereka masih menikah atau telah bercerai tanpa seseorang lain yang memberitahu.

  • Perceraian yang santun adalah mungkin ketika dua kubu saling bertekad untuk menjaga keluarga baru mereka dinamis, bahagia dan sehat.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "It's over! 5 ways to stay civil through a divorce" karya Georgia Lee.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Usai Sudah! 5 Cara untuk Tetap Santun dalam Melalui Perceraian

Perceraian tidak pernah mudah. Begitu banyak hubungan yang berubah yang melampaui hubungan pasangan yang bercerai itu sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr