Bila Anda Jatuh Sakit

Belum lama ini saya mengunjungi seorang teman yang kena kanker usus. Dia menjalani dua kali kemoterapi dan seluruh kekuatannya terkuras, dia tidak mampu lagi berjalan agak jauh, padahal biasanya setiap subuh dia berjalan kaki 5 km untuk olahraga.

1,067 views   |   shares
  • Belum lama ini saya mengunjungi seorang teman yang kena kanker usus. Dia menjalani dua kali kemoterapi dan seluruh kekuatannya terkuras, dia tidak mampu lagi berjalan agak jauh, padahal biasanya setiap subuh dia berjalan kaki 5 km untuk olahraga. Sekarang berjalan 10 meter saja dia sudah terengah-engah dan harus berhenti untuk duduk. Setiap kali menjalani kemoterapi dia merasa kesakitan luar biasa, dokter memperingatkan dia bahwa kakinya akan merasa seperti dikerubuti gorila, kepalanya akan terasa seperti dipalu dan apa pun yang dimakannya akan dimuntahkan lagi. Semua itu dialaminya, kadang-kadang dia merasa tidak tahan dan menangis, memohon suaminya berdoa memberkatinya, pokoknya penderitaannya tidak ada taranya. Yang membuat saya kagum adalah semangatnya. Saya datang bersama saudara dan iparnya, jadi kami tinggal agak lama, mengobrol tentang masa kecil mereka, tentang teman lain yang pernah mengalami kanker yang sama, dll. Selama itu dia tidak pernah mengeluh, bahkan ketika menuturkan rasa sakitnya. Dia berkata bahwa ada beberapa hal yang dapat dia syukuri dalam pengalaman ini.

    1. Dia sangat bersyukur atas suaminya yang penuh kasih sayang merawatnya dengan sabar dan telaten. Hal ini membuat hubungan mereka lebih erat, bahkan sesudah menikah lebih dari 40 tahun, mereka tidak menyangka kerukunan mereka selama ini masih bisa diperkuat lagi. Ketika saya mengunjunginya dia berbaring di kursi malas, suaminya dengan setia duduk di sampingnya, siap selalu untuk memberinya minum, mengatur bantalnya atau sekedar menemaninya mengobrol. Sungguh pantas dia bersyukur mempunyai suami sebaik itu.

    2. Dia sendiri merasa ada perubahan dalam pandangannya terhadap dunia. Ada seorang temannya yang semula agak dia hindari karena sikapnya, menurut dia, agak menyebalkan. Sesudah dia sakit dia bertekad untuk menjadi teman baik orang itu karena dia menyadari bahwa orang itu tidak mempunyai teman. Meskipun dia sakit, dia ingin meluangkan waktunya untuk mengunjungi orang itu dan menghiburnya.

    3. Dia berjanji akan selalu memeluk orang tuanya bila bertemu, dia berkata bahwa dia tidak akan meninggalkan dunia ini tanpa memberi pelukan kepada ayah ibunya sesering mungkin dan memberitahu mereka bahwa dia sangat mencintai mereka.

    4. Dia tidak lagi menguatirkan harta benda seperti semula, dia lebih bermurah hati dan menganggap bahwa semua itu tidak berarti dibandingkan dengan kesehatannya. Dia juga menyadari bahwa seandainya dia harus meninggalkan dunia ini berapa pun banyaknya hartanya tidak mungkin dia bawa.

    5. Dia bersyukur masih mampu menertawakan dirinya dan memiliki rasa humor di tengah penderitaannya. Seorang temannya yang sudah lanjut usia kadang-kadang membawanya ke perpustakaan. Sebelum dia sakit dialah yang membawa nenek ini ke perpustakaan dan bersabar menunggunya karena jalannya yang tertatih-tatih. Sekarang yang terjadi kebalikannya, dia harus berhenti setiap sepuluh langkah dan duduk istirahat sering-sering. Si nenek bercanda dia senang bahwa ada orang yang berjalan lebih lamban daripada dia.

    6. Dia menyadari bahwa membiarkan orang lain menolongnya akan membuat orang itu memperoleh berkat. Walau dia tidak membutuhkan bantuan orang lain, tapi dia memaksa dirinya untuk menerimanya karena dia ingin mengalahkan rasa angkuhnya dan menerima uluran bantuan.

  • Advertisement
Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bila Anda Jatuh Sakit

Belum lama ini saya mengunjungi seorang teman yang kena kanker usus. Dia menjalani dua kali kemoterapi dan seluruh kekuatannya terkuras, dia tidak mampu lagi berjalan agak jauh, padahal biasanya setiap subuh dia berjalan kaki 5 km untuk olahraga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr