Berapa Anak yang Anda Inginkan?

Apakah Anda masih lajang atau termasuk pengantin baru yang masih dalam tahap merencanakan berapa anak yang ingin Anda miliki? Apa yang sebaiknya menjadi pedoman berapa anak yang Anda inginkan?

7,024 views   |   2 shares
  • Belum lama ini saya membaca berita tentang sutradara kaliber dunia dari Cina Zhang Zi Mou yang harus membayar denda besar kepada pemerintahnya karena dia mempunyai 3 anak. Astaga, saya pikir berapa yang harus dibayar teman saya yang punya anak 11, untung dia tidak tinggal di Cina. Di Indonesia kita juga dianjurkan untuk mempunyai 2 anak saja, walau tidak diancam denda. Apakah Anda masih lajang atau termasuk pengantin baru yang masih dalam tahap merencanakan besarnya keluarga Anda? Apa yang sebaiknya menjadi pedoman berapa anak yang Anda inginkan? Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda mengambil keputusan.

  • Anjuran pemerintah

  • Pemerintah kita secara bijaksana menganjurkan 2 anak saja cukup karena populasi di Indonesia dianggap sudah padat. Jumlah penduduknya hampir sama dengan Amerika Serikat yang memiliki lahan sekitar 5 kali lebih luas dari negeri kita. Banyak orang yang mengikuti anjuran ini dan menjalankan keluarga berencana.

  • Keuangan

  • Dengan makin meningkatnya inflasi dan biaya hidup kita patut mempertimbangkan apakah kita akan mampu membiayai 5 anak ke perguruan tinggi. Bila Anda mempunyai kedudukan yang baik dan keuangan yang lebih dari cukup, tidak ada salahnya Anda mempunyai anak lebih dari dua orang.

  • Kesehatan

  • Banyak wanita yang tidak beruntung memiliki kesehatan cukup baik untuk hamil dan melahirkan anak. Ada yang setiap hamil keguguran, ada pula yang terancam nyawanya jika hamil atau melahirkan. Atau karena penyakit yang diidap kedua pasangan, seperti kencing manis, gangguan jiwa, dll, memiliki anak berarti mengambil resiko menurunkan penyakit itu. Karena alasan-alasan inilah mereka dianjurkan untuk tidak memiliki anak (kecuali dengan cara memungut tentunya). Dokter kandungan sering kali memainkan peran penting dalam menentukan berapa anak yang ingin kita miliki. Ketika saya mengandung anak saya yang kedua dokter saya mengatakan bahwa anak saya akan lahir di tahun macan menurut penanggalan Cina, bila anak itu perempuan biasanya akan mempunyai watak yang keras. Katanya mungkin lebih baik anak lelaki lagi (dia juga yang melahirkan anak pertama saya) dan lain kali barulah anak perempuan. Dokter ini sendiri memiliki 5 anak, 4 perempuan dan terakhir baru lelaki. Tetapi sebelum anak saya lahir, oleh pemerintah dia dikirim ke luar negeri untuk tugas belajar. Dokter kandungan saya yang kedua menganjurkan agar saya cukup mempunyai dua anak saja menilik umur saya, katanya secara psikologi kurang menguntungkan. Saya menyesal mendengarkan nasihatnya karena sebetulnya saya ingin memiliki 4 anak. Coba kalau saya tidak mengikuti anjurannya, mungkin anak ketiga atau keempat saya jenius atau milyarwan (harapan seorang ibu). Namun saya tetap merasa beruntung memiliki kedua anak saya, coba kalau saya tinggal di Cina mungkin saya tidak akan mempunyai dua anak.

  • Advertisement
  • Agama

  • Ada agama yang mengajarkan bahwa roh manusia sudah ada sebelum dia dilahirkan, karena itu mempunyai anak berarti menolong menyediakan tubuh jasmani bagi roh itu. Kebanyakan pengikut agama ini memiliki banyak anak, bahkan lebih dari 10.

  • Kemauan sendiri

  • Ada orang yang karena keinginan sendiri memutuskan untuk tidak mempunyai anak. Ada yang menganggap dunia ini makin tua, makin banyak masalah, kalau punya anak kasihan anaknya.

  • Sesudah membaca semua ini, tidak peduli apa pun alasannya, semuanya terserah kepada Anda dan pasangan Anda sendiri, berapa pun anak yang ingin Anda miliki, kecuali Anda tinggal di Cina dan tidak mempunyai uang sebanyak Zhang Zi Mou untuk membayar denda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Berapa Anak yang Anda Inginkan?

Apakah Anda masih lajang atau termasuk pengantin baru yang masih dalam tahap merencanakan berapa anak yang ingin Anda miliki? Apa yang sebaiknya menjadi pedoman berapa anak yang Anda inginkan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr