Mengalahkan Stres dengan Keterampilan Bersantai

Stres tidak saja mengganggu pikiran, namun juga dapat membuat badan sakit, bahkan bila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan darah tinggi yang pada akhirnya mengakibatkan sakit jantung.

2,057 views   |   0 shares
  • Stres tidak saja mengganggu pikiran, namun juga dapat membuat badan sakit, bahkan bila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan darah tinggi yang pada akhirnya mengakibatkan sakit jantung. Tetapi Anda dapat mengendalikan stres dengan belajar ketrampilan bersantai. Sama seperti Anda dapat belajar masak atau memakai komputer, begitu juga Anda dapat belajar santai. Dengan bersantai Anda membantu menenangkan reaksi tubuh Anda terhadap stres. Ada banyak cara menghilangkan stres yang dapat Anda pelajari sendiri, beberapa di antaranya tertera di bawah ini.

  • Belajarlah mengendurkan otot

  • Tegangkan dan kendurkanlah setiap otot mulai dari ujung jari kaki sampai ke leher dan wajah Anda. Bila ini sulit untuk Anda lakukan sendiri Anda dapat memanggil tukang pijat atau saling bergantian memijat dengan pasangan Anda. Mulailah mengurut bahu, punggung, pinggang, kaki sampai ke telapak dan ujung jari-jari kaki.

  • Visualisasi

  • Keterampilan ini membuat Anda menikmati liburan secara mental. Pejamkan mata Anda dan buatlah badan Anda merasa nyaman. Lalu bayangkan diri Anda berada di suatu tempat yang tenang dan damai, seperti padang rumput atau danau yang dikelilingi cemara hijau. Di kolam renang Anda juga dapat belajar mengapung di punggung Anda. Dengan tangan terlipat di bawah kepala dan kaki agak merenggang Anda menjaga keseimbangan supaya tidak tenggelam. Anda dapat membayangkan tubuh Anda mengapung di laut tenang sambil memandangi awan yang berarak di langit biru.

  • Meditasi

  • Cara ini dapat dipakai untuk menghilangkan banyak pikiran dan kekuatiran dalam benak Anda. Cara ini membantu Anda menjauhkan pikiran dari stres sehingga Anda dapat merasa santai. Tentu saja Anda harus mencari saat yang tepat dan tempat yang jauh dari keributan. Bila Anda mempunyai anak-anak kecil, tunggulah sampai mereka tidur. Ini juga cara yang baik untuk membantu Anda tidur lelap. Salah satu penyebab susah tidur ialah banyaknya pikiran yang berkecamuk di benak Anda.

  • Mendengarkan musik yang santai

  • Banyak CD yang dijual dengan musik-musik seperti ini, suara air mengalir, burung berkicau yang membuat pendengarnya merasa santai dan nyaman. Selain membantu visualisasi Anda juga dapat memutarnya bila Anda sedang duduk di kebun atau melakukan kegiatan santai lainnya.

  • Berkebun

  • Anda mungkin heran bagaimana berkebun dapat membuat Anda santai. Walaupun berkebun membuat tubuh Anda lelah, namun dengan bercocok tanam pikiran Anda merasa santai. Begitu juga hasil dari kerja keras Anda, bunga yang cantik atau sayur yang hijau menghampar di belakang rumah sungguh menyenangkan untuk dipandang mata.

  • Advertisement
  • Yoga

  • Anda juga dapat mempelajari kegiatan lain yang bermanfaat untuk membuat Anda santai. Kegiatan seperti tai chi atau yoga misalnya. Anda dapat mencaritahu di lingkungan Anda tinggal mungkin ada yang mengadakan kegiatan itu. Bila tidak ada, Anda dapat memprakarsainya dengan mengumpulkan orang-orang yang berminat. Lalu secara bergilir Anda dapat memakai rumah para anggotanya untuk berlatih. Bila tidak ada orang yang ahli untuk melatih kegiatan ini, belajarlah bersama dari buku.

  • Berdoa

  • Dengan menyerahkan hidup kita kepada Yang Maha Kuasa kita akan lebih merasa tenang dan memiliki harapan yang lebih besar.

  • Ingatlah bahwa keterampilan-keterampilan ini sama seperti keterampilan lain yang pernah Anda pelajari—makin sering dipraktekkan makin gampang. Bila Anda merasa tingkat stres Anda mulai meningkat, Anda dapat menggunakan ketrampilan-ketrampilan ini untuk membantu Anda merasa santai.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengalahkan Stres dengan Keterampilan Bersantai

Stres tidak saja mengganggu pikiran, namun juga dapat membuat badan sakit, bahkan bila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan darah tinggi yang pada akhirnya mengakibatkan sakit jantung.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr