Didik Putra-Putri Anda untuk Hidup Hemat dan Sederhana

Perilaku konsumtif pada seseorang seringkali tidak dibarengi dengan keadaan perekonomian yang mendukung dan akibat yang sering ditimbulkannya adalah lebih besar pasak daripada tiang.

9,820 views   |   4 shares
  • Perilaku konsumtif pada masyarakat seringkali tidak dibarengi dengan keadaan perekonomian yang mendukung dan akibat yang sering ditimbulkan adalah lebih besar pasak daripada tiang. Mengajarkan gaya hidup hemat dan sederhana pada seseorang tidak bisa diajarkan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, jika Anda peduli terhadap masa depan buah hati Anda, maka tugas dan kewajiban Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan hal-ahl tersebut kepada mereka. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda mulai ajarkan kepada mereka:

    1. Manusia tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa depan.
  • Beri pengertian kepada anak Anda bahwa manusia tidak bisa menebak atau memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan. Karena itu, agar kelak mereka tidak mengalami kesulitan ekonomi, maka biasakan mulai dar sekarang untuk mulai hidup hemat.

    1. Sikap empati.
  • Berikan penjelasan bahwa masih ada banyak orang yang tidak seberuntung mereka di luar sana, karenanya ajarkan supaya mereka mau berempati dan mengasihi orang lain dengan tulus.

    1. Selalu bersyukur.
  • Didik mereka agar selalu bersyukur terhadap segala hal yang Tuhan telah berikan kepada mereka, seperti kesehatan, makanan yang cukup, kepandaian, dll.

    1. Ajari mereka untuk menabung.
  • Beri pengertian kepada mereka bahwa menabung itu sangat menyenangkan, melalui menabung mereka sudah meletakkan pondasi bagi masa depan mereka.

    1. Bekerja untuk mendapatkan hasil.
  • Beri pengertian kepada mereka bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang datang secara cuma-cuma, semua orang harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil bagi kelangsungan hidup serta keberhasilan mereka.

    1. Jangan berhutang.
  • Mulai dari sekarang ajari anak-anak Anda untuk sebisa mungkin menghindari hutang karena berhutang untuk alasan yang tidak tepat dapat mempersulit masa depannya kelak.

    1. Gunakan transportasi umum, jalan kaki atau bersepedah.
  • Meskipun Anda memiliki kendaraan pribadi mintalah kepada mereka untuk sesekali menggunakan transportasi umum, jalan kaki atau bersepedah tujuannya supaya mereka mau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

  • Anak-anak yang sudah dibiasakan untuk hidup secara hemat dan sederhana sejak dini tidak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi saat sudah dewasa nanti, selain itu kesediaan membantu sesama bukan hanya kebahagiaan yang akan mereka dapatkan, melainkan berkat-berkat yang jauh lebih besar dari Tuhan sedang menanti mereka.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Didik Putra-Putri Anda untuk Hidup Hemat dan Sederhana

Perilaku konsumtif pada seseorang seringkali tidak dibarengi dengan keadaan perekonomian yang mendukung dan akibat yang sering ditimbulkannya adalah lebih besar pasak daripada tiang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr