Mengajarkan Kebersihan kepada Anak Anda Sejak Usia Dini

Mengajarkan kebersihan kepada anak kecil dapat menjadi susah-susah gampang, sebelum mengajar mereka sebaiknya dimulai dari diri kita terlebih dahulu, tunjukkan teladan Anda di hadapan mereka biarkan mereka melihat Anda.

6,452 views   |   11 shares
  • Mengajarkan tentang kebersihan kepada putra dan putri Anda sama pentingnya mengajarkan tentang tata krama kepada mereka. Kebersihan perlu diajarkan sejak dini karena kebersihan berpengaruh besar terhadap tingkah laku mereka di masa depan.

  • Mengajarkan kebersihan kepada anak kecil dapat menjadi susah-susah gampang, sebelum mengajarkannya kepada mereka sebaiknya dimulai dari diri kita terlebih dahulu, tunjukkan teladan Anda di hadapan mereka biarkan mereka melihat Anda.

  • Saya setuju dengan ungkapan yang umum dilontarkan dalam masyarakat di Indonesia bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, namun tidak demikan dengan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Nyatanya, ada banyak orang yang membuah sampah sembarangan entah itu di sungai, di jalan raya atau di tempat-tempat umum lainnya, khususnya sampah-sampah plastik karena sampah plastik sangat sulit terurai dan diperlukan puluhan bahkan hingga ratusan tahun untuk membuatnya hancur.

  • Orang-orang yang membuang sampah sembarang, sepertinya sama sekali tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya, bahkan orang-orang di sekitarnya yang tahu perbuatannya sama sekali tidak memiliki keinginan untuk menegurnya seakan-akan acuh dan terkesan membiarkan.

  • Kebiasaan semacam ini sangat buruk dan jorok, kebiasaan ini dapat merugikan diri sendiri serta orang lain, membuat lingkungan sekitar kita tinggal menjadi kumuh dan tidak sedap dipandang, perilaku semacam ini harus dihentikan dengan segera. Tidak ada seorang pun yang dapat merubah seseorang kalau bukan berasal dari keinginan pribadi orang tersebut, oleh karena itu marilah kita memulai dari dalam diri kita pribadi masing-masing dan di dalam keluarga kita untuk membiasakan diri selalu hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya kepada anak-anak kita. Akan lebih mudah mengajarkan kebersihan kepada anak-anak kita selagi mereka masih kecil karena pelajaran tersebut akan melekat kuat dalam benak mereka daripada diajarkan ketika mereka telah beranjak dewasa. Untuk itu, mulailah mengajarkan kebersihan kepada mereka dengan cara berikut:

  • Memberikan teladan

  • Tidak ada hal yang mustahil untuk dicapai, melalui teladan dan kesabaran Anda dapat mengajarkan kebersihan kepada anak-anak Anda, secara bertahap namun konstan anak-anak Anda akan terbiasa melakukannya sendiri tanpa perlu Anda perintah lagi.

  • Jadikan kebersihan sebagai suatu kebiasaan

  • Mulailah dari diri Anda, secara rutin selain mandi 2 kali sehari bersihkan rumah Anda, kamar tidur Anda, dapur seusai memasak, libatkan anak-anak Anda untuk membantu.

  • Advertisement
  • Beri tempat khusus untuk mainan anak-anak Anda

  • Mintalah anak-anak Anda untuk selalu mengembalikan mainan mereka kembali pada tempat yang telah disediakan setelah mereka selesai bermain.

  • Memberi pujian

  • Sewaktu anak-anak tanpa Anda perintah dan dengan kesadaran sendiri membersihkan kembali atau merapihkan hal-hal yang telah dia kerjakan jangan ragu-ragu untuk segera memberikan pujian, dengan cara itu anak-anak akan merasa sangat dihargai.

  • Membuang sampah pada tempatnya

  • Tidak hanya di rumah, kebersihan bisa berawal dari keranjang sampah, ketika Anda berada di tempat umum selalulah membuang sampah di tempat yang telah disediakan, jika Anda dapati tidak ada tempat sampah yang tersedia usahakan untuk menyimpannya sementara waktu hingga Anda menemukan tempat sampah. Ajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang sama didik mereka untuk bertanggung jawab, jelaskan bahwa kebersihan itu baik dan menyenangkan.

  • Tentunya ada banyak metode atau cara yang Anda dapat gunakan utuk mengajarkan kebersihan kepada anak-anak Anda. Mulailah dari diri Anda, tanyakan pada diri Anda apakah Anda telah menjaga kebersihan selama ini, tidak hanya di rumah tapi juga di tempat umum. Seandainya setiap orang di dunia ini benar-benar melakukan bagiannya untuk menjaga kebersihan, maka lingkungan tempat tinggal di mana pun kita berada akan menjadi tempat yang yang paling menyenangkan di dunia ini. Marilah mulai saat ini menjaga tempat tinggal kita selalu bersih dan sehat.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mengajarkan Kebersihan kepada Anak Anda Sejak Usia Dini

Mengajarkan kebersihan kepada anak kecil dapat menjadi susah-susah gampang, sebelum mengajar mereka sebaiknya dimulai dari diri kita terlebih dahulu, tunjukkan teladan Anda di hadapan mereka biarkan mereka melihat Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr