Mencintai Pekerjaan Kita

Pekerjaan apa pun yang kita miliki asalkan itu pekerjaan yang halal bukanlah sesuatu yang harus disesali namun patut disyukuri.

3,908 views   |   12 shares
  • Sama halnya dengan menikah, dalam memilih sebuah pekerjaan seharusnya kita terlebih dahulu mencintainya, jika kita tidak mencintainya maka sepanjang masa kita bekerja yang muncul hanyalah keluhan-keluhan dan keterpaksaan yang tak berujung. Seorang teman mengatakan kepada saya bahwa dia terpaksa mengambil pekerjaan ini karena terpaksa, sulitnya mencari pekerjaan membuat dia menerima segala tawaran yang diberikan padanya meskipun itu tidak sesuai dengan bidang keahliannya.

  • Sangat ironis sekali memang, tapi dengan semakin menyempitnya lapangan pekerjaan mau tidak mau seseorang memang harus dituntut mengkesampingkan kegemarannya dan berusaha untuk menyukai hal yang sebelumnya dia tidak sukai. Kebutuhan hidup khususnya di masyarakat perkotaan sangat beragam. Kebutuhan yang kompleks tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit, jika sesorang tidak bekerja maka secara otomatis kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak akan terpenuhi.

  • Persaingan di dunia kerja setiap tahun semakin ketat, lulusan baru dari universitas-universitas negeri dan swasta semakin bertambah, namun tidak dibarengi dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang memadai, akibatnya para sarjana dari berbagai disiplin ilmu mau tidak mau harus mencari pekerjaan lain yang bahkan tidak sesuai dengan bidang yang ditekuninya selama dia belajar. Hal ini bisa menjadi tekanan, seseorang bisa depresi karenanya, imbasnya pekerjaannya bisa terbengkalai dan tidak maksimal, akhirnya pemutusan hubungan kerja hingga pemecatan pun tak terelakkan.

  • Pekerjaan apa pun yang kita miliki asalkan itu pekerjaan yang halal bukanlah sesuatu yang harus disesali namun patut disyukuri. Merubah cara pandang kita tentang suatu pekerjaan perlu diupayakan, jika awalnya kita tidak menyukai bidang marketing, maka sebaiknya kita mulai belajar untuk menyukainya. Dengan berusaha menyukai dan mencintai hal-hal baru dalam dunia kerja, maka kita bisa terhindar dari dampak buruk yang mungkin bisa diakibatkannya.

  • Dengan mencintai hal-hal baru dalam dunia kerja akan menguntungkan kita dalam banyak hal, jika kita melakukannya dengan sukacita kita bisa mendapatkan banyak pengalaman baru, memperkaya wawasan, memperbanyak relasi, terhindar dari depresi, tidak merasa monoton, dan masih banyak lagi hal positif lainnya.

  • Namun, bukan berarti jika kita mencintai hal-hal baru dalam dunia kerja, maka kita boleh dengan sesuka hati bergonta-ganti pekerjaan dengan seringnya pindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, jika hal tersebut kita lakukan justru itu akan merugikan kita sendiri. Sebaiknya ketika kita memperoleh suatu pekerjaan dan itu bukan bidang yang kita gemari, maka berusahalah dengan sekuat mungkin untuk menyukainya.

  • Advertisement
  • Saya menyadari bahwa tuntutan-tuntutan dalam pekerjaan Anda yang begitu berat mungkin membuat Anda berpikir bahwa apa yang saya sampaikan ini mustahil untuk diwujudkan, namun yakinlah dan selalu berpikir positif, sama halnya dengan yang Anda alami bahwa saya juga merasakan hal yang sama. Rutinitas dalam pekerjaan terkadang membuat saya jenuh, karena saya belum menikah saya ingin memiliki lebih banyak waktu luang yang bisa saya habiskan bersama teman-teman, saya seringkali tergoda untuk mencoba tantangan baru, hal-hal semacam itu seringkali terbersit dalam benak saya. Dalam dunia kerja membuat pertimbangan yang dewasa dan bijaksana perlu kita upayakan, dalam pekerjaan saya saat ini saya berusaha melatih diri saya untuk kuat karena saya sadar bahwa ada banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung saya.

  • Oleh karena itu ada beberapa cara yang selama ini saya gunakan untuk membuat diri saya tetap bisa memiliki semangat dalam melaksanakan tugas-tugas dalam pekerjaan saya. Cara saya mungkin tidak sesuai dengan keadaan situasi di mana Anda bekerja saat ini, oleh karenanya saya mengajak Anda untuk melakukan hal-hal yang umunya dilakukan seperti berikut ini:

  • Mencari hal-hal positif dari pekerjaan Anda saat ini

  • Setiap pekerjaan pastinya memiliki hal-hal positif, dalam pekerjaan saya saat ini saya mendapatkan begitu banyak informasi dan pengalaman baru setiap harinya.

  • Berusahalah akrab dengan teman dan atasan Anda

  • Cara ini akan membuat Anda merasa betah dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepada Anda.

  • Hindarilah membuat masalah

  • Jangan pernah tergoda untuk mencari masalah seperti keseringan datang terlambat, menitipkan absen harian ke teman, bermain-main selama jam-jam kerja, mencuri, dan lain sebagainya. Ketika kita berusaha sebisa mungkin untuk patuh menjalankan tugas kita sesuai dengan SOP, maka kita bisa tenang dalam bekerja.

  • Membersihkan tempat kerja Anda

  • Ruangan kerja yang berantakan akan membuat suasana hati Anda tidak bersemangat, oleh karena itu selalu bersihkan ruangan kerja Anda dan taruh peralatan kerja Anda pada tempat semestinya.

  • Menjaga kesehatan

  • Jika kita sakit maka hal itu akan mempengaruhi kinerja kita dalam bekerja, jadi jagalah selalu kesehatan Anda, setelah pulang kerja usahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak perlu seperti bermain ke rumah teman hingga larut malam, dll. Beristirahatlah yang cukup dan selalu makan makanan yang sehat.

  • Memanfaatkan hari libur dengan bijaksana

  • Advertisement
  • Dari teman-teman saya seringkali muncul keluhan bahwa hari Senin adalah hari termalas dalam setiap minggu. Ketika saya merenungkannya hal itu seharusnya tidak boleh terjadi, idealnya setelah kita libur sewaktu kita masuk kerja kembali kita mendapatkan semangat baru, namun kenyataanya tidak demikian. Saya bertanya kepada teman-teman saya apa saja yang mereka lakukan selama hari libur, dari mereka saya mendapatkan informasi bahwa ada yang pergi memancing, membersihkan rumah, mencuci pakaian kotor, dll. Memang tidak ada salahnya melakukan hal-hal tersebut di hari libur, namun manfaatkanlah hari libur Anda dengan bijaksana.

  • Ada berbagai cara yang tentunya masing-masing dari kita bisa lakukan untuk tetap bisa mencintai pekerjaan kita, suka karena terbiasa. Semoga kita semua bisa tetap produktif dalam bekerja, namun jika panggilan jiwa Anda berkata lain dan Anda termasuk pribadi yang suka akan tantangan dan membenci hal-hal yang bersifat monoton, maka tidak ada salahnya mulai saat ini Anda menantang diri Anda untuk mulai berwiraswasta, selamat bekerja.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mencintai Pekerjaan Kita

Pekerjaan apa pun yang kita miliki asalkan itu pekerjaan yang halal bukanlah sesuatu yang harus disesali namun patut disyukuri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr