Dapatkah Kita Mempercayai Media Sepenuhnya?

Penyiar atau wartawan dan media yang mereka wakili selalu bertekad untuk menyampaikan berita yang paling tepat dan akurat. Namun ada hal-hal yang mungkin menghalangi mereka berbuat seperti itu.

1,362 views   |   shares
  • Apakah Anda gemar membaca koran dan mendengarkan siaran berita? Pernahkah Anda meragukan berita yang Anda baca atau dengar? Penyiar atau wartawan dan media yang mereka wakili selalu bertekad untuk menyampaikan berita yang paling tepat dan akurat. Namun ada hal-hal yang mungkin menghalangi mereka berbuat seperti itu. Mari kita lihat apa saja kemungkinannya.

  • Pemilik media

  • Bagaimanapun juga pemilik media menjalankan perusahaannya untuk mencari keuntungan keuangan. Karena itu bila ada berita yang mungkin tidak menguntungkan bagi perusahaannya, berita itu akan dimasukkan peti es. Misalkan pemilik media menanam saham di sebuah proyek perumahan, kemudian daerah yang dibangun itu kebanjiran. Berita ini tidak akan disiarkan di korannya karena bisa berakibat orang tidak mau membeli rumah di situ.

  • Pemerintah

  • Banyak berita yang dimuat di koran ada kaitannya dengan rakyat dan pemerintah. Pemerintah ingin rakyat mendukung kebijaksanaan dan aparat pemerintah. Karena biasanya berita yang dimuat bersumber dari pemerintah, para wartawan dan sumber pemerintah bekerja sama dalam hal ini. Kadang-kadang pemerintah harus menyensor suatu berita yang bisa membuat rakyat gelisah. Sering pula karena alasan politik wartawan tidak dibolehkan memuat berita tertentu.

  • Iklan

  • Media dibiayai oleh iklan dan pemasang iklan tidak akan membiarkan berita yang disiarkan merugikan perusahaannya. Misalnya saja ada rumah makan cepat saji yang diberitakan bahwa produksinya berasal dari hewan yang digemukkan dengan bahan kimia. Selain berusaha memberi laporan yang menyanggah berita itu, perusahaan tersebut pasti meminta koran di mana mereka memasang iklan untuk tidak memuat berita yang merugikan nama baik mereka itu.

  • Koran kuning

  • Koran yang menjual berita sensasi sering tidak bisa dipercaya isinya. Walau kadang beritanya mengandung kebenaran tetapi acap kali dilebih-lebihkan supaya koran atau majalahnya laris terjual. Misalnya diberitakan ada bayi lahir dengan 3 kepala atau sapi yang berkaki delapan. Lebih parah lagi kalau isinya mengenai selebriti yang kebenarannya diragukan. Hanya karena ada foto kiriman paparasi yang menunjukkan sepasang selebriti berjalan bersama, beritanya mengatakan mereka sudah hidup bersama.

  • Radio

  • Pada tahun 1938 ada sebuah sandiwara radio yang disiarkan di Amerika berjudul War of the Worlds (Perang Antar Planet). Orang-orang yang tidak mendengarkan dari awal mengira ini siaran berita nyata. Bayangkan kepanikan yang timbul gara-gara para pendengar itu percaya bahwa bumi diserbu mahluk planet lain. Orang-orang lari keluar rumah dengan teriakan histeris dan ada yang mengepak barang-barangnya di mobil untuk kabur entah ke mana. Semua ini terjadi karena persaingan antara dua stasiun radio. Salah satunya ingin memperoleh lebih banyak pendengar dengan membuat sandiwara yang mirip dengan kenyataan.

  • Advertisement
  • Menilik hal-hal di atas kita hendaknya menyaring berita yang kita dengar atau baca dengan pemikiran yang bijak. Atau bila ada berita yang disembunyikan kita dapat mencarinya melalui internet. Dalam era globalisasi ini agak sulit membungkam wartawan, kemungkinan suatu berita penting bocor sangatlah besar. Situs-situs populer seperti Youtube, Google atau Wikipedia memberikan banyak keterangan berharga. Namun berita yang penuh sensasi juga harus kita teliti kebenarannya. Misalnya apakah benar uang akan dipotong. Kita bisa menanyakan kebenaran berita seperti ini kepada yang berwajib atau bank pemerintah. Tidak ada salahnya kita waspada supaya tidak mengalami kerugian, tetapi janganlah panik sebelum mengkaji kebenarannya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Dapatkah Kita Mempercayai Media Sepenuhnya?

Penyiar atau wartawan dan media yang mereka wakili selalu bertekad untuk menyampaikan berita yang paling tepat dan akurat. Namun ada hal-hal yang mungkin menghalangi mereka berbuat seperti itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr