Tips Merawat Sepeda Motor Anda

Fungsi rantai motor adalah untuk memindahkan tenaga dari mesin motor ke bagian roda belakang, jika perpindahan tenaga ini terganggu maka bisa dipastikan pergerakan kendaraan Anda tidak akan bisa berjalan secara maksimal.

4,170 views   |   1 shares
  • Sepeda motor di Indonesia bukan lagi barang mewah, hampir setiap keluarga pasti memiliki alat transportasi yang satu ini. Kendaraan ini praktis dan murah perawatannya, namun jika kita acuh tak acuh dalam merawatnya, maka kendaraan kita tidak akan bisa berfungsi secara maksimal sewaktu kita memerlukan jasanya. Apalagi di musim penghujan perawatan sepeda motor kita harus lebih ekstra, oleh karena itu berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat sepeda motor kesayangan Anda:

  • Rantai motor

  • Fungsi rantai motor adalah untuk memindahkan tenaga dari mesin motor ke bagian roda belakang, jika perpindahan tenaga ini terganggu maka bisa dipastikan pergerakan kendaraan Anda tidak akan bisa berjalan secara maksimal. Periksa keregangan rantai motor usahakan tidak terlalu rapat ataupun terlalu longgar. Bersihkan rantai dan gear motor dari kotoran atau kerak yang menempel karena jika tidak dibersihkan lama-kelamaan rantai dan gear akan cepat aus, terakhir selalu beri pelumas rantai dan gear Anda. Untuk pelumas rantai dan gear jangan sekali-kali menggunakan oli mesin karena oli mesin akan membuat debu dan pasir dapat dengan mudah menempel, gunakan pelumas khusus untuk rantai motor.

  • Roda

  • Roda adalah bagian paling krusial, jika tidak ada roda bagaimana sebuah sepeda motor bisa berjalan, atau jika tiba-tiba ban sepeda motor bocor di tengah jalan maka secara otomatis akan sangat menyusahkan si pengendara. Roda terdiri dari dua bagian, ban dalam dan ban luar, beri perhatian ekstra terhadap roda Anda, roda bagian belakang lebih cepat aus daripada roda bagian depan karena roda bagian belakang berfungsi untuk mendorong dan lebih banyak menahan beban motor dan si pengendara. Periksa selalu tekanan ban, jika terlalu lunak akan sangat tidak stabil jika dijalankan, jika terlalu keras maka akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk ban dalam jika tambalan karena bocor sudah lebih dari 5 kali ada baiknya dipertimbangkan untuk menganti dengan yang baru, untuk ban luar jika sudah mulai gundul maka sebaiknya segera diganti karena jika musim hujan atau ada genangan air akan sangat mudah sekali untuk mengalami selip dan bisa membahayakan si pengendara dan orang lain.

  • Velg dan jeruji

  • Periksa velg motor Anda dan jerujinya, pastikan selalu bahwa kondisinya senter dan seimbang, jika ada jeruji yang patah sebaiknya segera diambil dan diganti dengan yang baru.

  • Shock breaker

  • Shock breaker depan belakang biasanya sangat minim perawatan tapi tidak ada salahnya Anda memeriksa baut-baut sesekali untuk memeriksa kerapatan dan kekuatannya. Jika shock breaker bocor ada 2 pilihan Anda bisa membeli yang baru atau melakukan servis, tapi umumnya servis pada shock breaker hanya bertahan sementara saja.

  • Advertisement
  • Mesin

  • Mesin ibarat jantung motor Anda, jika mesin mati motor tidak akan bergerak. Perawatan mesin sedikit lebih rumit dan memerlukan biaya yang lebih mahal dibanding perawatan bagian lainnya. Mesin yang prima dapat didengar dari suara mesin dan tarikannya, maka sebelum mesin motor Anda mengalami kerusakan parah ada baiknya Anda melakukan perawatan sejak dari awal Anda membelinya. Selalu lakukan servis rutin, ganti oli sesuai dengan anjuran dari pabrik pembuatnya. Mesin memiliki keterbatasan pada tingkat kecepatan rpmnya, jadi usahakan Anda tidak mengeber kendaraan Anda di jalan raya seperti layaknya Anda seorang pembalap di lintasan sirkuit, kendarailah secara santai dan sesuai dengan kecepatan maksimum yang disarankan, cara ini bisa menghemat bensin, membuat mesin Anda tidak kepanasan, dan secara otomatis memperpanjang usia kendaraan Anda.

  • Kelistrikan

  • Fungsi kelistrikan meliputi fungsi untuk busi pemantik, lampu riting, lampu depan belakang, klakson dan starter. Jika Anda menggunakan baterai aki basah selalu periksa air akinya jangan sampai kehabisan karena itu akan merusak baterai aki Anda, disarankan bagi Anda yang tidak suka ribet gunakanlah baterai aki kering.

  • Demikian beberapa saran atau kiat dalam merawat kendaran sepeda motor Anda semoga kendaraan Anda selalu awet dan terjaga. Perawatan yang baik akan memuaskan Anda saat berkendara. Gunakan selalu helm saat berkendara, berkendaralah secara santai, jangan terburu-buru atau kebut-kebutan, keluarga Anda menanti di rumah.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tips Merawat Sepeda Motor Anda

Fungsi rantai motor adalah untuk memindahkan tenaga dari mesin motor ke bagian roda belakang, jika perpindahan tenaga ini terganggu maka bisa dipastikan pergerakan kendaraan Anda tidak akan bisa berjalan secara maksimal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr