Gorengan dan Risiko Kesehatan pada Tubuh Anda

Tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi gorengan, namun bijaksanalah jangan menjadikan mengkonsumsi gorengan menjadi suatu kebiasaan. Perlu kehati-hatian dalam memilih tempat penjual gorengan, perhatikan lokasinya dan kebersihan tempatnya.

10,539 views   |   8 shares
  • Panganan asli Indonesia ini sangat mudah dijumpai hampir di setiap tempat, dijajakan dengan gerobak keliling atau di kios-kios kecil di pinggir jalan, macamnya pun beragam dan bentuknya sungguh menggugah selera. Ya, gorengan atau goreng tepung, adalah salah satu olahan cemilan yang sangat murah meriah dan cara membuatnya pun mudah, terbuat dari adonan tepung berisi pisang, ketela, ikan, ayam, tempe, tahu, daging sapi, dan lain-lain di celupkan ke dalam minyak goreng panas yang banyak sampai matang kekuningan.

  • Namun di balik nikmatnya gorengan tersembunyi dampak yang sangat buruk terhadap tubuh kita. Apalagi saat ini sering dijumpai pedagang-pedagang yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin mencari keuntungan semata tanpa memperdulikan kesehatan para pelanggannya yang mengkonsumsinya, mereka menggunakan bahan-bahan berbahaya, seperti: borax, formalin, plastik, minyak goreng oplosan, pewarna tekstil, bahan-bahan kadaluwarsa, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut jika masuk ke dalam tubuh orang yang mengkonsumsinya dapat menimbulkan efek yang buruk seperti kegemukan, kolesterol tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

  • Tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi gorengan, namun bijaksanalah jangan menjadikan mengkonsumsi gorengan menjadi suatu kebiasaan. Perlu kehati-hatian dalam memilih tempat penjual gorengan, perhatikan lokasinya dan kebersihan tempatnya. Berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda jadikan acuan dalam memilih gorengan sebelum Anda membeli dan mengkonsumsinya:

  • Perhatikan warna minyak gorengnya

  • Minyak goreng yang baru selalu berwarna kuning jernih. Jika minyak goreng telah berubah warna menjadi coklat atau bahkan coklat kehitaman, maka Anda perlu khawatir bisa jadi minyak goreng tersebut telah beberapa kali digunakan atau lebih parah lagi jika minyak goreng tersebut adalah hasil dari minyak oplosan.

  • Pada tekstur gorengan terkesan renyah dan terdapat bercak-bercak putih

  • Tidak perlu disangsikan lagi gorengan tersebut mengandung plastik, ya plastik, plastik dicampurkan oleh pedagang ke dalam gorengan untuk membuat tekstur gorengan terasa renyah, Anda harus waspada akan hal ini.

  • Gorengan renyah tapi sedikit pahit

  • Sesuai dengan informasi terbaru yang saya peroleh dari http://welcometomichaelworld.blogspot.com/2013/06/artikel-gorengan-berbahaya-kenali-ciri.html, bahwa ketika Anda membeli gorengan sudah berjam-jam yang lalu tapi masih terasa renyah dan terasa sedikit pahit, maka gorengan yang Anda beli mengandung kapur. Kapur membuat gorengan awet dan tetap renyah walau sudah dingin selama berjam-jam.

  • Advertisement
  • Harga gorengan yang murah

  • Anda patut waspada dan berhati-hati sebelum membeli jika ada penjual yang menjual dengan harga yang sangat murah, karena bisa saja gorengan tersebut mangandung formalin atau bahkan menggunakan bahan-bahan yang telah tidak terpakai.

  • Rasa dari gorengan

  • Jika gorengan berbau menyengat bisa jadi gorengan di goreng dengan menggunakan minyak goreng yang sudah berkali-kali digunakan, mungkin pula terlalu banyak penguat rasa seperti MSG dan penyedap rasa lainnya.

  • Ada banyak cara bisa kita gunakan untuk tetap bisa menikmati gurih dan renyahnya gorengan. Jika kita peduli terhadapa kesehatan tubuh kita dan orang-orang di sekitar kita, keluarga atau rekan-rekan kerja kita ada baiknya Anda membuatnya sendiri, tapi jika cara tersebut tidak memungkinkan Anda bisa mencari dengan hati-hati pedagang-pedagang gorengan yang terpercaya, harga bukanlah masalah jika Anda peduli akan kesehatan tubuh Anda dan orang lain.

  • Kesehatan tubuh sangatlah penting karena dengan tubuh yang sehat kita akan tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Gorengan dan Risiko Kesehatan pada Tubuh Anda

Tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi gorengan, namun bijaksanalah jangan menjadikan mengkonsumsi gorengan menjadi suatu kebiasaan. Perlu kehati-hatian dalam memilih tempat penjual gorengan, perhatikan lokasinya dan kebersihan tempatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr