Tahayul dan Alasannya

Anda boleh percaya tahayul, boleh tidak percaya, tetapi banyak tahayul yang diciptakan untuk mengajarkan sesuatu secara terselubung (karena kalau diajarkan secara langsung tidak digubris).

4,600 views   |   shares
  • Anda boleh percaya tahayul, boleh tidak percaya, tetapi banyak tahayul yang diciptakan untuk mengajarkan sesuatu secara terselubung (karena kalau diajarkan secara langsung, tidak digubris). Dan tahayul ada di mana-mana, dalam budaya apa pun, apalagi di Indonesia yang banyak penduduknya masih percaya mistik. Ada juga tahayul yang tidak masuk akal dan dibuat-buat, misalnya seperti keinginan wanita hamil harus dituruti kalau tidak bayinya akan meneteskan air liur terus. Yah, jelas dong, bayi mana yang sudah bisa menelan air liur sendiri, kebanyakan bayi membiarkan air liurnya menetes. Kalau orang dewasa yang begitu lain lagi persoalannya. Di bawah ini ada beberapa tahayul yang mencoba mengajarkan sesuatu.

  • Jangan membuka payung di rumah

  • Konon itu akan menyinggung roh payung, karena di dalam rumah tidak ada hujan atau terik matahari. Anda mungkin akan mengomel, "Payung kok ada rohnya." Sebetulnya orang-orang tua ingin memberitahu bahayanya membuka payung di rumah. Pertama ujung-ujung kawat payung bisa menusuk mata dan itu tentunya berbahaya. Kedua di rumah banyak barang pecah belah yang kemungkinan jatuh karena tersenggol payung.

  • Jangan bermain di luar sesudah senja

  • Saat mahgrib menurut kepercayaan orang-orang tua banyak roh jahat bergentayangan. Lebih gampang dipercaya kalau perkataan "roh" diganti dengan "orang." Juga berbahaya bermain dalam remangnya cahaya lampu, bisa saja terperosok di selokan. Yang jelas anak-anak tidak kenal waktu bila sedang bermain. Waktu anak lelaki saya masih kecil saya berpesan supaya pulang sebelum gelap karena dia harus di rumah saat makan malam. Tetapi seperti kebiasaan anak-anak, dia melanggar pesan itu. Ketika akhirnya dia pulang dan mengetuk pintu, saya biarkan dia di luar untuk mengajar supaya lain kali dia lebih mendengar perkataan orang tua. Dia pura-pura sakit perut, tetapi saya kenal akal bulusnya. Akhirnya adiknya yang sedang sakit tidak tega, dia ambil bangku kecil untuk memanjat dan membantu membukakan pintu.

  • Rumah tusuk sate mendatangkan sial

  • Nah, yang ini ada bau-bau fengshui, tetapi masuk akal. Rumah yang berdiri di tengah-tengah ujungnya jalanan buntu, bisa saja "ditusuk" mobil seperti sate. Kalau orang tidak tahu bahwa jalanan itu buntu dan dia mengendarai mobil sambil mabuk, tentu akan nyelonong menabrak rumah itu. Contohnya tempat tinggal kami (bukan rumah tunggal tetapi kompleks apartemen) letak gerbang utamanya persis di belokan jalan. Tidak peduli sudah ada rambu-rambu lalu lintas yang menyatakan akan ada belokan di depan, berapa kali sudah gerbang itu atau tiang listrik di dekatnya ditabrak mobil yang ngebut. Padahal sudah ada lampu merah hijau di gerbang untuk memberi tanda berhenti tetapi malah dikira jalanan yang bisa diterobos saja. Akhirnya oleh pemiliknya dipasang besi kuning di sepanjang belokan dengan harapan besi itu akan mencegah mobil menabrak gerbang.

  • Advertisement
  • Berjalan di bawah tangga mendatangkan sial

  • Tentu saja. Bagaimana kalau orang yang sedang berdiri di tangga itu membawa palu dan pas ketika kita lewat palunya terlepas, jatuh menimpa kepala kita. Atau dia mungkin sedang mengecat lalu karena suatu hal kaleng catnya jatuh waktu kita berjalan di bawahnya. Selain itu juga jauhilah tangga karena kalau kita menyenggolnya, orang yang di atas tangga akan jatuh.

  • Pemberian sapu tangan membuat hubungan putus

  • Ah, zaman sudah berubah, sapu tangan sudah jarang sekali dipakai. Di mana-mana orang sekarang memakai kertas tissue. Jadi kalau Anda masih memberi pacar Anda sapu tangan untuk menghapus air matanya atau membuang ingusnya, dia pasti marah dan menganggap Anda ingin dia menyimpan semua itu. Saya tidak akan menyalahkan bila dia memutuskan hubungan dengan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Tahayul dan Alasannya

Anda boleh percaya tahayul, boleh tidak percaya, tetapi banyak tahayul yang diciptakan untuk mengajarkan sesuatu secara terselubung (karena kalau diajarkan secara langsung tidak digubris).
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr