5 Makanan Sehat untuk Disantap Selagi Anda Bangkrut

Kadang-kadang dalam keadaan terjepit di akhir bulan kita harus mengandalkan kepandaian kita dalam menyediakan makanan bagi keluarga. Namun kita tidak ingin melalaikan pentingnya nutrisi terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh.

37,953 views   |   35 shares
  • Kadang-kadang dalam keadaan terjepit di akhir bulan kita harus mengandalkan kepandaian kita dalam menyediakan makanan bagi keluarga. Namun kita tidak ingin melalaikan pentingnya nutrisi terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh. Di bawah ini ada 5 bahan makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral yang sebagian dapat Anda beli di awal bulan dan disimpan sebagai cadangan di kala kekurangan.

  • Beras merah

  • Beberapa manfaat yang dikandung beras merah ialah vitamin, mineral, dan anti oksidan (zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh), namun manfaat yang terbesar ialah tingginya kandungan serat yang membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Satu hal yang harus diperhatikan, bila Anda tidak terbiasa makan beras merah, mulailah secara bertahap dengan memasaknya bersama beras putih. Kandungan serat dalam beras merah membuat mulas perut mereka yang tidak biasa menyantapnya.

  • Kacang-kacangan

  • Bila dibeli dalam jumlah besar harganya lebih murah. Kacang merah harganya sekitar Rp40.000 per kg. 1 mangkok kacang kering sesudah dimasak mengembang menjadi 3 mangkok. Kacang-kacangan adalah makanan yang sangat sehat. Merupakan sumber fiber dan protein, tidak banyak mengandung lemak dan sodium, dan kaya akan mineral seperti zat besi, potasium, magnesium, tembaga dan zinc, selain itu juga banyak vitaminnya seperti folic acid, thiamin, niacin dan B6. Susu kacang kedelai mudah dibuat sendiri. Rendam kedelai semalaman, buang kulitnya, blender dan beri air untuk direbus. Saring ampasnya dan minum susunya. Ampasnya masih dapat diolah dengan sedikit garam, merica, gula, telur dan daun bawang untuk digoreng menjadi perkedel.

  • Sayur

  • Sayur mayur yang berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, daun singkong, mengandung nutrisi yang tinggi dan dapat membantu memerangi radang serta penyakit. Makanan sehat dan murah seperti gado-gado, pecel, urap dan banyak lainnya memanfaatkan sayur-sayuran ini bersama kecambah atau taoge yang mengandung vitamin E.

  • Salah satu sayur yang banyak manfaatnya ialah kentang. Kandungan nutrisinya sama banyak dengan sayur-sayuran lain yang berwarna. Kentang mengandung 45 persen dari jumlah vitamin C yang dianjurkan dalam sehari, 18 persen fiber dan 18 persen potasium, yaitu mineral yang mencegah darah tinggi. Kentang sama sekali tidak mengandung lemak dan tinggi kandungan serat serta airnya. Satu kentang rebus yang besarnya sedang hanya mengandung 200 kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi bila digoreng kandungan lemak yang tadinya 0 menjadi 8 gram menurut GoIreland.com.

  • Advertisement
  • Selai kacang

  • Satu lagi sumber protein yang murah, kaya akan lemak yang sehat, vitamin, mineral dan anti oksidan karena kacang mengandung resveratrol. Selai kacang yang dioleskan pada roti tawar gandum adalah makanan yang sehat, khususnya bagi penderita kencing manis.

  • Telur

  • Mengandung protein yang tinggi, harganya cukup murah dan digemari hampir semua orang. Telur dapat dimasak dengan berbagai cara dan dimakan bersama nasi dan sayur. Ketika harga telur murah Anda dapat membelinya banyak-banyak. Salah satu cara mengawetkan telur ialah dengan membuatnya telur asin. Rendam telur dalam air dengan banyak garam selama seminggu, kemudian rebus telur itu. Dalam udara yang panas telur mudah rusak, tetapi telur asin dapat bertahan cukup lama.

  • Salah satu makanan yang tidak boleh dilupakan ialah buah-buahan. Kita tidak perlu membeli buah yang mahal, cari saja buah yang sedang musim atau pepaya yang tumbuh di kebun sendiri.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 Makanan Sehat untuk Disantap Selagi Anda Bangkrut

Kadang-kadang dalam keadaan terjepit di akhir bulan kita harus mengandalkan kepandaian kita dalam menyediakan makanan bagi keluarga. Namun kita tidak ingin melalaikan pentingnya nutrisi terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr