Celaka Duabelas dan Makna Angka Lainnya

Saya yakin Anda pernah berseru "Celaka duabelas!" tanpa menyadari darimana asalnya istilah itu dan apa artinya. Marilah kita amati beberapa budaya lain yang mempercayai bahwa angka tertentu sial atau membawa untung.

6,178 views   |   5 shares
  • Saya yakin Anda pernah berseru "Celaka duabelas!" tanpa menyadari darimana asalnya istilah itu dan apa artinya. Artinya tentu tak jauh dari kata yang ada di depan, Anda merasa celaka. Yang jadi pertanyaan, mengapa duabelas, bukan tigabelas, angka "sial," yang lebih cocok dengan kata "celaka." Konon angka duabelas dipakai karena ada duabelas bagian dalam hukum Islam. Jika kita melanggar semuanya maka kita akan celaka. Marilah kita amati beberapa budaya lain yang mempercayai bahwa angka tertentu membawa sial atau untung.

  • Budaya Cina

  • Orang Cina percaya bahwa angka empat membawa sial. Hal ini dikarenakan angka 4 dalam bahasa Mandarin adalah "si" yang bunyinya sama dengan kata "mati" (si). Kenapa orang mati dianggap sial, walahualam, padahal orang mati kan bebas dari segala rongrongan dunia. Selain itu banyak orang Cina menganut agama Buddha dan percaya akan reinkarnasi jadi orang yang mati beruntung mempunyai kesempatan untuk menjalani kehidupan lain. Asalkan mereka berbuat baik dalam hidup mereka akan lahir lagi sebagai manusia yang beruntung.

  • Sebaliknya orang Cina percaya bahwa angka 8 membawa untung karena tidak mempunyai ujung jadi dari mana pun Anda mulai menulisnya Anda akan kembali ke titik itu. Juga kenapa ini membawa keberuntungan, I don't know. Yang jelas bila orang Cina menghitung hari baik untuk perkawinan atau penguburan, mereka tidak akan memilih angka 4 (walaupun yang mati akan tetap mati dan tidak mungkin lebih mati lagi) melainkan angka 8. Kalau dipikir-pikir ini lebih aneh lagi, mengapa untuk mengubur orang perlu hari baik? Kata orang Barat "Setiap hari adalah hari yang baik" (untuk membuat kesalahan).

  • Budaya Barat

  • Salah satu kepercayaan atau tahayul orang Barat yang kita ikuti adalah angka 13 itu sial. Mereka bahkan mempunyai istilah medis bagi orang yang takut angka 13 yaitu Triskaidekaphobia. Konon ini dimulai dengan Perjamuan Terakhir Yesus yang dihadiri 13 orang. Menurut kepercayaan orang kristen Yesus mati disalib karena dihianati salah satu dari keduabelas muridnya. Untung tahun 2013 sudah berlalu, jadi bagi Anda yang takut angka 13 sudah boleh lega. Saya sendiri dan keluarga tidak percaya bahwa angka 13 itu sial, akibatnya 2 apartemen yang kami tinggali terakhir mempunyai angka itu. Mungkin tidak ada orang lain yang mau menyewanya selain kami (karena itu sampai sekarang kami belum pernah menang lotere).

  • Tahukah Anda bahwa 143 berarti I love you? Mengapa begitu? Ini berkaitan dengan jumlah huruf yang ada di tiap kata itu. I memiliki 1 huruf, love memiliki 4 huruf dan akhirnya you memiliki 3 huruf, karena itu 143. Ada juga yang mengatakan bahwa 831 berarti I love you. Ada 8 huruf, 3 kata dan 1 arti dalam perkataan itu.

  • Advertisement
  • Orang Barat juga mengatakan 52 reasons why I love you, mengapa cuma 52 bukan 100? Karena mereka memakai kartu remi yang jumlahnya 52 untuk menyatakan cintanya. Lain kali di hari kasih sayang (atau hari apa saja yang penting buat menyatakan cinta Anda kepada si dia) ketiklah atau tulislah 52 alasan mengapa Anda mencintai pasangan Anda, kemudian rekatkan pada satu set kartu remi. Anda dapat memberikannya kepada pacar Anda dalam kotak aslinya atau melubangi tiap kartu itu dan mengikatnya dengan pita merah jambu atau gelang logam.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Celaka Duabelas dan Makna Angka Lainnya

Saya yakin Anda pernah berseru "Celaka duabelas!" tanpa menyadari darimana asalnya istilah itu dan apa artinya. Marilah kita amati beberapa budaya lain yang mempercayai bahwa angka tertentu sial atau membawa untung.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr