Cara Agar Anak-Anak Menjadi Berhasil dalam Kehidupan

Kemana pun anak Anda akan pergi selama kehidupan mereka, setiap Langkah Tindakan di bawah ini dapat digunakan untuk memberi mereka sarana dari rasa percaya diri dan kemandirian yang akan mereka perlukan untuk berhasil.

13,498 views   |   5 shares
  • Saat putra saya masih sangat muda, kami pergi ke sebuah bazar barang bekas dan melihat sebuah alat permainan Xbox yang sudah rusak. Dia sangat menginginkannya. Meskipun alat permainan itu hanya seharga beberapa keping uang logam, saya bersikeras bahwa dia tidak membutuhkannya dan rumah kami sudah terlalu berantakan dengan barang-barang yang tidak kami gunakan.

  • Putra saya pun segera melakukan tawar menawar dan berusaha meyakinkan saya bahwa dia dapat menjual Xbox tersebut di eBay. Saya agak skeptis. Dengan pemikiran bahwa saya dapat meluluhkan niatnya, saya berkata, “Jika kamu tidak dapat menjualnya dalam dua minggu, maka kita akan memberikannya kepada orang lain.” Dia memandangi saya, tersenyum dan menjawab, “Oh, pasti laku.” Tidak sampai dua minggu kemudian, putra saya telah menjual Xbox rusak tersebut dengan keuntungan yang lebih dari 400 persen.

  • Anak-anak yang berhasil

  • Sejak itu, dia dan kedua anak saya yang lainnya telah menjadi terpampang di berita dan tempat lainnya karena bakat dan kejelian bisnis mereka. Saat-saat di “bazar barang bekas” tersebut telah menjadi titik perubahan hidup bagi saya. Selama bertahun-tahun berikutnya, istri saya dan saya dengan penuh semangat mempelajari kehidupan anak-anak muda lainnya dan menemukan bahwa mereka memiliki begitu banyak potensi dan motivasi untuk berhasil daripada yang kita atau orang lain pikirkan. Kami menemui atau berbicara dengan lebih dari 140 orang pemuda yang memulai bisnis mereka sendiri termasuk pembuatan lansekap, pekerjaan komputer, membuat kue, bernyanyi, dan lain-lain.

  • Sementara mengawali sebuah bisnis bagi anak muda merupakan sebuah petualangan yang menyenangkan, pesan sesungguhnya adalah bahwa bila diberikan sarana dan peluang yang tepat, anak muda mengembangkan semangat kerja yang kuat, pencapaian, harga diri yang tinggi, serta penolakan terhadap pesan-pesan negatif dari dunia untuk menyerang mereka. Sebagai orang tua, kita sering kali dibanjiri dengan permintaan dari anak-anak kita yang mungkin terlihat konyol atau bahkan berbahaya, namun jika Anda telah siap, saat-saat sederhana seperti itu dapat memberi anak-anak Anda suatu hasil yang mereka perlukan agar bahagia dalam hidup. Kemana pun anak Anda akan pergi selama kehidupan mereka, setiap Langkah Tindakan di bawah ini dapat digunakan untuk memberi mereka sarana dari rasa percaya diri dan kemandirian yang akan mereka perlukan untuk berhasil.

  • Langkah Tindakan

    • Luangkan waktu bersama anak Anda dan kenali apa yang dia sukai.

    • Biasakan untuk lebih banyak memuji anak-anak Anda, ketimbang mengkritik atau mengoreksi kesalahan mereka.

    • Doronglah anak Anda untuk menggunakan bakat mereka untuk menolong orang lain.

    • Carilah kesempatan agar suatu pekerjaan atau tugas menjadi menyenangkan.

    • Tanyakan kepada anak Anda apa yang mereka inginkan sebagai bidang karir di masa depan. Tanyakan kepada mereka apakah mereka mau mengunjungi atau mewawancarai orang-orang yang telah mengerjakan pekerjaan tersebut.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How children become successful in life” karya Haley Miller.

Bagikan pada teman dan keluarga..

I am an acquisitions editor for Cedar Fort Inc.

Cara Agar Anak-Anak Menjadi Berhasil dalam Kehidupan

Kemana pun anak Anda akan pergi selama kehidupan mereka, setiap Langkah Tindakan di bawah ini dapat digunakan untuk memberi mereka sarana dari rasa percaya diri dan kemandirian yang akan mereka perlukan untuk berhasil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr