Mengajari Anak-Anak Anda untuk Mandiri

Pada masa awal saya menjadi seorang ibu, khususnya saat anak-anak saya mulai tumbuh, saya menyadari pentingnya mengajari mereka untuk mandiri.

2,103 views   |   shares
  • Pada masa awal saya menjadi seorang ibu, khususnya saat anak-anak saya mulai tumbuh, saya menyadari pentingnya mengajari mereka untuk mandiri. Saya mempunyai anak-anak kecil berusia di bawah delapan tahun. Suami saya masih sekolah penuh waktu sambil bekerja. Saya juga menjalankan bisnis rumahan sambil berusaha mengatur segala sesuatu. Namun tidak cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya.

  • Karena keadaan ini, saya harus mengandalkan anak-anak saya untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan memasak. Inilah beberapa cara yang saya gunakan agar rumah saya tetap teratur.

  • Adakan Malam Ganti Peran

  • Saya melakukan ini sekali seminggu. Anak-anak menyukainya. Pada dasarnya ini berarti anak-anak menjadi orang tua, dan saya menjadi anak. Mereka bertugas untuk menyiapkan makan malam, seringkali memasak makanan sederhana seperti pancake dan telur, sandwich, mie ramen, dan hot dog seberapa kemampuan mereka. Setiap anak memiliki tugas masing-masing, dengan anak yang paling kecil biasanya bertugas mengaduk minuman atau menyiapkan meja.

  • Ini berhasil, dan sering kali mereka meminta untuk mengadakan Malam Ganti Peran lebih dari sekali seminggu. Saya tidak keberatan untuk melakukan ini. Sebagai tambahan: Malam Ganti Peran termasuk tugas membersihkan.

  • Taruhlah Panganan di Rak yang Rendah

  • Saya suka menaruh roti dan selai kacang di rak yang rendah agar anak-anak saya dapat menjangkaunya, bahkan anak saya yang berusia tiga tahun. Jika mereka lapar, mereka tahu ke mana harus pergi. Saya juga menyertakan apel dan pisang. Kadang-kadang mereka membuat berantakan, namun semua sepadan. Anak saya yang bungsu merasa sebagai anak besar, khususnya saat dia membawa kepada saya sandwichnya yang lengket.

  • Ajari Anak-Anak Mencuci Pakaian

  • Saya tidak suka mencuci. Itu seperti siklus kotoran dan bau yang tiada akhir. Karena keengganan saya membersihkan tumpukan pakaian kotor, saya mempekerjakan anak-anak sejak dini untuk membantu saya.

  • Cara menggunakan mesin cuci mudah dipahami, dan setelah saya beberapa kali menunjukkan caranya kepada anak saya dia mengerti. Bagian yang perlu dilakukan oleh anak-anak yang lebih kecil adalah memindahkan pakaian dari mesin cuci ke mesin pengering. Saya memiliki bangku pijakan untuk melakukan ini. Putri bungsu saya yang berusia enam tahun, tidak punya masalah untuk menyalakan mesin atau memindahkan cucian.

  • Untuk melipat, saya membawa cucian ke ruang tamu dan mulai menyusunnya dalam bentuk tumpukan-tumpukan. Anak-anak saya senang untuk membantu saya pada bagian ini. Setiap anak kemudian secara bergiliran melipat bagian masing-masing dan membawanya. Mereka tidak selalu manaruhnya di lemari yang benar, namun setelah hilang dari pandangan saya, saya tidak peduli di mana mereka menaruhnya. Saya hanya tidak ingin melihatnya lama-lama.

  • Advertisement
  • Menjadi seorang ibu itu sulit. Sulit untuk mengerjakan semuanya, namun kita harus ingat bahwa kita mempunyai keluarga untuk menolong kita. Biarkan mereka melakukannya. Hal yang dapat dikerjakan anak-anak adalah menakjubkan bila Anda membiarkan mereka. Bukan hanya memudahkan hidup Anda, namun juga membantu mereka belajar mandiri dan percaya diri. Dan bukankah itu merupakan tujuan akhir kita sebagai orang tua?

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Teaching your children to become independent” karya Rachel McClellan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Rachel McClellan, is an experienced author. She has written several books. Her most recent book is Confessions of a Cereal Mother.

Situs: http://www.rachelmcclellan.com

Mengajari Anak-Anak Anda untuk Mandiri

Pada masa awal saya menjadi seorang ibu, khususnya saat anak-anak saya mulai tumbuh, saya menyadari pentingnya mengajari mereka untuk mandiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr