3 Hal Penting yang Harus Dihindari Ketika Berurusan dengan Pelamun

Anak yang melamun adalah salah satu hal yang mudah dialihkan perhatiannya oleh imajinasi dunia mereka ketika pikiran mereka tidak secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar.

698 views   |   shares
  • Anak yang melamun adalah salah satu hal yang mudah dialihkan perhatiannya oleh imajinasi dunia mereka ketika pikiran mereka tidak secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar. Bagi kebanyakan anak, pengalihan perhatian ini berlanjut sampai usia sekolah dan dapat menjadi kekhawatiran sewaktu anak-anak tampak berpetualang dalam lamunan tidak mampu mengikuti tugas sekolah atau mencapai potensi belajar mereka.

  • Sementara ada beberapa cara untuk berurusan dengan pelamun, marilah berfokus pada hal yang harusnya dihindari sewaktu hal-hal itu merugikan perkembangan kesadaran diri si anak.

    • Jangan pernah mengkritik anak di depan umum karena melamun. Jika anak Anda melamun, secara sederhana itu adalah kreatif bagi imajinasi mereka. Itu bukanlah membuat pilihan yang salah. Itu bukan melakukan sesuatu yang salah. Memanggil anak di depan teman-teman sebayanya karena melamun dapat menjadikan seorang anak merasa bahwa mereka sedang melakukan hal yang salah atau buruk, bahwa mereka adalah pribadi yang buruk karena mereka tidak dapat mengendalikan lamunan mereka.

    • Sementara adalah penting untuk tidak berfokus pada hal yang negatif kepada anak yang melamun. Adalah juga penting untuk tidak mengabaikannya juga. Sampaikan kekhawatiran Anda dengan anak Anda dalam pembicaraan yang pribadi sangatlah penting. Kuncinya adalah untuk mengingat dalam pembicaraan Anda hendaknya mengatakan hal positif mengenai imajinasi mereka, betapa kreatifnya mereka, dan kemudian beralih pada menyampaikan bahwa lamunan mereka dapat menjadi masalah di beberapa situasi tertentu. Berbicaralah kepada anak Anda mengenai lamunan; luangkan waktu untuk mempelajari mengenai apa yang mereka lamunkan dan lihat jika itu ada hubungannya dengan kehidupan nyata yang perlu dibahas. Ini tidak hanya membantu Anda belajar mengenai apa akan terjadi kepada mereka, namun juga membantu Anda memutuskan tindakan apa yang terbaik yang perlu diambil ketika berurusan dengan melamun.

    • Jangan pernah memberitahu anak Anda untuk berhenti dan meninggalkannya. Mengatakan kepada seorang anak untuk segera berhenti dapat merusak rasa percaya diri mereka. Sewaktu Anda dapat menjelaskan tujuan dan kekhawatiran, adalah penting bahwa Anda mengizinkan mereka terlibat dalam mencari solusinya. Dengan sederhana, memberitahu kepada anak untuk berhenti tidaklah efektif. Bahkan, itu dapat menjadi merusak. Anda harus berusaha bersama anak Anda untuk membuat rencana, milikilah langkah spesifik, dan izinkan mereka untuk membuat gol dan cara untuk mencapainya.

  • Advertisement
  • Apa pun yang Anda kerjakan dengan seorang anak Anda yang melamun, kerabat, atau anak di kelas Anda; adalah penting untuk mengingat bahwa melamun adalah hal sederhana dan kreatif bagi imajinasi. Bagi kebanyakan anak, itu adalah cara mereka memproses situasi yang terjadi dalam kehidupan mereka. Jika Anda dapat belajar untuk merangkul dan belajar mengenai situasi spesifik mereka, Anda dapat lebih dibekali untuk membantu mereka menemukan cara positif untuk berkerja bersama mereka dengan cara mereka sendiri. Yang paling penting, ingatlah bahwa tidak pernah pantas untuk menarik perhatian yang negatif terhadap pelamun, paksa mereka untuk tetap diam, atau itu akan memaksa ekspektasi yang tidak realistik yang dapat menyebabkan rusaknya penghargaan diri mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "3 important things to avoid when dealing with daydreamers" karya Lynn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Hal Penting yang Harus Dihindari Ketika Berurusan dengan Pelamun

Anak yang melamun adalah salah satu hal yang mudah dialihkan perhatiannya oleh imajinasi dunia mereka ketika pikiran mereka tidak secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr