3 Cara Tetap Berhubungan Ketika Anak Beranjak Dewasa

Suatu hari anak-anak kita akan meninggalkan kita untuk melanjutkan kehidupan dewasa mereka. Orang tua seringkali merasa kehilangan mereka oleh karenanya. Naskah ini mengajarkan cara yang baik agar hubungan orang tua dan anak tetap terjalin erat.

4,770 views   |   3 shares
  • Ketika anak-anak Anda masih balita maka berhubungan dengan mereka sebagai keluarga masih mudah. Kemana pun Anda pergi balita Anda pergi ke situ juga. Ketika anak-anak makin besar, mereka menyadari bahwa ada dunia yang lebih luas daripada sekitar dunia ayah dan ibu. Ketika mereka menjadi remaja, dunia baru yang penuh kemungkinan terus berkembang hingga mereka mulai fokus pada kegiatan di luar rumah, sekolah dan teman-teman. Adalah sangat mudah merasa bahwa anak remaja Anda lebih banyak terlibat pada dunia di luar rumah Anda, mereka seperti meninggalkan keluarga Anda secara perlahan-lahan. Sebenarnya tidak perlu demikian. Berikut adalah tiga hal penting yang dapat Anda lakukan untuk tetap berhubungan dengan remaja Anda.

  • Ciptakan lingkungan yang mengundang mereka dan teman-teman mereka

  • Anda akan segera menjumpai bahwa rumah Anda menjadi “pusat” berkumpul bagi seluruh kelompok teman-teman. Anda menciptakan lingkungan tersebut dengan cara menyediakan ruang bagi mereka untuk berkunjung, bermain permainan, atau menonton film dan berada di suasana positif. Cara lain adalah menyediakan cemilan. Kaum remaja sering lapar dan jika rumah Anda menyediakan tempat untuk berkumpul sambil menikmati cemilan Anda akan segera menjumpai bahwa ruangan rumah Anda akan penuh dengan kaum remaja.

  • Rencanakan kegiatan keluarga atau tradisi yang menyenangkan

  • Apakah kegiatan tersebut merencanakan liburan musim panas atau sekadar melanjutkan tradisi liburan, kegiatan tersebut akan membantu mempererat keluarga secara unik. Pikirkan kembali ketika Anda masih kanak-kanak dan remaja. Hal-hal apakah yang Anda masih ingat? Kemungkinannya adalah Anda masih sanggup mengingat liburan dan tradisi keluarga sendiri. sesuatu yang terjadi ketika Anda sedang berlibur dan semua kekhawatiran dunia ditinggalkan. Ikatan keluarga menjadi makin erat dan diperkaya. Hal yang sama dapat sering terjadi kalau Anda menciptakan dan melanjutkan tradisi keluarga. Tradisi tidak perlu hanya dilakukan pada musim liburan. Ciptakan sebuah malam permainan keluarga sekali seminggu. Mintalah keluarga dekat dan jauh mampir untuk makan malam tradisional sebulan sekali. Berbicaralah kepada remaja Anda dan ceritakan kegiatan apa yang mereka inginkan untuk membantu Anda memulainya dengan keluarga Anda. Tradisi dan kegiatan yang mana pun akan membantu menciptakan ikatan yang lebih erat dalam keluarga Anda, dan sekaligus membangun kenangan untuk anak-anak Anda yang akan terulang suatu hari.

  • Akhirnya, komunikasi adalah kunci menjaga remaja Anda tetap dekat dengan keluarga Anda

  • Advertisement
  • Remaja dengan cepat dan mudah menjadi terlibat pada apa yang sedang terjadi dalam dunia dan lingkungan teman mereka. Mereka mungkin terbawa arus meninggalkan keluarga Anda tanpa menyadarinya. Jika Anda memiliki pola panjang saling mempercayai yang telah terbentuk dan komunikasi terbuka dengan anak Anda, maka akan lebih mudah untuk berbicara kepada mereka dan memberitahu mereka tentang perasaan Anda. Anda dapat meminta mereka ikut mengambil bagian dalam kegiatan keluarga Anda lebih sering. Kunci untuk melakukannya bukan dengan cara ‘menangkap basah’ mereka ketika sedang melangkahkan kaki mereka keluar rumah bersama teman-teman mereka, tetapi mencari waktu yang tepat untuk meminta perhatian mereka tentang kekhawatiran Anda.

  • Kaum remaja ingin (dan butuh) terlibat dalam keluarga mereka; Anda hanya butuh menciptakan salurannya. Jika Anda menyediakan waktu untuk melibatkan mereka, Anda akan menjumpai bahwa mereka dapat menjadi sama bahagianya meggunakan waktu dengan keluarga seperti mereka menggunakan waktu mereka dengan teman-teman mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “3 Ways to stay connected as your children get older” karya Lynn Scoresby.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Cara Tetap Berhubungan Ketika Anak Beranjak Dewasa

Suatu hari anak-anak kita akan meninggalkan kita untuk melanjutkan kehidupan dewasa mereka. Orang tua seringkali merasa kehilangan mereka oleh karenanya. Naskah ini mengajarkan cara yang baik agar hubungan orang tua dan anak tetap terjalin erat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr