3 Cara Membantu Anak Anda Melewati Masa Puber

Masa puber adalah masa yang paling sulit bagi remaja dan menyulitkan bagi orang tua. Kedua pihak saling menderita, tetapi dengan kiat yang benar, masalah tersebut dapat dilewati tanpa harus menimbulkan akibat yang serius.

12,931 views   |   18 shares
  • Masa puber dapat menciptakan kesulitan untuk anak Anda serta seluruh keluarga Anda. Ketika anak Anda menjalani periode perubahan tersebut dalam hidup mereka, mereka dapat menjadi emosi, dan mengalami perubahan jasmani, serta terpengaruh oleh hormon. Sebagai orang tua yang mendukung, ada tiga cara dasar yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda melewati transisi masa puber ini:

  • Komunikasi

  • Jauh sebelum masa puber menyerang hendaknya Anda mulai membangun jalan komunikasi terbuka antara Anda dan anak Anda. Komunikasi dan saling mempercayai mungkin adalah dua faktor paling penting dalam menciptakan hubungan positif dengan anak Anda. Jika Anda memulainya ketika anak Anda masih muda dengan membangun kesan bahwa Anda selalu ada di sana untuk mereka dan bersedia berbicara dengan mereka tentang apa saja, mereka akan mulai mempercayai dan bergantung pada sistem dukungan yang Anda ciptakan itu. Jalur komunikasi ini akan membuat anak Anda lebih mudah datang kepada Anda dengan pertanyaan sederhana dan sulit ketika mereka sedang mengalami perubahan.

  • Siapkan mereka sebelum masa puber mulai

  • Jangan menanti sampai masa puber menimbulkan kesulitan baru mulai membicarakannya dengan mereka. Segera ketika Anda merasa anak Anda secara mental dan intelektual sanggup menangani pembicaraan Anda hendaknya Anda mulai membicarakan masa puber dengan mereka. Jelaskan apa masa puber itu, perubahan apa yang mereka harapkan akan terjadi, kemudian Anda dapat membahas cara-cara yang dapat mereka lakukan dalam berurusan dengan perubahan ketika perubahan itu terjadi. Ini juga sebuah kesempatan besar bagi Anda untuk terbuka dan memberitahu mereka beberapa pengalaman Anda yang cocok dengan situasi tersebut. Kemudian, Anda dapat membantu anak Anda mulai menciptakan sebuah rencana untuk mengatasi perubahan dan emosi yang mungkin mereka miliki. Misalnya, beberapa anak melewati masa puber dapat menjadi uring-uringan tanpa sebab; bersama-sama Anda dapat merencanakan cara yang produktif bagi anak Anda untuk mengurusi masalah ini dengan cara membangun sebuah tempat yang aman atau sebuah kata kunci yang dapat mereka gunakan untuk mengutarakan diri mereka. Persiapan sebelum masa puber tidak dapat merubah fakta bahwa masa puber akan terjadi, tetapi dapat membantu Anda berdua dan anak Anda mempersiapkan hasil sebaik mungkin.

  • Tetap konsisten dan mendukung harga diri

  • Akhirnya, yang paling penting yang hendaknya Anda lakukan ketika anak Anda sedang puber adalah membantu mereka menyadari nilai dan harga diri mereka. Mereka perlu menyadari bahwa apa pun yang terjadi atau perubahan apa pun yang mereka alami, mereka akan selalu menjadi anak Anda yang sangat berharga, dan Anda akan selalu mengasihi mereka. Belajarlah ketika sedang berurusan dengan seorang anak yang sedang puber agar jangan terlalu cemas dengan hal-hal yang sepele. Baik Anda maupun anak Anda hendaknya menyadari bahwa masa puber tidak datang tanpa kesulitan. Kemungkinan besar ada saat-saat di mana Anda tidak sepakat atau memiliki alasan untuk suatu konflik. Yang penting adalah membantu mereka memahami bahwa meskipun ada konflik, Anda masih selalu mengasihi mereka dan menghargai mereka sebagai seorang individu. Ini membantu membangun harga diri mereka dan akan memungkinkan mereka menemukan jalan keluar dari kesulitan yang ditimbulkan oleh masa puber.

  • Advertisement
  • Masa puber adalah suatu tantangan untuk setiap orang tua dan anak yang mengalaminya, tetapi dengan persiapan yang tepat, membuka jalur komunikasi, saling mempercayai, dan kasih, Anda dapat membantu anak Anda melewati transisi ke arah kedewasaan tersebut. Belajarlah tetap berpegang pada aset besar yang dimiliki anak Anda dan membantu mereka menggunakan aset besar tersebut untuk menemukan identitas unik mereka melewati masa puber.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “3 Ways to help your child through puberty” karya Lynn Scoresby.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Cara Membantu Anak Anda Melewati Masa Puber

Masa puber adalah masa yang paling sulit bagi remaja dan menyulitkan bagi orang tua. Kedua pihak saling menderita, tetapi dengan kiat yang benar, masalah tersebut dapat dilewati tanpa harus menimbulkan akibat yang serius.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr