3 Cara Membuat Anak Remaja Anda Berbicara

Komunikasi adalah aspek terpenting yang diperlukan untuk menciptakan hubungan baik dengan anak remaja Anda.

3,149 views   |   7 shares
  • Komunikasi adalah aspek terpenting yang diperlukan untuk menciptakan hubungan baik dengan anak remaja Anda. Apa yang Anda lakukan ketika anak remaja Anda tidak mau berpartisipasi? Berikut adalah tiga saran yang dapat berguna:

  • Ciptakan peluang untuk percakapan

  • Sementara Anda mungkin merasa bahwa Anda selalu ada untuk anak Anda, mereka mungkin tidak mendapatkan kesan itu. Terkadang, membuat anak remaja Anda berbicara dan berbagi dengan Anda dapat sesederhana menjadwalkan waktu untuk mereka. Pilihlah ruang yang nyaman di rumah, atau bawalah mereka keluar untuk membeli es krim di mana Anda dapat mencurahkan perhatian penuh Anda kepada mereka dan lihatlah perbedaan yang terjadi. Seringkali, seorang anak akan lebih bersedia untuk membuka diri serta berbagi pemikiran dan perasaan mereka ketika mereka tahu mereka tidak akan terganggu oleh saudara yang lain, telepon, atau gangguan lainnya.

  • Ajukan pertanyaan terbuka alih-alih pertanyaan ya/tidak

  • Memulai percakapan dengan anak Anda mungkin tampak tidak nyaman atau canggung, tetapi semakin sering Anda melakukannya, itu akan menjadi semakin mudah. Jika Anda tidak yakin atau khawatir tentang lupa pertanyaan yang telah Anda pikirkan, tulislah. Ini akan akan memudahkan Anda. Berhati-hatilah. Hanya karena Anda punya daftar tidak berarti Anda harus membahas semuanya. Ini dapat menjadi awal baik untuk percakapan. Jika anak remaja Anda membuka diri, ikuti langkah mereka dan biarkan percakapan mengalir secara alami alih-alih terus mengarahkannya kembali ke pertanyaan Anda. Pastikan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan adalah pertanyaan terbuka. Misalnya, alih-alih menanyakan tentang hari mereka, Anda dapat bertanya apa bagian terbaik dari hari mereka. Ini akan mendorong anak Anda untuk menceritakan peristiwa yang terjadi selama sehari dan kemudian dapat dibangun menjadi percakapan yang lebih panjang.

  • Jadilah pendengar yang lebih baik dan biarkan anak Anda membuka atau memimpin percakapan

  • Anda adalah teladan terbaik bagi anak Anda tentang cara bertindak selama percakapan. Jika Anda terganggu dan tidak mendengarkan, dia akan belajar itu dan tidak akan memperhatikan. Jika Anda menjadi teladan berbagi pemikiran dan perasaan – anak Anda juga akan melakukan hal yang sama. Perhatikan juga bahasa tubuh Anda dan bagaimana itu dapat membantu melibatkan anak Anda. Semakin Anda dapat memperlihatkan kepada anak bahwa Anda benar-benar terlibat dan mendengarkan percakapan, semakin mereka akan merasa nyaman membuka diri kepada Anda. Satu bagian penting dari komunikasi non-verbal ini adalah kontak mata; Anda harus merasa cukup nyaman dan terlibat untuk dapat melihat mata anak sewaktu dia berbicara kepada Anda.

  • Advertisement
  • Jika Anda baru saja memulai keterampilan berkomunikasi ini dengan anak Anda, ini mungkin akan memakan waktu untuk dapat menjadi hubungan bermakna. Tetapi semakin Anda terlibat, semakin mudah melakukannya. Ini sepadan dengan waktu dan energi yang Anda berikan dalam menciptakan hubungan komunikasi terbuka dengan anak remaja Anda. Ketika Anda memiliki rasa saling percaya dan komunikasi, anak Anda akan merasa lebih bersedia untuk berbicara kepada Anda tentang masalah besar karena mereka telah berbicara kepada Anda tentang masalah kecil.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "3 ways to get your teen to talk" karya Lynn Scoresby.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

3 Cara Membuat Anak Remaja Anda Berbicara

Komunikasi adalah aspek terpenting yang diperlukan untuk menciptakan hubungan baik dengan anak remaja Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr