5 Hal yang Harus Dihindari Jika Anda Tidak Menyukai Teman-Teman Anak Remaja Anda

Menghindari jebakan berikut dapat menolong meningkatkan peluang bagi Anda untuk mampu berkomunikasi dengan anak remaja Anda tanpa mendorong mereka lebih jauh ke dalam pemberontakan dan perilaku berbahaya.

1,863 views   |   shares
  • Remaja ingin mengekspresikan diri mereka sendiri dan membangun diri mereka sebagai individu. Ironisnya, salah satu cara terpenting adalah melalui teman-teman dan persetujuan mereka. Hampir segala sesuatu yang seorang remaja lakukan akan mempertimbangkan teman-temannya. “Apa yang akan mereka pikirkan?” Daripada mengubah pilihan teman-teman anak Anda menjadi pertempuran yang sering terjadi, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika membahas kekhawatiran Anda tentang teman-teman anak remaja Anda dengannya.

  • Adalah penting untuk membangun kebiasaan komunikasi yang baik dengan anak remaja Anda agar komunikasi Anda dengan mereka mengenai isu-isu rumit dapat diatasi tanpa konflik. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mendorong anak remaja Anda untuk memiliki kehidupan sosial rahasia dan pemberontakan lebih lanjut. Menghindari jebakan berikut dapat menolong meningkatkan peluang bagi Anda untuk mampu berkomunikasi dengan anak remaja Anda tanpa mendorong mereka lebih jauh ke dalam pemberontakan dan perilaku berbahaya.

  • 1. Jangan menjadi seorang Capulet

  • Tetapkan aturan tegas tentang perilaku kelompok sebaya yang tidak dapat diterima sama sekali. Jika aturan ini ditetapkan dari jauh hari, anak remaja Anda akan tahu apa yang diharapkan. Konsekuensi alami dari berteman dengan mereka yang telah melanggar aturan dalam daftar ini akan berarti tidak membolehkan anak remaja Anda terus berteman dengan mereka. Selanjutnya, adalah tidak bijaksana untuk melarang anak remaja Anda untuk tidak berteman dengan teman tertentu. Tindakan melarang pertemanan membuatnya lebih menarik bagi seorang remaja. Contohnya? “Romeo and Juliet".

  • 2. Jangan memberikan perintah

  • "Kehalusan adalah raja" ketika menjadi orang tua bagi anak remaja. Anda akan menjadi seterampil diplomat ketika menawarkan nasihat kepada anak remaja Anda dalam sebuah paket yang membuat mereka berpikir bahwa gagasan itu dibuat oleh mereka sendiri. Jika Anda menawarkan nasihat dan memberikan saran, Anda akan terkejut dengan kebijaksanaan anak remaja Anda dan dengan kemampuan mereka untuk melihat beberapa dari kekhawatiran yang sama yang Anda miliki tentang teman-teman mereka.

  • 3. Jangan memperbesar pengaruh teman-teman anak remaja Anda dan meminimalkan pengaruh Anda

  • Pengaruh Anda adalah bagian dari pondasi dasar karakter anak Anda. Anak Anda memiliki kebebasan untuk memilih teman-teman mereka. Pertemanan yang terbentuk pada masa remaja biasanya singkat, dan pengaruh dari teman-temannya tidak mengalahkan pengaruh yang Anda miliki. Perlihatkan kepada anak remaja Anda bahwa Anda memercayai keputusan mereka, dan mereka akan meningkatkan perilaku mereka untuk memelihara kepercayaan ini dalam hubungan dengan Anda.

  • Advertisement
  • 4. Jangan menguliahi

  • Cara tercepat untuk menyebabkan tantangan komunikasi adalah untuk menguliahi atau dikuliahi. Anda mungkin pernah mengenal seseorang yang tidak mendengarkan dan hanya menguliahi atau mendikte. Orang dewasa tidak suka bersama dengan seseorang yang suka memerintah dan sok tahu, dan remaja juga sama. Ketika Anda berkomunikasi dengan anak remaja Anda, berusahalah untuk membangun dan menjaga pola komunikasi dua arah yang terbuka dengan rasa hormat dan percaya kepada satu sama lain. Pola komunikasi seperti ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki komunikasi yang bermakna dengan anak remaja Anda selama tahun-tahun yang akan datang.

  • 5. Jangan mencoba untuk menjadi teman anak Anda atau menggantikan teman yang tidak Anda sukai

  • Anak remaja Anda ingin memiliki kehidupan di luar rumah, dan Anda memiliki peran berharga dalam kehidupannya – sebagai orang tua.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "5 things to avoid if you don't like your teen's friends" karya Lynn Scoresby.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Hal yang Harus Dihindari Jika Anda Tidak Menyukai Teman-Teman Anak Remaja Anda

Menghindari jebakan berikut dapat menolong meningkatkan peluang bagi Anda untuk mampu berkomunikasi dengan anak remaja Anda tanpa mendorong mereka lebih jauh ke dalam pemberontakan dan perilaku berbahaya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr