Saya Baru Saja Melunasi Kredit Mobil Saya, Apa Sebaiknya Saya Tukar Tambah dengan Mobil yang Baru?

Dengan mengikuti sistem ini Anda akan menempatkan diri pada kehidupan dengan keuangan yang terkontrol dan memberdayakan Anda untuk dapat memberi nafkah keluarga dengan lebih baik.

4,794 views   |   3 shares
  • Selamat atas lunasnya mobil Anda. Mungkin ada hari-hari di mana Anda pernah ragu apakah mobil ini akan bertahan kuat sebelum Anda bisa melunasinya, tapi Anda berhasil! Anda telah mengambil langkah maju yang besar dalam hal keuangan. Sekarang apa yang harus dilakukan?

  • Ikutilah sistem yang sederhana ini dan Anda tidak akan pernah membayar kredit mobil lagi.

  • 1. Tetaplah kendarai mobil yang Anda miliki sekarang ini

  • Jaga dan rawatlah mobil ini. Anda ingin mobil ini bertahan kuat selama bertahun-tahun. (Jika Anda belum pernah menyatakan cinta Anda pada mobil ini, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat).

  • 2. Teruslah melakukan pembayaran mobil

  • Apa?! Melakukan pembayaran mobil ke rekening tabungan Anda. Simpanlah uang ini untuk membeli mobil berikutnya.

  • 3. Beli mobil "baru"

  • Saat tabungan Anda terkumpul dan ditambah dengan harga tukar (seperti kita ketahui, harga tukar selalu turun setiap harinya) digabungkan untuk membeli mobil yang Anda inginkan, mobil yang akan bertahan kuat selama bertahun-tahun dan nyaman saat dikendarai (walaupun mobil bekas), silakan dan belilah mobil itu.

  • 4. Jangan meminjam uang

  • Saat Anda membeli mobil, jangan meminjam uang. Jika uang tabungan Anda hanya $ 5.000 dan nilai tukar Anda hanya $ 5,000 sebaiknya Anda membeli mobil bekas yang seharga $ 10.000 atau tunggulah sampai tabungan Anda terkumpul sedikit lebih banyak.

  • 5. Teruslah melakukan pembayaran mobil

  • Apa?! saya tahu, saya sudah mengatakan hal ini sebelumnya. Anda baru saja membeli mobil bekas dengan harga yang bagus dan Anda mungkin berpikir bahwa Anda bisa berhenti melakukan pembayaran mobil, Jangan berhenti. Tetaplah melakukan pembayaran mobil ke rekening tabungan Anda setiap bulannya. Dalam waktu lima tahun, Anda akan memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil bekas sangat bagus atau membeli mobil baru dengan harga terjangkau.

  • 6. Jangan meminjam uang

  • Anda sudah bisa melihat polanya,kan? Sekarang mobil Anda sudah lunas, Anda tidak harus kredit mobil lagi. Cobalah untuk mendisiplinkan diri dengan tidak membeli mobil yang tidak mampu Anda beli dengan uang tunai.

  • Mari kita lihat dengan jelas beberapa contoh ini. Jika pembayaran mobil Anda sebanyak $500 per bulan, Anda dapat menabung sebanyak $12.000 dalam dua tahun - plus Anda pun akan mendapatkan bunga atas tabungan itu. Jika Anda memiliki pinjaman lima tahun dengan mobil baru, mobil Anda mungkin sudah tujuh tahun tuanya- tapi tetap masih dalam kondisi yang cukup baik. Mobil ini mungkin bernilai $10.000. Anda sekarang dapat membeli mobil yang berharga sekitar $22,000. Ya, memang mungkin mobil bekas, tapi mobil ini hanya berusia beberapa tahun, mobil yang belum tua sama sekali. Anda dapat mengendarai mobil ini selama lima tahun. Setelah lima tahun, Anda akan memiliki $30.000 uang tunai ditambah bunga tabungan dan mobil yang bernilai sekitar $10.000 sebagai tukar tambah. Anda akan mampu membeli mobil yang sama bagusnya atau bahkan jauh lebih bagus daripada yang Anda beli lima tahun lalu-tapi kali ini Anda membelinya dengan uang tunai! Teruslah melakukan pembayaran mobil ke rekening tabungan Anda setidaknya $500 per bulan selama tujuh tahun ke depan dan tetangga Anda akan benar-benar terkesan dengan mobil yang Anda bawa pulang.

  • Advertisement
  • Namun, biasanya, saat Anda menghabiskan uang tabungan atas hasil jerih payah Anda untuk membeli mobil, bukan membeli mobil dengan uang pinjaman dari bank, Anda akan merasa kurang berminat dalam membeli mobil mewah dan lebih tertarik pada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan dengan uang itu. Anda ingin anak-anak Anda melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Anda ingin pensiun. Dengan mengikuti sistem ini Anda akan menempatkan diri pada kehidupan dengan keuangan yang terkontrol dan memberdayakan Anda untuk dapat memberi nafkah keluarga dengan lebih baik.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “I just paid off my car. Should I trade it now?” karya Devin Thorpe.

Baca, hidupkan, bagikan!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Saya Baru Saja Melunasi Kredit Mobil Saya, Apa Sebaiknya Saya Tukar Tambah dengan Mobil yang Baru?

Dengan mengikuti sistem ini Anda akan menempatkan diri pada kehidupan dengan keuangan yang terkontrol dan memberdayakan Anda untuk dapat memberi nafkah keluarga dengan lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr