Janganlah Menjadi Budak Mode

Sebagai wanita Anda gemar berdandan, Anda senang dibilang modis dan Anda rajin mengikuti perkembangan zaman. Tetapi apakah dandanan Anda sesuai dengan diri Anda?

1,486 views   |   0 shares
  • Sebagai wanita Anda gemar berdandan, Anda senang dibilang modis dan Anda rajin mengikuti perkembangan zaman. Anda belajar cara berdandan dari majalah kesayangan Anda, dari selebriti favorit Anda dan dari internet. Banyak orang mengajarkan cara merias muka, mengatur rambut di YouTube dan situs-situs lainnya. Tetapi apakah dandanan Anda sesuai dengan diri Anda? Jangan-jangan orang yang melihat Anda bukannya memuji tetapi tertawa dalam hati. Periksalah cara Anda berdandan melalui petunjuk-petunjuk di bawah ini.

  • Usia

  • Usia memegang peranan penting dalam berdandan. Anda boleh saja memiliki badan yang langsing, tinggi semampai, tetapi bila Anda sudah berusia di atas 40 dan Anda masih berdandan seperti remaja centil, orang akan geleng-geleng kepala. Bayangkan bila Anda sendiri melihat seseorang yang dari belakang Anda kira gadis remaja karena dia memakai sepatu 'skets', rok super mini dan kaos yang memang sengaja dibuat berlubang-lubang, tetapi ketika dia menoleh Anda melihat kerut-kemerut di pinggir matanya yang menandakan bahwa dia sudah lama tidak remaja lagi. Anda mungkin agak kaget dan merasa sedikit "tertipu."

  • Berdandanlah sesuai dengan usia Anda, jangan mengikuti mode hanya karena waktu Anda muda tidak ada mode seperti itu. Bukan berarti bila Anda sudah berusia 50 ke atas Anda harus selalu memakai rok semata kaki. Boleh-boleh saja memakai rok mini asalkan tidak keterlaluan pendeknya, satu sampai tiga senti di atas lutut masih pantas, itu pun kalau kaki Anda tidak seperti kaki gajah. Tentu lebih aman lagi kalau Anda memakai celana panjang yang tidak terlalu ketat. Anda boleh memakai legging yang sedang menjamur sekarang ini, tapi ingat pakailah baju yang panjangnya menutupi pantat.

  • Rias wajah

  • Betapa pun indahnya tata rias wajah Anda tetapi bila terlalu tebal Anda akan tampak seperti tante girang. Kecuali Anda seorang selebriti yang memang ingin selalu tampak keren untuk difoto para reporter. Yang paling baik ialah memakai tata rias seminim mungkin untuk sehari-hari, yaitu alas dasar, bedak, lipstik, pensil alis. Sedangkan untuk kesempatan istimewa seperti ke pesta Anda dapat menambahkan bayang-bayang mata, maskara, bahkan bulu mata palsu dan pemerah pipi.

  • Warna kulit

  • Sementara orang ada yang dikarunia kulit kuning langsat, banyak orang memiliki warna kulit sawo matang. Selain itu ada perbedaan persepsi antara orang Barat dan orang Timur. Di Eropa atau Amerika Utara, di mana kebanyakan orang cuma menikmati panas matahari selama tiga bulan, kulit yang terlalu pucat dianggap tidak menarik. Dengan segala cara, berjemur di bawah sinar matahari atau disemprot dengan cat kulit, orang-orang membuat warna kulit mereka coklat. Sebaliknya di Asia di mana matahari menyorot sepanjang tahun, kaum wanita terutama ingin menjaga agar kulit mereka seputih mungkin.

  • Advertisement
  • Warna baju dan tata rias Anda sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit Anda. Tidak jarang kita melihat wanita yang wajahnya putih karena rias muka tetapi lehernya coklat. Atau wanita yang memakai baju merah menyala sedangkan kulitnya legam. Pedoman sederhana untuk memadu warna baju dengan kulit Anda: bila kulit Anda pucat pakailah warna terang atau gelap untuk lebih menghidupkan suasana. Jangan memakai warna pastel seperti merah muda, biru muda atau kuning muda. Sebaliknya bila kulit Anda sawo matang pakailah warna pastel untuk memperlembutnya atau warna kuning cerah, kuning emas untuk kontras.

  • Pendeknya Anda tidak ingin meninggalkan kesan murahan dengan dandanan yang sembarangan. Selera memang tidak bisa dibeli tetapi bisa dipelajari.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Janganlah Menjadi Budak Mode

Sebagai wanita Anda gemar berdandan, Anda senang dibilang modis dan Anda rajin mengikuti perkembangan zaman. Tetapi apakah dandanan Anda sesuai dengan diri Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr