4 Langkah untuk Memprioritaskan Pengeluaran

Anda harus memutuskan hal-hal apa saja yang sangat penting yang harus dibayar dengan anggaran Anda seperti, bayar rumah, listrik, air, dan transportasi.

2,187 views   |   shares
  • Dengan semua hal yang kita beli untuk keluarga kita, bagaimana kita menentukan hal-hal apa saja yang paling penting? Kita harus dapat membedakan kebutuhan VS keinginan. Anda harus memutuskan hal-hal apa saja yang sangat penting yang harus dibayar dengan anggaran Anda seperti, uang bayar rumah, listrik, air, dan transportasi. Anda juga harus memutuskan hal-hal apa saja yang sebenarnya keluarga Anda tidak begitu memerlukannya. Jika anggaran belanja harus dipotong, hal-hal yang tidak begitu penting adalah hal-hal yang harus dipotong terlebih dahulu.

  • Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk memprioritaskan anggaran belanja keluarga Anda.

  • Pertama

  • Lihatlah anggaran belanja Anda dan pastikan bahwa anggaran tersebut selengkap mungkin. Segala sesuatu yang memerlukan uang atau tabungan, harus ada di anggaran belanja itu.

  • Kedua

  • Lihatlah setiap pengeluaran tersebut dan berikan tanda dengan sebuah huruf. Berikan ranking A jika Anda merasa bahwa pengeluaran itu sangat penting. (Misalnya, bayar rumah adalah hal yang sangat penting) Berikan ranking B jika pengeluaran itu memang diperlukan tetapi jumlahnya dapat diubah (Misalnya, pengeluaran untuk makanan bisa diubah dengan membeli makanan dengan harga terjangkau) Berikan ranking C untuk pengeluaran yang sebenarnya Anda tidak begitu memerlukannya. Misalnya, pengeluaran untuk acara-acara hiburan atau nonton film di bioskop. Pastikan untuk menamai semua pengeluaran Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk beberapa orang mungkin uang sewa rumah tidak sepenting hiburan keluarga karena mungkin mereka tinggal dengan mertua mereka.

  • Ketiga

  • Sekarang beri nomor pada semua pengeluaran yang beranking A dan juga beri nomor pada pengeluaran yang beranking B dan juga semua yang beranking C. Mulailah dengan dengan memberi nomor satu untuk masing-masing kategori. Jadi akan ada A1, A2, A3, B1, B2, B3, B4, C1, C2, C3, C4, C5, C6, dll Angka-angka ini mewakili pengeluaran seberapa pentingnya kategor pengeluaran tersebut. Jadi pengeluaran yang paling penting dalam anggaran anda akan ada tanda A1 dan pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting akan ditandai dengan huruf C dan dengan nomor tertinggi dalam kategori C.

  • Keempat

  • Sekarang anggaran belanja Anda ada dalam urutan sesuai dengan prioritas utama kebutuhan Anda. Jika Anda harus memotong atau mengurangi anggaran belanja Anda, mulailah dengan memotong anggaran belanja yang memiliki kategori C dengan nomor yang paling tinggi dan hapuslah dari anggaran belanja Anda. Lanjutkan daftar pengeluaran Anda sampai pengeluaran Anda seimbang dengan penghasilan Anda.

  • Advertisement
  • Lihatlah daftar kebutuhan Anda setidaknya tiga bulan sekali untuk melihat apakah masih ada beberapa pengeluaran yang harus dihapus dari anggaran belanja Anda. Tentu saja jika Anda mendapatkan kenaikan gaji, mungkin Anda bisa memasukkan kembali pengeluaran-pengeluaran itu ke dalam anggaran belanja Anda. Berlatih mengatur pengeluaran Anda akan membantu Anda untuk menyeimbangkan pengeluaran Anda dengan penghasilan Anda dan menjadikan masa depan keluarga Anda lebih cerah.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “4 Steps to Prioritize Expenditures” karya Lyman Rose.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Lyman Rose is the author of 5 books including "Winning the War Against Debt" and coauthor of "The Debt Stacker" software. He is a graduate of Brigham Young University and owner of Creative Promotions in Bountiful, Utah.

4 Langkah untuk Memprioritaskan Pengeluaran

Anda harus memutuskan hal-hal apa saja yang sangat penting yang harus dibayar dengan anggaran Anda seperti, bayar rumah, listrik, air, dan transportasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr