Cara Membuat Anggaran Belanja Keluarga

Membuat anggaran belanja keluarga mungkin saja sulit, melelahkan, dan menjemukan. Hal itu menghabiskan waktu yang mungkin akan Anda habiskan untuk melakukan hal-hal lainnya.

9,588 views   |   7 shares
  • Membuat anggaran belanja keluarga mungkin saja sulit, melelahkan, dan menjemukan. Hal itu menghabiskan waktu yang mungkin akan Anda habiskan untuk melakukan hal-hal lainnya. Masalah pokoknya adalah bahwa anggaran belanja Anda adalah fondasi bagi perencanaan keuangan Anda. Kemampuan Anda untuk mencapai apa pun gol Anda, entah itu dana pensiun, dana pendidikan anak-anak Anda, atau liburan keluarga berikutnya; semua bergantung pada anggaran belanja Anda. Inilah lima saran yang dapat membantu Anda untuk membuat anggaran belanja keluarga.

  • 1. Libatkan pasangan Anda.

  • Adalah suatu keharusan bahwa kedua pasangan bekerja sama dalam masalah ini. Bila hanya ada satu pihak yang mengendalikan keuangan Anda, hal itu dapat menimbulkan kebohongan dan pertengkaran. Bila kedua pasangan bekerja bersama, maka terbuka jalan bagi komunikasi dan tanggung jawab, yang merupakan hal penting bagi perencanaan yang berhasil.

  • 2. Tentukan mana yang paling cocok bagi Anda.

  • Ada banyak program yang dapat Anda gunakan untuk membuat anggran belanja Anda. Cobalah beberapa dan pilihlah yang paling cocok bagi Anda. Anda dapat membeli perangkat lunak seperti Quicken, You Need a Budget (YNAB), atau Moneydance. Ada juga pilihan lain yang gratis seperti Mint, Buddi, atau Budget on Web. Saya lebih suka menggunakan lembar kerja Excel untuk membuat anggaran belanja dan mencatat pengeluaran-pengeluaran saya karena hal itu membuat saya tetap sadar akan apa yang sedang terjadi. Semua bergantung dari apa yang paling cocok bagi Anda.

  • 3. Tetapkan prioritas Anda.

  • Pada saat tertentu, sangat mudah untuk membelanjakan uang Anda untuk sesuatu yang benar-benar Anda inginkan. Meskipun demikian, rencana keuangan Anda jauh lebih bernilai daripada itu. Tentukan apa yang paling penting bagi keluarga Anda. Apakah itu dana pensiun? Asuransi yang memadai? Menabung untuk biaya pendidikan anak-anak Anda? Bagaimanapun keadaannya, sisihkan uang untuk hal-hal tersebut. Juga pastikan Anda mengalokasikan dana untuk diri Anda sendiri, entah untuk biaya kencan bersama pasangan Anda atau uang pribadi.

  • 4. Catatlah pengeluaran Anda.

  • Ini tugas besar. Tugas ini yang paling menyita waktu dalam membuat anggaran belanja, namun catatan pengeluaran Anda bukan saja membuat Anda bertanggung jawab, hal itu membatu Anda untuk melihat ke mana saja larinya uang Anda. Pada awal bulan, itu akan menjadi hal yang krusial untuk membantu Anda melihat bagian mana yang perlu Anda perbaiki. Jika Anda pergi ke supermarket dan membeli barang dari berbagai kategori, pisahkan bon belanja Anda. Telitilah. Pada akhir bulan Anda akan tahu persis ke mana saja uang Anda.

  • Advertisement
  • 5. Jangan menyerah.

  • Mulai membuat anggaran belanja itu sulit, namun lebih sulit untuk selalu konsisten sesuai dengan anggaran tersebut. Perlu waktu beberapa bulan untuk mempelajari kebiasaan belanja Anda serta mana yang seharusnya Anda prioritaskan. Tetaplah mengikutinya. Akan ada juga pengeluaran yang muncul yang Anda lupa untuk mencantumkannya saat menulis anggaran di awal bulan. Jangan stres tentang hal itu. Ingat saja supaya lebih teliti lagi untuk bulan berikutnya. Tentu saja jangan biarkan Anda terkecoh dengan anggapan seolah-olah Anda telah melewati batas anggaran, sehingga Anda mungkin akan tergoda untuk menghabis-habiskannya. Perilaku semacam itu akan merusak rencana keuangan Anda.

  • Beberapa jam setiap bulan yang Anda luangkan untuk membuat anggaran belanja akan menyelamatkan ribuan jam Anda setelah bertahun-tahun. Hal itu mungkin sebagai kerja keras, namun pasti Anda tidak bekerja cuma-cuma. Pembuatan anggaran belanja lebih terkait tentang kebiasaan daripada tentang pendapatan. Sewaktu Anda membangun kebiasaan yang baik membelanjakan uang, Anda akan lebih mampu mencapai gol Anda dan menemukan banyak sukacita dan keharmonisan dalam kehidupan keluarga Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to create a family budget” karya Ben Luthi.

Bantu kami menyebarkan

Ben is a freelance writer and personal finance blogger. He graduated from BYU with a degree in finance and a minor in German, and currently resides in Plano, Texas. He is passionate about helping others find their true potential and align their behaviors with it. He also enjoys spending as much time as possible with his wife, watching BYU football, and staying up late reading a good book. You can find more of his writing at www.wealthgospel.com

Situs: http://www.wealthgospel.com

Cara Membuat Anggaran Belanja Keluarga

Membuat anggaran belanja keluarga mungkin saja sulit, melelahkan, dan menjemukan. Hal itu menghabiskan waktu yang mungkin akan Anda habiskan untuk melakukan hal-hal lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr