Kehidupan Luar Biasa Orang-Orang yang Terlupakan

Apa yang dilakukan oleh para orang tua dan guru, serta kekuatan yang mereka miliki untuk peningkatan kemajuan hidup anak-anak dan kaum muda, menjadikan mereka sebagai pahlawan dalam arti yang sesungguhnya.

1,454 views   |   shares
  • Penghargaan yang diberikan kepada banyak selebriti masa kini terkait hanya sedikit dengan kepahlawanan atau kontribusi yang mereka berikan untuk peningkatan kemajuan masyarakat. Meskipun demikian, apa yang dilakukan oleh para orang tua dan guru, serta kekuatan yang mereka miliki untuk peningkatan kemajuan hidup anak-anak dan kaum muda, menjadikan mereka sebagai pahlawan dalam arti yang sesungguhnya. Joseph Campbell berkata: “Akhir perjalanan seorang pahlawan bukanlah pengagungan nama pahlawan itu .... tujuan akhir dari perjuangannya tidak boleh untuk kebebasan atau kesenangan diri sendiri, melainkan kebijaksanaan dan kekuatan untuk melayani orang lain. Salah satu dari banyak perbedaan antara selebriti dan pahlawan ... adalah bahwa yang satu hidup untuk dirinya sendiri sementara yang lainnya bertindak untuk menebus masyarakat” (The Hero with a Thousand Faces, 2008).

  • Apa yang dapat kita lakukan untuk menghormati dan mendukung para pahlawan tak dikenal ini? Pertimbangkanlah hal-hal berikut:

    1. Carilah kesempatan secara aktif untuk menyatakan penghargaan. Sepatah kata yang manis dapat membuat semua perbedaan dalam perasaan seseorang.

    2. Di dunia yang dipenuhi dengan hal-hal negatif dan sinisme, sangat mudah untuk menjadi korban pemikiran semacam itu. Pilihlah untuk melihat hal-hal baik dalam diri seseorang. Carilah karakter positif mereka. setiap orang memiliki perpaduan antara sifat-sifat yang lemah dan kuat. Apa pun yang Anda cari akan Anda dapatkan.

    3. Bersabarlah dan tempatkan diri Anda pada posisi mereka. Jangan terburu-buru berkesimpulan tentang orang tua dengan anak yang berteriak-teriak di toko bahan makanan atau guru yang terlambat memeriksa pekerjaan rumah anak Anda. Ketimbang merasa terganggu, tawarkan bantuan. Sewaktu Anda melakukannya, Anda akan mendapati bahwa sikap Anda terhadap orang lain akan berubah dan mereka akan mulai lebih sabar kepada Anda.

  • Dikatakan bahwa anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menghormati dan mendukung orang-orang yang memiliki pengaruh terbesar dalam kehidupan mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “The incredible lives of forgotten people” karya Lowell K. Oswald.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Lowell K. Oswald is the author of Change Your Choices Change Your Life.

Kehidupan Luar Biasa Orang-Orang yang Terlupakan

Apa yang dilakukan oleh para orang tua dan guru, serta kekuatan yang mereka miliki untuk peningkatan kemajuan hidup anak-anak dan kaum muda, menjadikan mereka sebagai pahlawan dalam arti yang sesungguhnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr