Mengapa Anak-Anak Perlu Membaca?

Menyuruh anak-anak untuk membaca sangatlah penting, dan kadang-kadang satu buku dapat membuat perubahan besar yang positif dalam kehidupan mereka.

1,924 views   |   2 shares
  • Ketika saya masih SD, saya mengalami kesulitan di sekolah. Saya berusaha untuk menjadi murid yang baik, tetapi itu adalah sebuah tantangan. Matematika seperti sebuah bahasa asing bagi saya, dan setiap saya mencoba untuk membaca sebuah buku, saya tidak dapat menyelesaikannya. Saya tidak memiliki rasa percaya diri dengan tugas sekolah saya, dan saya merasa diri saya sebagai “anak bermasalah” di kelas.

  • Hingga akhirnya di SMP semuanya berubah bagi saya. Saya memutuskan untuk mencoba membaca buku Harry Potter karena saya menyukai filmnya. Masih sangat sulit bagi saya untuk membacanya, tetapi semakin banyak saya membaca, saya semakin menyadari betapa saya sangat suka membaca. Ketika saya menyelesaikannya, saya menyadari bahwa saya ingin membaca seri selanjutnya. Ketika saya melanjutkan untuk membaca keseluruhan novel fantasi tersebut, saya menyadari bahwa sekolah menjadi lebih mudah dan nilai-nilai saya mulai meningkat. Dalam waktu satu tahun saya terdaftar sebagai salah satu murid terbaik dan mulai bergabung dalam kelas-kelas terbaik, sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin satu tahun yang lalu. Saya menyelesaikan seri Harry Potter dan melanjutkan ke The Series of Unfortunate Events, dan novel anak-anak lainnya seperti Ella Enchanted, dan Holes. Saya mulai mengurangi waktu menonton televisi, bermain komputer, dan video game, dan lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang saya sukai, membaca.

  • Saya sangat senang bahwa saya memutuskan untuk membaca buku The Harry Potter, buku-buku tersebut membuat saya suka membaca. Buku-buku itu menolong saya mengetahui potensi saya di sekolah dan membuat saya sadar bahwa saya ingin menjadi seorang pengarang.

  • Saya melihat betapa pentingnya anak-anak membaca. Ini dapat menolong meningkatkan nilai-nilai saya, memberi saya rasa percaya diri, dan akhirnya menolong saya mencapai karir saya. Bagian penting dalam upaya untuk membuat anak suka membaca adalah menemukan buku yang tepat. Ini adalah beberapa saran:

  • 1. Carilah buku-buku yang mereka sukai.

  • Bagi saya adalah novel fantasi, untuk anak-anak yang lain mungkin tentang ilmu pengetahuan, olahraga, atau sejarah.

  • 2. Bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda.

  • Beberapa dari novel favorit saya adalah atas saran dari teman-teman, guru-guru, dan pustakawan. Anda tidak melihat banyak iklan untuk buku-buku. Sering kali dari mulut ke mulut Anda dapat menemukan buku-buku yang bagus.

  • 3. Penghargaan.

  • Saya menyukai setiap buku yang mendapatkan penghargaan yang telah saya baca. Saya pikir sistem Penghargaan adalah standar untuk buku anak-anak, jika sebuah buku telah mendapat penghargaan, saya tahu buku itu ditulis dengan baik, bersih dan akan disenangi anak-anak. Holes, Ella Enchanted, dan A Year Down Yonder hanyalah sebagian kecil dari buku-buku favorit saya yang mendapatkan Penghargaan Newbery.

  • Advertisement
  • Menyuruh anak-anak untuk membaca sangatlah penting, dan kadang-kadang satu buku dapat membuat perubahan besar yang positif dalam kehidupan mereka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Why it's important for kids to read” karya Joshua Johnson.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

It is the mission of Cedar Fort to gather and develop life enhancing and inspiring ideas and products and convey them to our customers in the most professional, friendly, and timely manner while providing for our families.

Mengapa Anak-Anak Perlu Membaca?

Menyuruh anak-anak untuk membaca sangatlah penting, dan kadang-kadang satu buku dapat membuat perubahan besar yang positif dalam kehidupan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr