Cara Membuat Hidangan Murah dan Sehat

Terkadang ketika berbelanja makanan sehat, orang tua menjadi putus asa. Makanan sehat seringkali mahal harganya. Namun Anda tidak harus mengorbankan gol hidangan sehat ketika anggarannya ketat.

7,754 views   |   1 shares
  • Menetapkan anggaran makanan tidak pernah mudah – terutama jika Anda sedang berusaha mencapai dua tujuan: makan sehat dan menghemat uang pada saat yang bersamaan.

  • Terkadang ketika berbelanja makanan sehat, orang tua menjadi putus asa. Makanan sehat seringkali mahal harganya. Misalnya, makan buah dan sayuran segar adalah wajib, tetapi makanan segar mahal harganya, terutama jika tidak sedang musimnya. Produk roti juga sama, dengan roti gandum utuh yang harganya lebih mahal dari versi murahnya yang kurang menyehatkan.

  • Namun Anda tidak harus mengorbankan gol hidangan sehat ketika anggarannya ketat. Berikut adalah beberapa tips:

  • Adakan malam sayuran

  • Satu malam atau lebih setiap minggunya, cobalah hidangan vegetarian. Porsi daging dari hidangan biasanya yang harganya paling mahal, jadi taktik ini dapat bekerja dengan baik jika Anda sedang berhemat. Hidangan vegetarian biasanya juga lebih sehat. Resep dan gagasan untuk hidangan seperti ini banyak tersedia online. Jangan langsung mengira Anda akan harus mengorbankan selera atau bahwa anak-anak Anda akan menolak untuk makan hidangan vegetarian. Lagi pula, kebanyakan anak suka makanan tanpa daging seperti makaroni dan keju.

  • Buatlah hidangan dari nol

  • Biasanya, Anda harus membayar lebih untuk makanan yang sudah diproses. Tidak hanya itu lebih mahal, itu juga kurang sehat. Dan jangan mengira Anda harus berlama-lama di depan kompor untuk membuat hidangan dari nol. Beberapa mungkin memakan waktu lama, tetapi ada banyak resep yang mudah, murah, dan sehat.

  • Perencanaan

  • Dengan sedikit pemikiran, Anda dapat membuat hidangan murah dan sehat dengan membeli dan memasak dalam jumlah besar. Misalnya, Anda dapat memasak ayam utuh ketika sedang diskon (atau bahkan dua, jika Anda punya freezer yang besar) dan gunakan dagingnya untuk beberapa hidangan. Daging ayam dapat digunakan dalam kaserol atau roti lapis. Bahkan tulangnya dapat dimasak untuk membuat kaldu untuk sup. Demikian pula, ketika daging sapi sedang diskon, belilah dalam porsi besar dan masak semuanya. Dengan demikian, ini akan mempercepat proses memasak hidangan dari nol.

  • Perhatikan sisa makanan

  • Ketika Anda selesai makan, pikirkan bagaimana sisa makanan dapat digunakan sebagai bagian hidangan lain atau sebagai camilan. Banyak orang berhasil membuat “perencanaan hidangan dengan makanan sisa,” di mana Anda secara sengaja membeli dan memasak lebih dari yang diperlukan, sebagaimana dijelaskan di atas. Anda menghemat uang dan waktu dengan membeli dalam jumlah besar dan memasak dalam waktu yang bersamaan.

  • Advertisement
  • Dengan mata yang cermat melihat sisa makanan dan membeli dengan hemat, Anda dapat membuat makanan sehat dan murah. Pilihlah satu gagasan minggu ini dan terapkan. Minggu depan, pilihlah gagasan lain. Anda tidak harus mengubah hidangan keluarga Anda dalam waktu sekejap. Selangkah demi selangkah, Anda akan menjadi lebih dekat dengan gol hidangan sehat dan murah.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to create cheap and healthy meals on a budget" karya Margot Hovley.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Cara Membuat Hidangan Murah dan Sehat

Terkadang ketika berbelanja makanan sehat, orang tua menjadi putus asa. Makanan sehat seringkali mahal harganya. Namun Anda tidak harus mengorbankan gol hidangan sehat ketika anggarannya ketat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr