Saya Baru Saja Kehilangan Pasangan Saya: Bagaimana Saya Menjalani Kehidupan Saya yang Baru?

Entah itu karena perceraian atau kematian, kehilangan pasangan kita adalah peristiwa yang berat dalam hidup kita. Anda saling mengasihi. Anda saling berbagi keluarga.

5,143 views   |   3 shares
  • Entah itu karena perceraian atau kematian, kehilangan pasangan kita adalah peristiwa yang berat dalam hidup kita. Anda saling mengasihi. Anda saling berbagi keluarga masing-masing. Meskipun demikian, dalam berurusan dengan perasaan Anda yang merasa kehilangan, Anda harus menemukan cara untuk mengatasi tanggung jawab yang biasanya Anda lakukan bersama pasangan Anda. Merawat diri Anda sendiri adalah penting untuk menjadikan Anda mampu melewati masa transisi ini, dan meskipun ini tidak dengan segera terasa, hati Anda akan disembuhkan, dan Anda akan menemukan makna yang baru.

  • Buatlah kelompok pendukung

  • Kelilingilah diri Anda dengan dukungan dari keluarga dan teman-teman Anda. Sekarang adalah saatnya untuk meminta bantuan. Pada masa awal hilangnya pasangan Anda, adalah menguntungkan bagi Anda untuk tidak mengisolasi diri, melainkan berbicaralah dengan terbuka dengan mereka yang peduli terhadap permasalahan Anda mengenai masa depan dan apa yang Anda perlukan. Khususnya jika Anda dan pasangan Anda memiliki anak, Anda akan ingin memastikan bahwa Anda dibentengi dengan kesehatan, dan kelompok orang yang mendukung saat Anda memerlukan mereka. Banyak orang akan mencari kelompok pendukung atau penasihat di tempat ibadah mereka untuk membantu di masa-masa awal yang sulit, dan masalah emosi apa pun yang muncul saat berjalannya waktu.

  • Biarkan diri Anda untuk berduka

  • Adalah nasihat yang sering diberikan kepada kita untuk tetap sibuk ketika kita berduka, dan jika Anda memiliki keluarga, Anda memang tidak punya pilihan lain untuk tidak tetap sibuk. Jangan pernah biarkan kedukaan Anda menyeret Anda ke jurang depresi (jika ini beresiko terjadi, carilah bantuan profesional), namun pastikan bahwa Anda mengizinkan diri Anda pada saat itu untuk merasakan kehilangan pasangan Anda. Berduka adalah emosi manusia yang rumit, dan itu akan datang kadang-kadang di saat yang tidak Anda harapkan, namun itu akan datang. Mengabaikan perasaan berduka hanya akan menunda rasa sakitnya, dan Anda akan menemukan itu terjadi di saat yang paling tidak menguntungkan. Berdukalah sebagai bagian yang diperlukan dari kehilangan seseorang yang Anda sangat kasihi. Tidak ada ciri kelemahan dari membiarkan diri Anda untuk berduka di saat kehilangan pasangan terkasih Anda dan kehidupan yang Anda telah rencanakan sebelumnya, bahkan sebenarnya, itu adalah bagian dari proses penyembuhan.

  • Buatlah daftar

  • Bahkan untuk menangani tugas yang biasa dapat menjadi mengerikan setelah kehilangan pasangan. Jika pasangan Anda bertanggung jawab membuang sampah, tiba-tiba saat ini menjadi tanggung jawab Anda. Tugas ini dapat bertambah, dan ketika tugas-tugas itu digabungkan untuk menandai ketidakberadaan pasangan Anda, itu dapat terasa tidak dapat ditanggulangi. Ada banyak pekerjaan dan kewajiban yang mengelilingi hilangnya pasangan Anda, dan keputusan yang harus dibuat meski melalui perasaan yang campur aduk. Membuat daftar yang mesti dilakukan membantu Anda mengatur tanggung jawab ini dengan tugas-tugas harian Anda, dan tidak kewalahan saat satu tugas lagi ditambahkan. Itu juga membuat Anda lebih mudah untuk meminta bantuan. Ketika teman Anda bertanya, “Apa yang dapat saya bantu?”, Anda dapat dengan mudah menunjuk pada hal yang ada di daftar Anda. Sebelum daftar menjadi semakin panjang, tugas ini akan menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, dan Anda tidak akan terasa kewalahan lagi.

  • Advertisement
  • Prioritaskan merawat diri

  • Berhubunganlah dengan jiwa Anda dan doa. Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk beristirahat sebanyak mungkin, makan makanan bergizi, dan berolah raga. Adalah mudah untuk menjadi lelah secara emosi dalam melakukan hal-hal praktis, kebutuhan keluarga, dan stres yang datang bersama perubahan-perubahan ini. Bagaimanapun juga, kesehatan Anda sangatlah penting. Sekarang Anda sebagai kepala keluarga, keberhasilan keluarga Anda sangat bergantung kepada kesehatan jasmani dan rohani diri Anda. Ingatlah untuk mencintai tubuh Anda, dan berikan perhatian pada kebutuhan pribadi Anda sewaktu Anda berangsur pulih. Ketika kita menikah, kita biasanya membayangkan menghabiskan sisa hidup kita bersama pasangan kita. Jika kematian atau perceraian merusak rencana itu, itu dapat membalikan dunia kita. Itu tidaklah mudah, namun Anda harus menemukan sumber kekuatan dan keberanian untuk terus maju. Ada rencana yang lain bagi Anda dan keluarga Anda. Anda dapat pulih dari keputusasaan akan kehilangan pasangan Anda, dan terus maju menjalani hidup yang sepenuhnya dan bahagia. Ketahuilah bahwa melalui kehilangan ini, Anda dapat menemukan tujuan baru. Jagalah diri Anda dengan seksama di masa awal kehilangan pasangan Anda, dan Anda akan membuat tahap bagi pemulihan kesehatan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "I just lost my spouse: How do I navigate this new life?" karya Margaret Crowe.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Saya Baru Saja Kehilangan Pasangan Saya: Bagaimana Saya Menjalani Kehidupan Saya yang Baru?

Entah itu karena perceraian atau kematian, kehilangan pasangan kita adalah peristiwa yang berat dalam hidup kita. Anda saling mengasihi. Anda saling berbagi keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr