5 Cara Mencari Kebaikan dari Orang-Orang yang Bukan Teman Anda

Berbaik hati kepada orang yang bukan teman Anda terkadang sangat mudah bagi sebagian orang, tetapi juga tidaklah semudah bagi sebagian orang lainnya.

4,031 views   |   3 shares
  • Berbaik hati kepada orang yang bukan teman Anda terkadang sangat mudah bagi sebagian orang, tetapi tidaklah mudah bagi sebagian orang lainnya. Melalui pengalaman rohani dan naluri saya, atau dalam percakapan dengan orang lain yang saya temui, saya telah menemukan beberapa cara untuk mencairkan kecuekan dan mengurangi ketegangan otot dari hati yang degil.

  • Berbuat baik kepada teman sendiri memang sangat mudah. Anda telah mengembangkan rasa emosional yang mendalam dengan teman Anda, Anda merasa nyaman untuk menjadi rentan dan lemah di mata mereka dan mempercayai mereka untuk menghormati keberadaan Anda dalam hidup mereka. Selalu ada banyak faktor yang memotivasi kebaikan. Tapi, baik itu orang asing, kenalan, mantan teman, mantan kekasih atau musuh, ketidak-baikan dapat mengisi hari yang Anda lewatkan bersama orang yang tidak Anda hargai.

  • Bagaimana Anda menemukan kebaikan dalam diri sendiri untuk diberikan kepada seseorang yang tidak Anda sukai, atau orang yang bukan teman Anda?

  • Temukan sesuatu yang Anda sukai dalam diri seseorang yang tidak Anda sukai

  • Carilah sesuatu yang Anda sukai, mungkin Anda suka sepatu yang mereka pakai. Pasti ada sesuatu tentang orang ini yang dapat Anda sukai. Carilah hal yang Anda sukai dan fokuslah pada hal itu. Perasaan Anda terhadap orang ini kemungkinan akan segera berubah. Mungkin tidak secara keseluruhan, tapi setidaknya untuk saat itu. Dan ketika saatnya sudah mulai berlalu, carilah satu hal lain yang Anda suka tentang dia. Hati yang baik dan lemah lembut ada di setiap orang, hanya saja Anda harus berusaha menggali sifat-sifat itu keluar.

  • Menghargai hal-hal yang berguna yang mereka ajarkan ke dalam kehidupan Anda walaupun mereka bukan teman Anda. Walaupun dia bukan teman Anda, dia telah memberi Anda atau meninggalkan sesuatu yang berharga untuk Anda, carilah dan temukan. Mungkin dia meninggalkan hal yang berwujud atau tidak berwujud, hadiah atau benda, pikiran atau ide yang memicu cara baru dalam berpikir, hidup atau mencintai. Orang ini telah memberi sedikit makna dalam kehidupan Anda dalam beberapa hal, carilah dan terimalah. Pada akhirnya, Anda bisa belajar dengan senang hati untuk menerima semua orang yang melintasi jalan Anda dan datang ke dalam kehidupan Anda. Tidak peduli bagaimana hal-hal itu terjadi atau berakhir nantinya.

  • Mengakui hal-hal yang Anda pelajari dari seseorang yang bukan-teman Anda bahwa Anda telah belajar sesuatu hal yang berguna darinya . Ada berkat dalam setiap pelajaran, dan ada pelajaran yang bisa diambil dalam segala hal. Kita semua hidup dan belajar - jadi belajarlah dengan cepat dan bergerak maju. Ambilah pelajaran hidup dari orang ini, baik dia masih hadir dalam hidup Anda ataupun tidak. Hal ini mungkin merupakan sesuatu yang tidak seberapa seperti "Saya suka tertawa," atau "Saya berhak untuk hidup bahagia." Bawalah pelajaran itu selama hidup Anda. Jangan lupakan mereka, atau Anda dapat meninggalkan pelajaran yang sama untuk orang lain. Setiap kali Anda memberikan pelajaran yang sama, pelajaran itu akan lebih sulit untuk dipelajari dan dilupakan.

  • Advertisement
  • Perlakukan orang yang bukan teman Anda dengan rasa hormat seperti menghadapi orang asing

  • Cara termudah untuk menunjukkan kebaikan kepada seseorang yang bukan teman Anda adalah dengan berpura-pura tidak mengenalnya. Janganlah mengabaikan dia sama sekali. Perlakukan dia dengan sopan santun seperti yang Anda berikan pada orang yang tidak Anda kenal. Bersikaplah ramah, sopan, dan baik hati. Lalu lanjutkan perjalanan hidup Anda.

  • Memungkinkan seseorang yang hilang dari kehidupan Anda untuk kembali

  • Itupun, jika dia berusaha untuk mendapatkan kembali tempatnya di dalam kehidupan Anda. Bagaimana upaya itu terwujud, itu sepenuhnya terserah Anda. Penjelasan tentang apa yang salah dan, mungkin, permintaan maaf akan menjadi awal yang baik. Jika Anda merasa orang ini menerima kesalahannya yang membuat Anda tidak berteman lagi dengannya, dan Anda merasa mereka akan menjadi bagian menguntungkan dari hidup Anda sekali lagi, ijinkan mereka untuk mengambil langkah untuk berbaik kembali. Mula-mula mungkin hanya sebagai kenalan, tapi bila mereka memang terbukti tulus, Anda dapat menerimanya sepenuh hati.

  • Saya telah bertekad untuk tidak memendam kebencian saat persahabatan retak dan ikatan batin pudar. Saya ingat saat-saat bahagia kami dan saya berterima kasih kepada mereka, walau cuma dalam hati, atas segala kebaikan yang mereka bawa dalam kehidupan saya. Mulai dari bermain video game, lari pagi bersama sampai pengertian lebih baik tentang tujuan saya hidup di dunia ini dan yang akan datang, teman-teman boleh datang dan pergi tapi pelajaran tetap tinggal di hati. Kedamaian dengan siapapun dapat dicapai jika kita memutuskan lebih baik menjalani hidup dengan damai bukan dengan perselisihan.

  • Berbaik hati kepada orang yang bukan teman Anda adalah keterampilan yang dapat dipelajari melalui berbagai pengalaman. Praktekkan kebiasaan untuk melihat kebaikan orang dan menghargai mereka. Semakin sering Anda berbaik hati pada orang sekitar Anda, semakin pendek daftar orang yang tidak Anda sukai dan semakin banyak orang yang benar-benar dapat Anda sebut “teman.”

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “5 ways to find kindness for people who are not your friends” karya Georgia Lee.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

5 Cara Mencari Kebaikan dari Orang-Orang yang Bukan Teman Anda

Berbaik hati kepada orang yang bukan teman Anda terkadang sangat mudah bagi sebagian orang, tetapi juga tidaklah semudah bagi sebagian orang lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr