Menjaga Tubuh Sehat dengan Diet dan Berolahraga

Baru-baru ini seorang teman baik saya diingatkan untuk memiliki tubuh yang sehat. Sakit pada bagian dadanya mengakibatkan teman saya ini harus masuk unit gawat darurat(UGD).

1,955 views   |   shares
  • Baru-baru ini seorang teman baik saya diingatkan untuk memiliki tubuh yang sehat. Sakit pada bagian dadanya mengakibatkan teman saya ini harus masuk unit gawat darurat (UGD) dan mengharuskan suatu alat dimasukkan ke dalam pembuluh darah arterinya. Hal ini adalah pengingat bagi kita untuk merawat tubuh kita sepanjang kehidupan kita. Teman baik saya ini telah mengalami masa pemulihan yang cepat dari sakitnya dan sekarang dia melakukan diet makanan dan olahraga rutin.

  • Data statistik terbaru menunjukkan bahwa 68,8% orang dewasa di Amerika memiliki kelebihan berat badan dan angka 35,7% dari angka tersebut menunjukkan tingkat orang dewasa yang mengalami obesitas. Obesitas telah dikaitkan sebagai penyebab dari resiko tinggi penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Bila digabungkan dengan harapan hidup rata-rata 78,7 tahun bagi orang dewasa, hal ini membuka mata kita pada kebutuhan untuk menjaga dan merawat tubuh kita. Kita hanya memiliki satu tubuh untuk hidup. Untuk memastikan kita dapat menikmati hidup sepenuhnya, kita perlu untuk merawat tubuh kita. Dengan melakukan dua strategi berikut kita dapat memastikan tubuh kita tetap sehat dan kuat sepanjang kehidupan kita.

  • Diet

  • 1. Mengenal apa yang kita makan

  • Ada pepatah mengatakan : ” Makanan yang kita makan mencerminkan diri kita.” Luangkan sedikit waktu untuk membuat daftar jenis-jenis makanan yang Anda makan setiap harinya. Semakin banyak jenis makanan olahan dan yang mengandung bahan-bahan kimia, maka jenis makanan tersebut akan semakin buruk untuk tubuh kita. Kebanyakan para ahli akan setuju bahwa diet yang terbaik adalah dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat seperti gandum, jenis buah dan sayuran segar, dan protein yang cukup untuk tubuh kita.

  • 2. Hindari Fad diet (Jenis diet dengan mengkonsumsi hanya satu jenis makanan tertentu)

  • Diet dengan cara seperti ini mungkin akan membantu Anda menurunkan berat badan pada awal Anda mulai menerapkannya, namun cara seperti ini akan membuat Anda kesulitan untuk mempertahankan dan melakukannya secara berkelanjutan dan dikhawatirkan dapat menghilangkan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjadi sehat.

  • 3. Mengurangi porsi makanan

  • Hal ini berlaku baik untuk porsi makanan yang Anda makan juga untuk makanan yang manis seperti coklat dan permen. Salah satu cara untuk memastikan Anda mengurangi porsi makan adalah dengan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil. Juga, pastikan isi dalam piring Anda lebih banyak sayuran dan karbohidrat daripada protein atau daging. Satu porsi makanan yang tepat untuk daging dan ayam adalah 4 ons atau seukuran kepalan tangan. Kita dapat menambah sedikit porsi makanan kesukaan kita hanya pada hari-hari tertentu, tapi tetap harus dibatasi. Mencoba untuk menghindari makanan manis seperti coklat dan permen sepanjang waktu mungkin adalah hal yang tidak realistis juga untuk Anda.

  • Advertisement
  • Olah Raga

  • 1. Bangun dan bergerak

  • Tubuh kita dirancang untuk melakukan banyak gerakan. Ketika Anda tidak bergerak tubuh dapat menjadi kaku dan kehilangan kemampuannya untuk berfungsi sepenuhnya. Setiap hari cobalah untuk melakukan beberapa macam latihan fisik, bahkan jika itu hanya untuk berjalan sekitar lingkungan rumah Anda. Cobalah sedikit demi sedikit sambil membangun daya tahan tubuh Anda sampai Anda dapat melakukan olahraga untuk 30-45 menit setiap harinya.

  • 2. Tentukan aktivitas

  • Menemukan aktivitas yang Anda sukai dan nikmati adalah cara yang terbaik yang dapat membantu Anda untuk tetap melakukannya secara rutin. Ketika saya tinggal di suatu kota besar saya bergabung dengan tim sepakbola wanita. Bersama anggota tim ini kami membuat suatu cara yang menyenangkan untuk melakukan latihan atau olahraga bersama. Dalam beberapa tahun belakangan saya menjadi orang yang menikmati olahraga lari. Ibu saya mulai melakukan olahraga renang semenjak lingkungan tempat tinggal kami memiliki fasilitas kolam renang. Cobalah beberapa aktivitas yang berbeda sampai Anda menemukan satu aktivitas yang sesuai untuk Anda.

  • 3. Lakukan olahraga bersama

  • Di saat Anda mengetahui seseorang mengandalkan Anda, hal tersebut membuat Anda untuk tetap melakukan latihan atau olahraga Anda secara rutin. Anda tidak dapat mencari-cari alasan untuk tidak melakukannya. Saya mengikuti beberapa lomba lari estafet jarak jauh. Mengetahui bahwa tim saya sangat mengandalkan saya membuat saya menjadi giat dalam latihan rutin saya.

  • 4. Tambahkan latihan berat dalam rutinitas Anda

  • Setelah Anda memiliki rutinitas dalam berolahraga, pastikan untuk menambahkan latihan berat dalam olahraga dan latihan rutin Anda beberapa kali dalam seminggu. Seiring dengan pertambahan usia tubuh kita membutuhkan beberapa latihan berat untuk menjaga kekuatan tulang dan otot. Anda tidak perlu harus menggunakan alat angkat berat. Anda dapat membuat alat latihan berat sendiri seperti misalnya menggunakan botol minum yang diisi air. Berat badan Anda juga dapat digunakan sebagai penahan dari latihan berat ini.

  • Ada juga beberapa jenis rutinitas olahraga yang dapat Anda temukan secara daring untuk membantu memulai rutinitas Anda.

  • Upaya yang Anda mulai hari ini akan membuahkan dampak yang besar dan baik untuk Anda di masa yang akan datang. Meluangkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan diet harian dan kebiasaan olahraga Anda akan membuat Anda lebih bahagia dan sehat. Anda hanya memiliki satu tubuh untuk menikmati indahnya dunia ini sehingga adalah penting untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh kita.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Take care of your body: Diet and exercise tips" karya Robyn Carr.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Robyn Carr is a graduate of Brigham Young University, the mother of 5 and grandmother to 1. She currently lives in North Carolina. Comments welcomed at mrsincredible41@yahoo.com

Menjaga Tubuh Sehat dengan Diet dan Berolahraga

Baru-baru ini seorang teman baik saya diingatkan untuk memiliki tubuh yang sehat. Sakit pada bagian dadanya mengakibatkan teman saya ini harus masuk unit gawat darurat(UGD).
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr