Hati-hati Para Pengemudi! 5 Bahaya Mengintai di dalam Mobil Anda

Menurut National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA) ada lebih dari dua juta kecelakaan kendaraan bermotor setiap tahunnya. Jumlah kematian sendiri biasanya sekitar 30.000.

7,623 views   |   shares
  • Menurut statistik di AS ada lebih dari dua juta kecelakaan kendaraan bermotor setiap tahunnya. Jumlah kematian berkisar sekitar 30.000. Banyak orang yang mempertimbangkan statistik buruk ini ketika mereka membeli mobil, tanpa menyadari bahwa bahaya terbesar mungkin mengintai mobil.

  • Bahaya #1: Pemakaian sabuk pengaman yang salah

  • “Penumpang tidak seharusnya mengira bahwa mereka akan selamat dari kecelakaan ketika mereka mendengar suara ‘klik’,” kata Dr. Jeffrey States, ahli kecelakaan kendaraan bermotor dari Utah. Dia mengatakan akan ada resiko cedera serius jika sabuk pengaman yang di bagian bahu tidak menyilang di dada (tulang dada) dan terlalu tinggi di bagian leher, dan bagian bawah sabuk tidak menyilang di tulang pinggul. Karena sabuk pengaman bagian atas dapat disesuaikan di banyak mobil, sangatlah bijaksana untuk selalu memeriksanya setiap kali penumpang masuk ke dalam mobil.

  • Wanita hamil sangat riskan keadaannya bila menggunakan sabuk pengaman yang salah. Sabuk pengaman bagian bawah harus di tempatkan dan terasa nyaman di bawah perut, cukup rendah di bagian pinggul. Tidak ada posisi lain yang dapat dibenarkan tidak peduli seberapa nyamannya itu.

  • Dan Dr. Sates memperingatkan, ”Jangan lupa menggunakan sabuk pengaman, bahkan bila itu hanya untuk perjalanan yang dekat. Kebanyakan kecelakaan terjadi dalam jarak yang hanya beberapa kilometer dari rumah.”

  • Bahaya #2: Memperlakukan anak-anak seperti orang dewasa kecil

  • Menurut Safekids USA, semua anak di bawah 12 tahun harus berada di kursi belakang. Kursi anak-anak berfungsi dengan baik dengan sabuk pengaman yang terkunci saat ditarik sepenuhnya dan kemudian dilepaskan.

  • Kursi bayi harus menghadap ke belakang dengan pengikat yang mengamankan mereka secara nyaman. Petunjuk baru dari menyarankan kursi menghadap belakang cocok digunakan sampai berumur 2 tahun.

  • Anak-anak dengan berat di bawah 35 kilogram dan/atau kurang dari 120 cm tingginya harus selalu duduk di . Ukuran tubuh mereka tidak memungkinkan untuk memakai sabuk pengaman secara pas.

  • Bahaya #3: Terlalu mengandalkan kantong udara

  • Kantong udara diatur untuk keluar kurang dari sedetik dalam kecepatan kira-kira 90 km/jam. Statistik menyatakan bahwa sementara puluhan ribu jiwa setiap tahunnya terselamatkan oleh kantong udara, masih ada ratusan kematian dan cedera yang disebabkan oleh penggunaan kantong udara, beberapa di antaranya terjadi tanpa kecelakaan atau hanya berupa benturan kecil.

  • Advertisement
  • Petunjuk berikut ini sangat membantu: 1) Posisikan tempat duduk ke belakang sejauh tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. 2) Sesuaikan posisi kemudi di bawah jauh dari wajah dan jangan pernah meletakkan benda apapun di atasnya atau dekat kantong udara penumpang yang dapat terlempar ke arah penumpang. Sebagai ulasan, jangan pernah menaruh anak-anak di dekat kantong udara kursi depan.

  • Bahaya #4. Menganggap sandaran kepala sebagai tempat tumpuan kepala

  • Sandaran kepala adalah bagian dari perangkat keselamatan yang sering diabaikan di dalam mobil. Menurut Dr. States, sandaran kepala harus diposisikan lebih tinggi sekurang-kurangnya 5 sentimeter dari bagian atas kepala serta harus dalam keadaan terkunci di tempatnya. Kalau tidak, sandaran tersebut dapat menjadi tumpuan, yang justru menimbulkan risiko terpentalnya kepala penumpang. Kemudian, seperti papan luncur renang, kursinya terbebani lalu menghempaskan penumpang ke arah depan. Pada ketinggian posisi yang tepat, sandaran kepala dapat mencegah sebagian dari pola gerakan seperti itu.

  • Bahaya #5: Menggunakan mobil sebagai tempat penyimpanan

  • Mobil digunakan bukan hanya untuk mengangkut orang, tetapi juga sejumlah barang-barang serta pernak-pernik yang dianggap pantas oleh pemiliknya. Jika sebuah mobil yang sedang berjalan dan oleng pada kecepatan 90 km/jam lalu terguling dua atau tiga kali sebelum mobil itu akhirnya berhenti, selama beberapa detik kendaraan itu menjadi seperti mesin penggiling berkekuatan tinggi dengan segala pernak-pernik yang ada di dalamnya. Semua benda lepas serta berpermukaan tajam dan kasar, seperti buku dan perkakas, harus disimpan di bagasi atau di kotak yang terikat dengan sekrup di badan mobil.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Driver beware! 5 dangers lurking inside the car” karya Kim Grant.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Kim Grant has three novels published through Covenant Communications. She has also contributed to a variety of family-oriented magazines. Her website is at www.kcgrant.com.

Hati-hati Para Pengemudi! 5 Bahaya Mengintai di dalam Mobil Anda

Menurut National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA) ada lebih dari dua juta kecelakaan kendaraan bermotor setiap tahunnya. Jumlah kematian sendiri biasanya sekitar 30.000.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr