Mengenakan Mutiara yang Ibu Berikan Kepada Saya

Setiap hari, saat saya bangun pagi, saya membuka kotak perhiasan imajinasi saya dan dengan hati-hati saya mengambil kalung mutiara saya yang indah. Tidak ada orang lain yang bisa melihat mutiara itu kecuali saya.

1,162 views   |   shares
  • Setiap hari, saat saya bangun pagi, saya membuka kotak perhiasan imajinasi saya dan dengan hati-hati saya mengambil kalung mutiara saya yang indah. Tidak ada orang lain yang bisa melihat mutiara itu kecuali saya. Sebagai seorang penulis, sering kali saya menghabiskan hari-hari saya dengan hanya memakai pakaian tidur di meja kerja saya, tapi saya selalu memakai mutiara saya. Kalung ini adalah kalung khusus yang terdiri dari mutiara-mutiara kebijaksanaan yang telah saya pelajari dari wanita-wanita dalam kehidupan saya. Saya sangat mengasihi mereka dan menghargai apa yang telah mereka perjuangkan dan ajarkan kepada saya. Mereka punya pengaruh yang besar dalam semua hal yang saya lakukan dan katakan.

  • Pembentukan mutiara secara alami dimulai ketika zat asing masuk ke dalam tiram antara lapisan dan tempurung, yang menyebabkan lapisan itu merasa terganggu. Seakan-akan tiram itu kemasukan selumbar (serpihan halus). Mutiara saya pun terbentuk dengan cara yang sama.

  • Serpihan-serpihan dalam kehidupan kita mungkin termasuk: kehilangan seseorang yang kita cintai, kehilangan pekerjaan, kecanduan, depresi, gangguan kesehatan atau penyakit, pernikahan yang retak, anak-anak yang bertingkah atau hambatan potensial lainnya.

  • Kita bisa saja menyerah dan berkata, "Percuma saja! Aku tidak bisa terus-menerus begini! Aku muak dengan semua ini! Mengapa ini selalu terjadi kepadaku! Tuhan benci kepadaku!" Atau kita bisa belajar dari tiram seperti banyak wanita yang kita hormati.

  • Reaksi alami tiram itu adalah menutupi bagian yang terganggu itu dengan sesuatu yang kuat dan indah. Tiram itu menutupi gangguan itu dengan lapisan bahan yang sama yang digunakan untuk membuat tempurungnya. Perlahan-lahan proses ini akan membentuk mutiara. Kita juga dapat membungkus masalah hidup kita dengan hati kita yang penuh kasih dan mengubahnya menjadi sesuatu yang kuat dan indah.

  • Kita, kaum wanita, melihat dengan kekaguman pada wanita dengan mutiara. Kita pergi ke gereja dan belajar tentang Ester, Rut dan Ribka dan belajar tentang mutiara kepahlawanan dan kepatuhan. Kita mendengar tentang wanita yang mengadopsi 30 anak atau seseorang yang membawakan kita makanan ketika anak-anak kita sakit dan kita belajar tentang mutiara pelayanan. Kita membaca tentang wanita dengan gelar yang telah memperoleh mutiara kecerdasan. Kita melewati dapur atau panti asuhan dan melihat mutiara belas kasih dan amal.

  • Berikut adalah beberapa hakekat mutiara:

  • Mutiara terlihat kuat dan indah dari luar, tetapi keindahannya dimulai dengan banyak penderitaan. Kebanyakan wanita yang telah mengasuh dan membesarkan saya terlihat kuat dan cantik, tetapi mereka mengalami banyak penderitaan dalam hidup yang mereka rahasiakan. Apa yang mereka ajarkan kepada saya adalah mengambil cobaan hidup saya dan menggunakannya sebagai alat untuk membangun kembali diri saya seperti yang telah mereka alami.

  • Advertisement
  • Mutiara diciptakan untuk dikenakan, bukan untuk dikunci dalam sebuah peti

  • Wanita-wanita yang telah mengasuh dan membesarkan saya menggunakan dan mengembangkan bakat yang mereka miliki. Mereka membagikan, mengajarkan, dan menggunakan bakat mereka demi kebaikan orang-orang yang mereka cintai.

  • Saat Anda mengenakan mutiara, minyak dari tubuh Anda membuat mutiara itu lebih indah, putih, dan berkilau. Ketika saya menerima hadiah berharga ini dari para wanita yang mengasuh dan membesarkan saya, saya menambahkan sedikit mutiara milik saya untuk saya bagikan kepada orang-orang yang saya asuh. Dengan melakukan ini, saya memelihara keindahan mutiara itu dan mengajar orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  • Kita tidak seharusnya membandingkan mutiara kita dengan mutiara orang lain

  • Kadang-kadang saya melihat mutiara wanita lain dan membandingkannya dengan mutiara saya sendiri. Mungkin mutiara saya tidak sebesar atau sesempurna atau seputih mutiara orang lain. Mutiara kebijaksanaan saya tampaknya tidak memadai apabila terlihat bersama mutiara mereka. Pada kenyataannya, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana mutiara itu terlahir dan seberapa besar penderitaan yang mutiara itu telah alami untuk hadir di tengah-tengah kita.

  • Seperti ibu -ibu yang telah membagikan mutiara mereka, saya pun harus membagikan mutiara saya. Ada banyak generasi dan wanita di dunia ini yang dapat merasakan manfaat dan belajar dari mutiara saya. Semakin sering saya membagikan mutiara saya, semakin indah dan berkilau mutiara itu. Dan penderitaan yang saya rasakan untuk mendapatkan mutiara itu, sedikit demi sedikit akan mulai terasa hilang.

  • Maka dari itu, kenakanlah kalung mutiara Anda setiap pagi. Ingat dan hargai pelajaran, kebijaksanaan, dan kekuatan yang mutiara itu berikan kepada Anda. Setiap mutiara tak ternilai harganya. Mutiara-mutiara yang dirangkai bersama menggambarkan kebajikan yang akan membimbing Anda untuk menjalani hidup ini. Renungkan dan pelajari mutiara-mutiara itu, dan jadilah wanita yang lebih baik saat Anda memakainya. Dan jangan pernah takut untuk memberikan beberapa mutiara kepada seseorang yang membutuhkannya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “Wearing the pearls my mother gave me” karya Rebecca Rickman.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Becky Lyn adalah orangtua tunggal, ia menghabiskan waktunya sebagai penulis profesional.

Situs: http://www.beckytheauthor.weebly.com

Mengenakan Mutiara yang Ibu Berikan Kepada Saya

Setiap hari, saat saya bangun pagi, saya membuka kotak perhiasan imajinasi saya dan dengan hati-hati saya mengambil kalung mutiara saya yang indah. Tidak ada orang lain yang bisa melihat mutiara itu kecuali saya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr