Anak Saya Lebih Dekat kepada Pengasuh

Suatu hari anak Anda jatuh ketika sedang bermain, dia menangis tetapi ketika Anda mencoba membujuknya, dia lari mencari pengasuhnya yang kebetulan sedang makan siang. Anda merasa cemburu melihat anak Anda lebih sayang kepada pengasuhnya.

5,064 views   |   shares
  • Anda seorang ibu yang bekerja penuh waktu. Anda dan suami perlu membayar cicilan rumah, mobil, tagihan listrik, telepon, dll. Terpaksa Anda menggaji pengasuh anak, karena anak Anda masih kecil dan ibu serta mertua Anda tinggal di luar kota. Suatu hari anak Anda jatuh ketika sedang bermain, dia menangis tetapi ketika Anda mencoba membujuknya, dia lari mencari pengasuhnya yang kebetulan sedang makan siang. Anda merasa cemburu melihat anak Anda lebih dekat kepada pengasuhnya daripada Anda, ibunya. Waktu si pengasuh mulai bekerja di rumah Anda, anak balita Anda tidak mau mendekatinya, lambat laun karena bujukan yang lembut anak Anda mulai menyukainya. Namun kini dia tidak mau lepas dari si pengasuh, bahkan orang-orang mulai bercanda betapa miripnya dia dengan pengasuhnya. Di bawah ini beberapa saran untuk mengalihkan kasih sayang anak kepada ibunya.

  • Kajilah kebutuhan keluarga Anda

  • Apakah bekerja penuh waktu merupakan keharusan? Anda mungkin perlu membuat anggaran belanja untuk mengetahui kebutuhan keluarga Anda secara tepat. Seandainya perlu, korbankanlah beberapa pengeluaran yang tidak begitu penting. Anda dapat memakai mobil Kijang, tidak perlu Merci, untuk mengurangi pengeluaran misalnya. Bila tetap diperlukan penghasilan tambahan, Anda dapat mencoba bekerja paruh waktu sehingga lebih banyak waktu untuk anak. Percayalah waktu berlalu cepat, sebelum Anda sadari anak Anda sudah kuliah dan tidak bisa lagi Anda timang-timang.

  • Kualitas bukan kuantitas

  • Anda mungkin merasa capai sesudah bekerja seharian dan membiarkan anak Anda bermain dengan pembantu. Banyaknya waktu kadang bukan merupakan jaminan untuk mempererat jalinan kasih sayang antara ibu dan anak. Bisa saja Anda sibuk membaca buku atau menonton TV sendiri, sementara anak Anda bermain bersama pengasuh. Itu bukan cara yang baik untuk melewatkan waktu bersama anak. Anda perlu berinteraksi dengan anak Anda untuk menjalin hubungan batin. Salah satu cara bermutu untuk melewatkan waktu bersama anak Anda ialah dengan mengajarkan sesuatu yang menyenangkan. Entah itu belajar membaca menggunakan komputer atau gambar-gambar yang menarik, atau memasak makanan kecil yang mudah dibuat, atau berenang.

  • Sediakanlah buku anak-anak

  • Anak-anak senang mendengarkan dongeng atau cerita lain yang dapat memperkaya daya khayalnya. Selain itu dengan membaca Anda juga menanamkan kegemaran membaca sejak dini. Anda dapat melakukannya sebelum tidur atau di waktu senggang lainnya. Sering kali kenangan yang muncul setelah anak-anak dewasa ialah dongeng yang dituturkan ibu atau ayahnya sewaktu kecil. Dengan dongeng Anda dapat mengajarkan anak-anak membentuk karakter yang baik. Sesudah lebih dari 20 tahun berlalu, anak penulis masih ingat cerita sebelum tidur tentang 3 serdadu kelaparan di kampung yang penduduknya kikir. Cerita ini berjudul Sup Batu dan menuturkan bagaimana ketiga serdadu itu memutuskan untuk mengisi kuali besar dengan air dan batu. Penduduk kampung yang keheranan tanpa sadar menyediakan satu demi satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup karena terbujuk setiap kali salah seorang serdadu mengatakan, "Ah, betapa lezatnya sup ini seandainya memakai...."

  • Advertisement
  • Anda dapat menjadi lebih dekat dengan anak-anak Anda bila Anda memperhatikan kegemaran atau kebiasaan mereka, mengenal watak mereka dan banyak berbincang dengan mereka. Jangan biarkan anak-anak tumbuh besar di dekat pengasuh mereka. Tugas pengasuh hanyalah menjaga mereka selagi Anda tidak di rumah, bukan sebagai pengganti orang tua.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anak Saya Lebih Dekat kepada Pengasuh

Suatu hari anak Anda jatuh ketika sedang bermain, dia menangis tetapi ketika Anda mencoba membujuknya, dia lari mencari pengasuhnya yang kebetulan sedang makan siang. Anda merasa cemburu melihat anak Anda lebih sayang kepada pengasuhnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr