5 Langkah untuk Menangkap "Ngengat Tabungan"

Tidak lama lalu saya dan suami saya berpikir untuk menyimpan uang, yang berarti memindahkan 200 ribu atau lebih dari tabungan kami ke rekening tabungan terpisah sebulan sekali.

2,719 views   |   shares
  • Tidak lama lalu saya dan suami saya berpikir untuk menabung, yang berarti memindahkan 200 ribu atau lebih dari rekening giro kami ke rekening tabungan sebulan sekali. Kami tidak tahu apa yang sedang kami lakukan. Kami hanya pernah mendengar bahwa menabung itu baik, jadi kami lakukan — selama kira-kira 3 hari. Lalu kami memutuskan bahwa kami memerlukan uang itu, lalu kami menarik kembali tabungan kami.

  • Kami tidak tahu apa pun. Yang menggelikan adalah, pada waktu itu kami telah memiliki rumah dan berpendidikan sarjana. Tebak apa yang terjadi? Tidak satupun dari semua itu yang berarti karena kami masih tidak tahu apa-apa tentang menabung.

  • Beberapa tahun kemudian kami di PHK. Kami kira-kira memiliki 10 juta di rekening kami, dan lowongan pekerjaan tampak suram. Saya tinggal di rumah bersama tiga anak kami. Kehilangan pemasukan itu benar-benar membuat kami melihat masalah keuangan kami dengan pemikiran yang sama sekali baru.

  • Saya dengan bahagia memberitahu bahwa suami saya menemukan pekerjaan lain. Selama beberapa saat hidup kembali normal— sebuah keadaan “normal” baru. Pengalaman itu sungguh membuat kami melihat betapa sangat pentingnya untuk dapat dan hendaknya menabung setiap bulan. Sekarang kami dengan konsisten berusaha mencapai gol menabung. Selama 4 tahun terakhir, kami telah melunasi mobil dan pinjaman bea siswa kami. Kami telah membangun dana darurat yang cukup baik, dan saat ini kami sedang menabung dengan gila-gilaan untuk membayar biaya kelulusan sarjana kami dengan uang tunai.

  • Apakah itu mudah? Tidak sedikitpun. Namun kami telah memiliki semangat menabung dan sekarang kami tidak dapat berhenti menabung. Karena banyak dari Anda, yang bertanya-tanya bagaimana memulai menabung. Bagi mereka yang tidak pernah menabung, berikut adalah 5 langkah spesifik untuk mencapai gol menabung Anda.

  • 1. Analisa anggaran Anda dan putuskan jumlah untuk ditabung

  • Kita semua hendaknya memiliki gagasan yang jelas akan seberapa banyak uang yang masuk tiap bulannya, dan ke mana kita membelanjakan uang itu. Jika Anda tidak memiliki anggaran, buatlah. Ada ribuan free budget worksheets yang tersedia dalam jaringan internet. Untuk jumlahnya, saya menyarankan melakukan salah satu dari dua hal ini. Pertama, jika Anda telah meninjau ulang anggaran Anda dan memiliki uang lebih tiap bulan, saya sarankan mengambil separuh dari jumlah uang itu dan membuatnya sebagai tabungan bulanan Anda. Jika Anda tidak memiliki uang lebih, saya ingin Anda meninjau ulang setiap pengeluaran dari bulan lalu. Temukan pengeluaran apa pun yang tidak penting seperti makan di restoran, belanja di distro, nonton bioskop. Kita berbicara tentang “keinginan” sebagai lawan dari “kebutuhan.” Tambahkan semua pengeluaran ini dan bagi menjadi dua. Itu hendaknya merupakan jumlah yang Anda tabung setiap bulan.

  • Advertisement
  • 2. Mulai dengan jumlah yang KECIL

  • Buatlah itu masuk akal atau realistis. Buatlah jumlah tabungan yang dapat Anda capai selama satu tahun atau kurang. Anda perlu memahami seperti apa rasanya saat mencapai gol menabung. Jika gol Anda tidak tercapai selama 3 tahun dari sekarang, saya berani bertaruh bahwa tabungan Anda akan gagal sebelum gol tabungan Anda tercapai. Umpamanya Anda memutuskan menabung 400 ribu tiap bulan, membawa keluarga Anda berlibur dengan kapal pesiar bukanlah ide yang bagus. Meskipun demikian, membawa keluarga ke Dufan untuk sehari adalah lebih dapat dicapai.

  • 3. Pastikan bahwa gol Anda JELAS dan SPESIFIK

  • “Menyimpan uang” bukanlah gol. Demikian pula dengan “Memiliki dana darurat.” Tulislah beberapa gol finansial yang ingin Anda capai dan pilihlah salah satunya. Buatlah jumlah dalam rupiah, dan tetapkan waktu untuk mencapainya. Untuk menjelaskan contoh ke Dufan di atas, contoh sebuah gol akan seperti berikut: Menyimpan satu juta rupiah selama 8 bulang untuk membawa keluarga berlibur sehari ke Dufan.

  • 4. Menjadikan gol tabungan TERLIHAT

  • Mari gunakan contoh Dufan sekali lagi. Agar menjadikan gol terlihat, saya menyarankan menempelkan gambar Dufan di sekeliling rumah. Tempelkan satu di mobil Anda, jadi sebelum Anda makan makanan cepat sajiAnda akan berpikir dua kali. Tempelkan satu gambar di kartu debit Anda, dan di tempat kerja. Buatlah bagan yang menunjukkan 12 langkah jelas mencapai tujuan Anda. Kemudian, libatkanlah anak-anak Anda sewaktu Anda mewarnai tiap langkah yang Anda telah capai. Percayalah, ketika Anda mulai menabung, Anda memerlukan pengingat visual seperti itu.

  • 5. Buatlah tabungan Anda OTOMATIS dan tidak dapat diakses dengan mudah

  • Bukalah sebuah rekening yang tidak terhubung dengan rekening cek Anda dan memiliki kemampuan untuk melakukan tranfer otomatis. Jika Anda mencoba menyimpan satu juta selama 8 bulan, itu akan menjadi 125 ribu rupiah sebulan. Jika menyisihkan 125 ribu sebulan terlalu berat, bagilah menjadi dua pembayaran sejumlah 62 ribu 500 rupiah. Jadwalkan untuk menarik uang dari rekening Anda segera setelah Anda menerima gaji bulanan Anda. Idenya adalah bahwa ketika muncul masalah keuangan yang tidak diduga, Anda harus mencari cara lain untuk mengatasinya, dan rencana tabungan Anda tidak akan tertanggu.

  • Gagasan di balik 5 langkah spesifik untuk menabung ini adalah bahwa Anda juga akan semangat menabung. Tabungan itu dimulai kecil—sebuah gol untuk 6 bulan saat ini, lalu naik menjadi gol untuk 8 bulan, namun itu akan dengan cepat tumbuh sampai Anda melampaui gol finansial Anda yang tidak pernah Anda bayangkan mungkin terjadi. Perasaan berhasil mencapai gol finansial ini sangat luar biasa; lebih memuaskan dari perasaan apa pun yang saya dapatkan dari terapi apa pun. Inilah cara bagi Anda untuk semangat menabung.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "5 Steps to catching the “savings bug”" karya Jessica Williams.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Jessica Williams is graduate of Utah Valley University and a mother of four rambunctious kids. She blogs about all things food at ButterwithaSideofBread.com and about living on a budget in Utah at UtahDealDiva.com. Contact her at jessica@butter-bread

5 Langkah untuk Menangkap "Ngengat Tabungan"

Tidak lama lalu saya dan suami saya berpikir untuk menyimpan uang, yang berarti memindahkan 200 ribu atau lebih dari tabungan kami ke rekening tabungan terpisah sebulan sekali.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr