Terhubung Kembali dengan Anak Remaja Anda

Bahkan jika itu hanya terjadi sekali seminggu, melawan tren modern dan menjauhkan perangkat elektronik dari keluarga Anda selama beberapa jam, akan menjadikan setiap anggota keluarga lebih bahagia dan semakin terhubung dengan satu sama lain.

1,164 views   |   shares
  • Akhir pekan tiba. Anda tidak tahu di mana anak remaja Anda hingga Anda berseru, “Saatnya makan malam!” Dari seluruh penjuru rumah anak-anak remaja Anda muncul dengan mata merah dari berjam-jam menghabiskan waktu melihat layar komputer atau telepon genggam.

  • Anda ingin terhubung dengan anak remaja Anda dan kehidupan modern tidak memudahkannya. Tantangan bagi orang tua selalu mencakup teman sebaya dan kegiatan ekstra kulikuler, tetapi sekarang layar komputer dan telepon genggam adalah tantangan terbesar Anda. Baik anak remaja Anda sedang sms-an, twitter-an, mendengarkan musik, menonton video maupun bermain , mereka benar-benar terhubung dengan perangkat elektronik mereka. Inilah waktunya untuk mencabut kabel.

  • Sebelum anak remaja Anda protes, beritahu mereka bahwa Anda punya tiga pilihan kegiatan bersama yang dapat membawa keluarga menuju petualangan bersama tanpa perangkat elektronik.

    • Pilihan pertama dirancang untuk mewujudkan waktu bersama keluarga dan menjadikan pekerjaan rumah sebagai kegiatan keluarga yang menyenangkan.

    • Pilihan kedua mencakup kegiatan dengan menggunakan perangkat elektronik: permainan keluarga interaktif seperti kontes karaoke keluarga atau kompetisi menari, atau kegiatan lebih santai seperti nonton film bersama dan pesta pizza.

    • Pilihan ketiga adalah kegiatan penuh petualangan dan kesenangan bersama keluarga.

  • Jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka

  • Cara termudah untuk meluangkan waktu bagi anak remaja Anda (sambil bekerja) adalah untuk menyarankan satu malam di “kantor” bersama keluarga. Ini berarti pergi ke kedai kopi favorit Anda dengan seluruh anggota keluarga membawa proyek (PR) mereka masing-masing.

  • Anak-anak remaja saya dan saya berkumpul di bilik jendela favorit kami dan membuka komputer dan buku masing-masing. Saya membeli minuman dan kami semua duduk bersama dengan damai selama beberapa jam sambil mengerjakan proyek masing-masing, seringkali sambil bertanya atau berbagi lelucon. Anak-anak remaja saya suka kegiatan sekali seminggu ini. Kami menjadi terhubung dan menyelesaikan tugas pada saat yang bersamaan. Bahkan anak saya yang berusia 6 tahun bergabung dengan kami. Dia membaca atau menggambar.

  • Berbagi layar

  • Jika di luar sedang hujan dan keluarga Anda ingin bermain di dalam rumah, tantanglah remaja Anda untuk melakukan kompetisi interaktif karaoke atau menari. Biarkan anak remaja Anda memilih lagu-lagunya. Anda akan terkejut melihat betapa anak-anak Anda akan menikmati mengalahkan tarian Anda. Atau, jika keluarga Anda lebih suka musik daripada gerak tubuh, kejutkan anak remaja Anda dengan menyanyikan lagu favorit mereka dengan sempurna selama kompetisi karaoke rumah.

  • Advertisement
  • Jika keluarga Anda sedang ingin bersantai saja, mintalah anak remaja Anda memilih sebuah film dan mengadakan acara nonton bareng keluarga dan pesta pizza. Nikmati film bersama sambil makan pizza dan es krim buatan sendiri.

  • Bermain tanpa perangkat elektronik!

  • Bagi yang berjiwa petualang (setelah anak remaja Anda menerima gagasan waktu bersama keluarga), daftarkan seluruh keluarga untuk kelas olahraga akhir pekan. Pilihlah sesuatu yang agak eksotis dan baru bagi Anda. Cobalah tenis, menyelam, panjat tebing, atau berlayar – apa pun yang cukup berani Anda lakukan.

  • Satu hari di danau belajar berlayar adalah cara luar biasa untuk saling terhubung. Setiap orang akan memiliki setidaknya satu keterampilan yang dimahirinya, baik itu menghafal berbagai kecepatan berlayar, mengemudi kapal atau cepat tanggap setelah kapal terbalik. Ketika semua anggota keluarga masih pemula, belajar keterampilan bersama adalah kegiatan yang menyenangkan.

  • Anda dapat menjadikan petualangan akhir pekan keluarga Anda sebagai bagian teratur dari rutinitas keluarga. Cobalah merencanakan hari Sabtu terakhir setiap bulannya untuk kegiatan baru bagi keluarga. Biarkan setiap anggota keluarga bergantian memilih petualangan akhir pekan (Anda dapat menetapkan batasan anggaran dan waktu).

  • Bahkan jika itu hanya terjadi sekali seminggu, melawan tren modern dan menjauhkan perangkat elektronik dari keluarga Anda selama beberapa jam, akan menjadikan setiap anggota keluarga lebih bahagia dan semakin terhubung dengan satu sama lain.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Reconnect with your plugged-in teens" karya Mix Hart.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melissa Mix Hart has a BEd degree and a MA degree from the University of British Columbia. She is a mother of three daughters. Read more from Mix on Modernista Mama: mixhart.ca/blog/ Contact her at mixhart@gmail.com

Terhubung Kembali dengan Anak Remaja Anda

Bahkan jika itu hanya terjadi sekali seminggu, melawan tren modern dan menjauhkan perangkat elektronik dari keluarga Anda selama beberapa jam, akan menjadikan setiap anggota keluarga lebih bahagia dan semakin terhubung dengan satu sama lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr