Saran Berhemat untuk Keluarga Besar

Jangan membuang-buang uang untuk pakaian. Rata-rata, seorang anak hanya memerlukan tiga sampai empat pasang celana dan lima sampai enam baju. Jika lantai mereka selalu dipenuhi dengan pakaian, pertimbangkan kembali untuk menguranginya.

2,066 views   |   0 shares
  • Sebagai keluarga besar dengan tujuh orang, kami selalu mencari uang – ide berhemat untuk membantu mengelola keuangan kami lebih lanjut. Tiga hal utama dimana kami selalu menghabiskan gaji kami tiap bulan adalah untuk keperluan makan, pakaian dan tempat tinggal.

  • Berikut adalah daftar saran untuk membantu keluarga besar mengelola keuangan yang berkaitan dengan tiga hal utama dalam kehidupan keluarga.

  • Makanan

  • Kurangi mengkonsumsi daging, perbanyak makan biji-bijian karena ini merupakan sumber protein yang penting. Juga, lebih baik ayam dicincang daripada menyajikan sepotong dada ayam utuh dan sisanya masih bisa digunakan untuk makanan yang lain. Simpan buah-buahan dan sayuran di lemari pendingin agar tahan agak lama. Pastikan untuk memperhatikan transaksi dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Beli makanan atau barang kebutuhan secara kulakan daripada eceran. Jangan membeli barang bermerek.

  • Pakaian

  • Beli pakaian bekas jika memungkinkan. Ini sebenarnya bagian dari gerakan “go green” Jangan membuang-buang uang untuk pakaian. Rata-rata, seorang anak hanya memerlukan tiga sampai empat pasang celana dan lima sampai enam baju. Jika lantai kamar mereka selalu dipenuhi dengan pakaian, pertimbangkan kembali untuk menguranginya. Jangan pernah meremehkan nilai sebuah kupon potongan. Bagaimana pun juga, jika sudah waktunya untuk membeli pakaian saya mencari yang ada diskonnya untuk bisa saya manfaatkan. Kalau Anda belanja untuk seluruh keluarga, bayangkan berapa yang bisa Anda hemat.

  • Tempat tinggal

  • Hematlah dalam mengunakan listrik Gunakan lampu hemat energi. Hindari untuk berlangganan jika hanya sekedar ingin menonton film atau acara kesukaan Anda tapi beralihlah menggunakan internet. Jika Anda menyukai pertunjukan tertentu, Anda bisa melakukannya dengan streaming langsung dari internet. Jika tiba saatnya untuk merayakan hari ulang tahun dan hari-hari khusus lainnya, ketahui apa yang anak-anak Anda inginkan, dan belanjalah saat ada obral. Sebagai contoh, tahun ini, anak-anak perempuan saya menginginkan mainan yang sedang populer (sangat disukai oleh anak-anak perempuan sebaya anak-anak saya). Tentunya anak-anak saya ingin segera memilikinya sebelum mainan tersebut tidak populer lagi. Untungnya ada promo “beli satu gratis satu” pada penjualan minggu lalu, yang mana sangat menguntungkan bagi saya.

  • Memiliki keluarga yang besar bisa menjadi sangat mahal, tapi dengan menggunakan ide berhemat ini, keluarga Anda tetap bisa memiliki sedikit cadangan uang di dompet mereka.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Money saving ideas for large families” karya Tiffany Fletcher.

Bantu kami menyebarkan

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Saran Berhemat untuk Keluarga Besar

Jangan membuang-buang uang untuk pakaian. Rata-rata, seorang anak hanya memerlukan tiga sampai empat pasang celana dan lima sampai enam baju. Jika lantai mereka selalu dipenuhi dengan pakaian, pertimbangkan kembali untuk menguranginya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr