Permainan Dapat Menjadi Tradisi Keluarga

Mengadakan permainan adalah cara yang tepat untuk mempererat hubungan keluarga dan membina kenangan yang membekas. Berikut ini beberapa saran untuk memulainya.

668 views   |   0 shares
  • Saya bahkan tidak ingat lagi kapan pertama kali kami sekeluarga bermain Sludge Pit Monster (Membangunkan Monster Tidur). Dimulai dari main gelitik, kemudian menjadi kejar-kejaran dan diakhiri dengan banyak geraman untuk menakut-nakuti, teriakan dan gelak tawa. Peraturan mainnya cuma sederhana: Monster (biasanya ayah) pura-pura tidur di sofa. Dengkuran yang keras diwajibkan. Anak-anak berjingkat-jingkat menghampiri sedekat mereka berani dan kemudian berteriak bersama-sama "Bangun, Monster, bangun!" Monster menggeram dan mengejar anak-anak yang lari mencari perlindungan ke kamar lain. Monster lalu sembunyi di tempat yang berbeda-beda sementara anak-anak mencari dan menggodanya sampai akhirnya lari tersebar ke seluruh penjuru rumah. Jika seorang anak tertangkap, dia disekap di sebuah kamar sampai seorang saudaranya membebaskannya. Permainan ini berakhir ketika semua anak sudah tertangkap oleh monster. Ini biasanya makan cukup banyak waktu.

  • Permainan keluarga, terutama yang diciptakan di rumah, dapat membina kenangan yang luar biasa. Permainan seperti ini tidak memerlukan biaya, menyenangkan dan membuat kita aktif. Bila sudah sore kita dapat memasang alarm untuk memberitahu kapan saatnya permainan ini mesti berakhir. Dapat berlangsung singkat selama 15 menit saja...atau bisa juga makan waktu berjam-jam.

  • Inilah beberapa permainan yang menjadi kegemaran keluarga kami selama bertahun-tahun.

  • Membangunkan Monster Tidur

  • Lincoln Hide and Seek (Main sembunyi-sembunyian gaya Lincoln)

  • Permainan ini variasi dari permainan klasik yang dinamai begitu karena anak bungsu kami, Lincoln, yang baru berumur 2 tahun selalu menunjuk ke arah orang yang sembunyi. Permainan ini dimulai dengan hitungan sampai sepuluh dengan suara yang keras selagi anak-anak sembunyi. Dengan cepat mereka menemukan tempat sembunyi yang gampang dan memanggil-manggil nama Lincoln (dapat diganti dengan nama lain) setiap beberapa detik. Bila dia menemukan seorang anak, mereka berdua bersama-sama akan mencari anak berikutnya. Anak-anak kami menyukainya, terutama si kecil Lincoln. Ini permainan menyenangkan yang dapat melibatkan anak-anak balita.

  • Janitor (Tukang Bebersih)

  • anak-anak belajar permainan ini dari perkemahan yang mereka ikuti musim panas lalu dan mereka menyukainya. Anggota keluarga berkumpul di satu kamar dan berdiri dengan berbagai pose, seperti patung. "Janitor" masuk membawa kemucing (alat penyapu debu dari bulu ayam) dan mulai mengebut debu dari patung-patung itu. Ketika Janitor berbalik, para pemain mengubah pose diam-diam. Jika ada yang tertangkap basah sedang bergerak, pemain itu tidak boleh ikut bermain lagi. Patung yang terakhir menjadi Janitor. Gaya pose para pemain sangatlah lucu.

  • Advertisement
  • Ada sederet permainan yang kami sekeluarga lakukan begitu lama sampai menjadi tradisi. Setiap anak memiliki favoritnya masing-masing. Untuk memilih permainan, kami menuliskan pilihan kami di secarik kertas kecil, mengocok serta mengundi permainan mana yang akan kami adakan malam itu. Tidak peduli apa yang kami mainkan, permainan itu selalu meninggalkan kenangan yang manis. Dan manfaat tambahannya, semua orang capai sehingga bisa tidur pulas.

  • Cobalah. Satu malam di minggu ini biarkan anak-anak mencoba lari dari kejaran Monster. Lebih bagus lagi, ciptakan permainan keluarga Anda sendiri.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "Family games can become family traditions" karya Jeff Wheeler.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Jeff has a master's degree in medieval history and an MBA from San Jose State University. He is the author of the Muirwood Trilogy, Fireblood, Landmoor, Silverkin, and numerous stories and articles for the fantasy e-zine Deep Magic.

Permainan Dapat Menjadi Tradisi Keluarga

Mengadakan permainan adalah cara yang tepat untuk mempererat hubungan keluarga dan membina kenangan yang membekas. Berikut ini beberapa saran untuk memulainya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr