Apakah Anak Remaja Anda Tahu Betapa Berharganya Nilai-Nilai Itu?

“Cobalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi jadilah manusia yang berharga.”

996 views   |   shares
  • Albert Einstein yang hebat menyatakan, “Cobalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi jadilah manusia yang berharga.” Kita tidak boleh mengesampingkan pentingnya mengajar anak-anak kita betapa vital untuk memiliki nilai pribadi, kemudian hidup dengan nilai-nilai tersebut. Semakin awal kita mulai melakukannya, semakin baik kesempatan akan kita miliki dalam meyakinkan anak-anak kita agar memiliki nilai-nilai sebagai dasar mereka yang memungkinkan mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.

  • Nilai-nilailah yang pada akhirnya menegaskan siapakah kita sebenarnya. Nilai-nilai kita akan berimbas pada setiap keputusan yang kita buat atau yang kita tidak buat. Jika demikian, alasannya adalah sangat penting untuk diketahui nilai-nilai apakah yang mampu mengajar anak-anak Anda betapa berharganya mereka. Sewaktu kita mengidentifikasi nilai-nilai kita, kembangkanlah, kemudian jalankan atau terapkanlah setiap harinya, kita akan lebih memiliki kekuatan. Adalah suatu berkat ketika anak-anak dapat merasakan kekuatan ini terutama ketika mereka berhadapan dengan begitu banyaknya keputusan penting sehari-harinya. Berikut ada 4 cara yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak Anda mengenai berharganya nilai-nilai.

  • Pahamilah bagaimana keyakinan membawa ke nilai-nilai

  • Keyakinan kami datang dari apa yang kami alami dalam kehidupan kami. Hal ini hampir seperti datang dari hal-hal yang kami pikirkan, kami lihat, kami rasakan, kami dengar atau dari hal-hal yang tidak kami lakukan. Sewaktu kami mengalami situasi yang berbeda dalam kehidupan kami, kami akan tetap percaya. Keyakinan ini akan segera menjadi nilai-nilai kami sewaktu kami memperkuatnya. Bantulah anak-anak Anda memahami bahwa ada begitu banyak hal yang akan mempengaruhi mereka dan apa yang mereka percayai. Yang pada gilirannya akan berimbas pada apa yang mereka nilai, adalah penting. Nilai Anda sebagai orang tua akan meningkat sewaktu Anda membantu putra atau putri Anda mengembangkan sebuah kekuatan dasar keyakinan.

  • Bagikan apa yang Anda hargai kepada anak-anak Anda

  • Berikut ini adalah saat ketika Anda harus melakukan pemeriksaan diri untuk memastikan Anda benar-benar mengetahui nilai-nilai pribadi Anda; mengapa hal-hal tersebut sangat penting, dan menjadi nilai-nilai utama Anda, Anda akan membuka jalur komunikasi dan kepercayaan yang signifikan. Apa manfaat tambahan bagi Anda dan anak Anda ketika hubungan ini dapat mengambil manfaat atau perbaikan baru. Membagikan nilai-nilai Anda menunjukan Anda peduli dan sama sebagai dampaknya, Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

  • Advertisement
  • Bantu anak Anda memulai untuk mengenali nilai-nilai pribadi mereka

  • Sekali Anda telah mengambil kesempatan untuk menyediakan kejelasan tentang bagaimana keyakinan mampu membawa ke nilai-nilai, Anda akan ingin untuk mengambil kesempatan untuk menolong putra atau putri Anda memulai untuk mengenali beberapa dari nilai-nilai mereka. Anda mungkin akan terkejut betapa banyak mereka telah berpikir mengenai hal ini. Keinginan tulus Anda untuk membantu anak-anak Anda mengenali nilai-nilai pribadi mereka akan membuka pintu gerbang komunikasi dan hubungan yang lebih kuat. Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah beberapa pertanyaan yang berguna untuk membantu mengenali nilai-nilai pribadi seseorang.

  • Kapan saat Anda paling bahagia? Apa yang memberi Anda perasaan terbesar atas prestasi dan kesuksesan? Siapakah orang-orang, teman, guru, pemimpin, orang tua, saudara kandung yang Anda peduli dan mengapa? Apa yang Anda harapkan untuk dicapai pada minggu berikutnya, sebulan berikutnya, 3 bulan berikutnya?

  • Sewaktu pertanyaan-pertanyaan ini terjawab, dan lainnya yang mungkin Anda miliki untuk membantu langkah penting ini, Anda akan mampu melihat daftar apa yang harus menjadi daftar pertama dari nilai-nilai. Jadilah penuh pertimbangan dan teratur sewaktu Anda melakukan latihan ini sehingga tidak ada perasaan terburu-buru.

  • Memimpin dengan teladan

  • Tidak ada yang bisa lebih berpengaruh dalam mengajar anak-anak Anda berharganya nilai-nilai mereka daripada memimpin dengan teladan. Jika Anda mengatakan Anda menghargai suatu hal kemudian melakukan hal yang sebaliknya, Anda sedang mengajar anak Anda banyak pelajaran yang tidak ada faedahnya untuk Anda berdua. Jika Anda menghargai cinta, maka Anda perlu menunjukkannya dengan memberi putra atau putri Anda sebuah pelukan, berbicara dengan mereka, dan meluangkan waktu bersama mereka. Dengan hanya mengatakan Anda mencintai mereka tidaklah cukup. Tindakan Anda akan memiliki pengaruh yang kuat pada keyakinan kedua belah pihak dan nilai-nilai anak-anak Anda jadi jadilah pelayan yang bijaksana pada tanggung jawab yang menakjubkan ini.

  • Orang tua saya adalah teladan yang luar biasa dalam mengajar saya nilai-nilai dengan menjalankannya. Saya tidak pernah bertanya di mana mereka berdiri ketika tiba saatnya membuat keputusan penting. Mereka telah menetapkan nilai-nilai mereka dan bekerja secara teratur untuk mengembangkan dan mempertingginya. Ibu saya menghargai banyak hal. Namun, satu hal yang dia benar-benar utamakan adalah mengambil setiap kesempatan untuk mengajar kami anak-anaknya.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Does your teen know the value of values?” karya Seth Saunders.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Seth Saunders is an executive business consultant and leadership coach. Seth has been married 18 years to his amazing wife, Amber, and is the proud father of three wonderful sons. He is passionate about helping others succeed.

Apakah Anak Remaja Anda Tahu Betapa Berharganya Nilai-Nilai Itu?

“Cobalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi jadilah manusia yang berharga.”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr