3 Cara untuk Tahu Apakah Anda Hidup Sesuai dengan Kemampuan Anda

Terkadang, sulit bagi kita untuk tahu persis apa artinya hidup sesuai dengan kemampuan kita, tetapi meskipun ini terdengar terlalu keras, kita perlu belajar melakukannya.

26,147 views   |   26 shares
  • Terkadang, sulit bagi kita untuk tahu persis apa artinya hidup sesuai dengan kemampuan kita, tetapi meskipun ini terdengar terlalu keras, kita perlu belajar melakukannya.

  • "Kemampuan" berarti sumber daya tersedia yang kita miliki, terutama uang. Jadi, bagaimana kita hidup sesuai dengan uang yang kita miliki? Sederhana saja. Pengeluaran kita harus lebih kecil dari pemasukan! Itulah rahasianya, dulu dan sekarang. Terlepas dari jumlah pemasukan kita, kurangilah pengeluaran.

  • Ada tiga pertanyaan mudah untuk Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri yang akan menolong Anda tahu apakah Anda benar-benar hidup sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Pertama

  • Apakah Anda berhutang uang pada orang lain? Ini tidak termasuk hutang jangka panjang seperti harga total rumah atau mobil Anda (Namun, sangatlah mungkin untuk membeli rumah atau mobil yang jauh di luar kemampuan Anda, jadi berhati-hatilah).

  • Kedua

  • Apakah Anda mampu membayar semua tagihan bulanan Anda? Selanjutnya, mampukah Anda terus membayar semua tagihan itu selama enam bulan ke depan?

  • Ketiga

  • Apakah hutang Anda bertambah atau berkurang setiap bulannya? Jika Anda punya utang, apakah itu dibayar tanpa menimbulkan hutang lebih lanjut? Dapatkah Anda membayar semua tagihan Anda dan punya uang tersisa pada akhir bulan? Jika iya, Anda memang hidup sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Lalu, jika Anda punya hutang dari kartu kredit atau menjaminkan rumah Anda, Anda mesti bertanya kepada diri Anda sendiri mengapa Anda punya hutang itu. Jika itu adalah akibat dari satu kali pembelian, dan Anda berencana untuk melunasinya segera, bukan masalah. Di sisi lain, jika Anda telah berkali-kali menggunakan rumah Anda sebagai jaminan agar dapat melakukan pembayaran atau pembelian, Anda punya masalah.

  • Menggunakan hutang untuk membayar hutang biasanya bukanlah ide bagus. Itu sama saja seperti gali lubang, tutup lubang. Masalahnya Anda akan sadar bahwa untuk menutup lubang baru, Anda akan memerlukan lebih banyak tanah, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan punya satu lubang besar padahal Anda sudah kehabisan tanah.

  • Satu-satunya cara untuk bebas dari utang adalah untuk menambah pemasukan Anda atau mengurangi pengeluaran Anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Jika Anda hanya agak sedikit boros, cara termudah adalah untuk menganalisa dan mengurangi pengeluaran Anda. Misalnya, Anda dapat memasak makanan di rumah daripada membeli makanan di luar, atau Anda dapat beralih menggunakan kendaraan umum untuk menghemat uang bensin Anda.

  • Advertisement
  • Jika pengeluaran Anda jauh lebih besar dari pemasukan Anda, Anda perlu melakukan perubahan besar. Pekerjaan baru dengan gaji lebih besar atau pekerjaan sampingan dapat menjadi solusi bagi masalah Anda. Anda dapat menggabungkan upaya dan mengurangi pengeluaran sementara mengambil pekerjaan sampingan. Ini adalah keputusan-keputusan sulit dan Anda perlu mempertimbangkannya baik-baik. Terlepas dari penyebabnya, jika pengeluaran Anda lebih besar dari pemasukan Anda, Anda harus melakukan sesuatu untuk memperbaikinya segera atau Anda dapat berakhir dengan lubang besar yang tidak akan pernah mampu Anda tutup.

  • Saya tahu ini kedengarannya terlalu keras, tapi hiduplah sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "3 ways to tell if you are living within your means" karya Lyman Rose.

Bantu kami menyebarkan

Lyman Rose is the author of 5 books including "Winning the War Against Debt" and coauthor of "The Debt Stacker" software. He is a graduate of Brigham Young University and owner of Creative Promotions in Bountiful, Utah.

3 Cara untuk Tahu Apakah Anda Hidup Sesuai dengan Kemampuan Anda

Terkadang, sulit bagi kita untuk tahu persis apa artinya hidup sesuai dengan kemampuan kita, tetapi meskipun ini terdengar terlalu keras, kita perlu belajar melakukannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr