Cara Memilih Guru Les Piano

Penelitian menunjukkan bahwa belajar memainkan alat musik memiliki manfaat kognitif yang menyebar di banyak bidang yang tidak diperkirakan, termasuk peningkatan kemampuan dalam bidang matematika dan daya pikir.

2,298 views   |   shares
  • Ribuan anak dan orang dewasa belajar untuk memainkan piano. Manfaatnya banyak: Penelitian menunjukkan bahwa belajar memainkan alat musik memiliki manfaat kognitif yang menyebar di banyak bidang yang tidak diperkirakan, termasuk peningkatan kemampuan dalam bidang matematika dan daya pikir. Disamping menambah kultur dan perbaikan pada kehidupan mereka, murid yang belajar piano belajar hal-hal yang baik tentang kerja, ketelatenan, serta upah yang datang melalui upaya dan pencapaian tersebut.

  • Di kebanyakan kawasan hunian, ada banyak pilihan guru piano. Ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mencari guru yang tepat untuk anak-anak Anda atau bahkan Anda sendiri.

  • Lokasi

  • Dengan kesibukan di zaman sekarang, guru yang tinggal tidak terlalu jauh merupakan manfaat besar. Beberapa guru bahkan bersedia datang ke rumah Anda untuk memberi pelajaran, meskipun hal ini tidak terlalu umum.

  • Ijazah

  • Beberapa guru telah mengikuti pelatihan khusus untuk mengajar piano, dengan gelar kesarjanaan dalam jurusan pedagogi piano atau jurusan terkait lainnya. Pastikan untuk mempertimbangkan pengalaman mengajar yang dimiliki oleh calon guru tersebut.

  • Referensi

  • Jika Anda mencari guru untuk anak-anak Anda, pastikan untuk mencari referensi dari anak-anak lain. Orang ini akan menghabiskan waktu secara pribadi bersama anak Anda dan kadang-kadang hanya sendirian saja, jadi referensi dari orang lain adalah penting. Jika menurut Anda mungkin akan ada masalah, maka lebih baik mencari guru lain. Lebih baik selalu waspada.

  • Harga

  • Bayaran guru les seringkali disesuaikan dengan ijazah dan pengalaman guru tersebut, dan kebanyakan, peribahasa lama “ada rupa, ada harga” berlaku. Jika sedikit mahal berarti Anda akan mendapatkan guru yang lebih baik, maka pertimbangkan hal itu.

  • Ingatlah bahwa sebenarnya Anda mempekerjakan guru tersebut untuk memberikan suatu jasa. Cari tahu terlebih dahulu kebijakan guru tersebut mengenai cara berlatih, bayaran, pertunjukan, dan lain-lain, dan jika ada hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, maka sangatlah pantas untuk berembuk dengan guru tersebut untuk mengubah caranya atau mencari orang lain saja.

  • Mencari guru yang sedang memiliki waktu luang berbeda untuk tiap daerah. Beberapa guru mengiklankan dirinya di surat kabar atau internet. Toko-toko alat musik setempat sering menyediakan daftar guru-guru les. Di banyak daerah terdapat perkumpulan dan asosiasi guru yang dapat mengarahkan Anda kepada guru yang sedang memiliki waktu luang. Salah satu cara untuk mencari guru yang baik adalah bertanya kepada teman dan tetangga untuk memperoleh rekomendasi. Ingat juga bahwa guru-guru yang terkenal sering mempunyai daftar tunggu. Meskipun demikian Anda dapat mendapatkan pelajaran dari guru lain sementara menunggu giliran Anda. Mungkin perlu waktu karena banyak murid yang tetap belajar dari guru yang sama selama bertahun-tahun, dan perubahan seringkali dibuat hanya pada akhir tahun sekolah.

  • Advertisement
  • Merupakan ide yang baik juga bila mempertimbangkan guru untuk suatu masa uji coba. Kejutan keberhasilan seorang murid berawal dari hubungan pribadi antara guru dan murid. Jika tampaknya tidak cocok, ganti gurunya. Jika aturannya terlihat cocok, maka berharaplah akan manfaat musik dalam kehidupan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to choose the right private teacher for piano” karya Margot Hovley.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Cara Memilih Guru Les Piano

Penelitian menunjukkan bahwa belajar memainkan alat musik memiliki manfaat kognitif yang menyebar di banyak bidang yang tidak diperkirakan, termasuk peningkatan kemampuan dalam bidang matematika dan daya pikir.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr