Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Mengajar Anak Kita tentang Uang?

Apakah Anda ingin melewatkan ujian masalah uang? Jika Anda tidak membahasnya, bagaimana anak Anda akan mengetahuinya?

1,856 views   |   shares
  • Tanya: “Apa yang harus kita lakukan untuk mengajar anak kita mengenai uang?”

  • Jawab:

  • Orang tua saya sangat merahasiakan masalah uang. Kenyataannya, dalam membahas hal ini dengan orang lain, saya percaya bahwa hal itu masih normal saja bagi generasi orang tua saya. Anda hanya tidak berbicara tentang masalah uang dengan anak Anda. Saya dapat memahaminya. Anda hanya tidak ingin si kecil Rani pergi ke sekolah keesokan harinya bercerita “Coba tebak! Ayah saya baru dipotong gajinya, dan sekarang dia hanya mendapat gaji 5 juta sebulan.” Kita semua punya mimpi buruk mengenai yang satu itu.

  • Meskipun demikian, tidak menjelaskan kepada anak-anak kita mengenai uang bukanlah jawabannya. Mengapa penting untuk mengajar anak-anak mengenai uang? Karena mereka akan menghabiskan hidup mereka dengan mengkhawatirkan mengenai uang. Pengetahuan, persiapan, dan pengalaman dapat menghapus banyak masalah yang akan mereka hadapi dalam kehidupan mereka. Itu dapat menyelamatkan pernikahan mereka. Pikirkan hal itu. Uang bukan alasan utama perceraian, meskipun demikian kita meluangkan terlalu sedikit waktu untuk mempersiapkan anak-anak kita untuk mengatasinya.

  • Sadarilah Anda adalah satu-satunya orang yang perlu untuk mengajari mereka

  • Ini adalah area utama di mana anak yang dewasa kesulitan menjadi mandiri. Banyak yang telah diajar dasarnya dan hanya sedikit atau tidak berpengalaman mengenai cara mengatur uang atau pekerjaan. Kebanyakan dari kita tidak terlalu menghargai pengetahuan mengenai uang ini sampai kita pindah dari rumah orang tua kita. Sayangnya, kita tidak cukup baik membekali anak-anak kita.

  • Kita dapat secara luas melindungi privasi kita dengan tidak membahas asas-asas krusial yang anak kita perlu tahu dan pahami. Masalah besar lainnya adalah banyak dari kita merasa tidak nyaman dengan pemahaman pribadi kita mengenai masalah keuangan, dan coba untuk menghindarinya sebisa mungkin. Meskipun demikian, adalah sangat sulit untuk mendidik anak untuk mandiri.

  • Sebelum kita mulai mengajar anak kita mengenai masalah keuangan, adalah penting bahwa kita memahami posisi kita sebagai orang tua dalam masalah ini.

  • Filosofi tentang uang dalam keluarga

  • Ide yang baik untuk membahas dengan pasangan Anda mengenai filosofi pernikahan Anda mengenai uang. Anda mungkin berpikir jika memilikinya. Apakah Anda menikah, dan berlalu begitu saja dari slip gaji ke slip gaji dan kartu kredit ke kartu kredit yang lain? Apakah Anda yang penabung atau penghambur? Bagaimana perasaan Anda mengenai uang? Apakah itu menakutkan Anda sampai Anda mencoba untuk menghindari topik mengenai uang dan berharap uang pensiun datang dan membuat semuanya aman? Bagaimana Anda MENANGANI uang? Hal-hal ini adalah hal yang sempurna untuk dibahas dan dipahami.

  • Advertisement
  • Anda mungkin membayangkan bagaimana ini penting sebelum mengajar anak Anda. Tidak ada yang lebih membingungkan daripada diajar oleh guru yang tidak memahami apa yang diajarkan. Lebih buruk lagi, diajar oleh dua guru yang tidak saling sepaham. Sangat tidak membantu. Jika satu pasangan terus menekankan mengenai menabung dan yang lain hanya merusaknya dengan menghamburkan, Anda dapat melihat bahwa anak-anak akan sangat bingung.

  • Rencanakan untuk mengajar anak mengenai uang — bukan dengan cara yang rumit

  • Anda dapat membuat rencana cara mengajar anak Anda mengenai uang, atau Anda dapat merencanakan untuk berharap mereka akan mempelajarinya di suatu tempat. Kemudian, rencanakan untuk meminjami mereka uang ketika mereka menghadapi masalah. Saya bingung dengan orang tua yang tidak bisa duduk lebih dari 2 detik untuk membahas hal ini dan bertanya-tanya mengapa anak mereka ketagihan menggunakan kartu kredit dan cek. Tidak apa-apa. Hari ini adalah hari yang baik untuk memulai.

  • Ajari mereka dasarnya

  • Untuk memulai, pikirkan kembali bagaimana Anda diajari mengenai uang. Kapan orang tua Anda mulai mengajar Anda? Apa yang berhasil? Apa yang tidak? Apa yang akan Anda ubah?

  • Saya ingat saat sangat terkejut mengenai tagihan PLN dan PAM, dll, ketika pertama kali menerimanya. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan mungkin saya tidak dapat berpikir. Ketika tagihan itu tiba, saya ketakutan. Saya ingat saudara saya diajari dengan cermat mengenai menabung. Di sisi lain, saya tidak ingat memiliki satu pun percakapan mengenai cara menabung, dan mengapa harus menabung? Atau, untuk hal apa saya menabung? Saya berakhir dengan kebiasan menghamburkan uang yang perlu 20 tahun untuk memperbaikinya.

  • Saya ingat ibu dengan hati-hati mengajari saya berbelanja dan menjadi hemat — dia adalah pembeli yang hebat. Dia pandai menawar. Dia mengajar saya keterampilan yang hebat. Saya yakin Anda dapat memikirkan banyak kejadian yang mengajar mengenai uang dalam kehidupan Anda bersama orang tua Anda.

  • Dan juga, adalah baik untuk duduk bersama dan membahas hal yang Anda ingin anak Anda pelajari dan pahami dan mungkin beberapa hal yang terjadi mengenai uang.

  • Sebagai orang tua, sangat penting bahwa kita merencanakan mengajar dan melatih anak kita mengenai cara menangani uang dan masalah keuangan. Ada banyak sumber yang tersedia di internet. Yang diperlukan hanya orang tua yang duduk, membahas dan merencakan. Lalu setelah itu Anda bisa memulai.

  • Dari semua yang kita ajar kepada anak kita, mereka akan sangat tertarik mengenai ini. Jadi mulailah sekarang. Hal terbaik untuk memulai adalah “Nak, kita ingin berbicara mengani uang. Apa yang ingin kamu tahu? Dia akan tertawa dan menjawab, “Berapa banyak yang akan saya terima dan kapan?” Lalu, pembahasan dapat dimulai.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Q and A: What should we do to teach our kids about money?" karya Merrilee Boyack.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Merrilee Boyack is a mom of four sons, grandma to two and an attorney, author, and professional speaker. Email at: maboyack@gmail.com. Website: MerrileeBoyack.com

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Mengajar Anak Kita tentang Uang?

Apakah Anda ingin melewatkan ujian masalah uang? Jika Anda tidak membahasnya, bagaimana anak Anda akan mengetahuinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr