5 Kebenaran tentang Ibu

Para ibu adalah mentor untuk para pemimpin masyarakat. Mereka berpengaruh dalam membawa perubahan, apakah itu pengaruh wanita terhadap suaminya, atau pengaruh seorang ibu kepada anaknya, kekuatan terletak di tangan seorang ibu.

3,922 views   |   7 shares
  • Abraham Lincoln suatu kali pernah berkata “Semua yang saya capai, atau yang akan saya capai, adalah berkat ibu saya yang seperti malaikat.” Di dalam kutipan ini, Lincoln menyimpulkan indahnya peranan seorang ibu dalam kehidupan anak-anak mereka. Pengorbanan seorang ibu tidak hanya mempertaruhkan nyawa selama sembilan bulan, tetapi mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit, menyelesaikan masalah, menawarkan nasihat, dan mencintai tanpa syarat. Tidak ada anggota masyarakat yang begitu piawai dalam kemampuan untuk membuat perbedaan besar dan perubahan langgeng dalam kehidupan orang yang dia layani, kecuali seorang ibu. Ada banyak kebenaran tentang para ibu. Berikut adalah lima hal yang cukup menonjol bagi saya.

  • 1. Para ibu bagaikan lem super yang mampu merekatkan hubungan seluruh anggota keluarga

  • Di dalam kehidupan sehari-hari, ibu benar-benar adalah penjaga jadwal. Mereka menyiapkan makanan, memakaikan baju kepada anak-anak, menyiapkan bekal, secara rutin menjadi pengantar, membuat jadwal janji dengan dokter, belanja ke pasar, menjalankan tugas membersihkan rumah, menjadi penghibur, membantu mengerjakan pekerjaan rumah, memecahkan masalah dan menjadi pendengar yang baik. Tetapi bukan cuma ini yang dilakukan seorang ibu untuk mempertahankan kesatuan keluarga. Di dalam masa pencobaan, adalah kekuatan seorang ibu yang mendukung suami dan anak-anaknya, adalah iman seorang ibu yang menjaga kepercayaan mereka dan adalah cinta seorang ibu yang menjaga keutuhan keluarganya. Amos Bronson Alcott mengatakan, “Di mana ada seorang ibu di rumah, masalah berlalu.”

  • 2. Ibu memiliki kekuatan untuk memperbaiki apa yang telah rusak

  • Masyarakat saat ini penuh dengan perselisihan. Ada korupsi di pemerintahan, kekerasaan di sekolah, dan kekacauan di sekitar kita. Para ibu di masyarakat memiliki kekuatan dan kemampuan untuk memperbaiki apa yang rusak, dan itu dimulai di rumah. Para ibu adalah mentor untuk para pemimpin masyarakat. Mereka berpengaruh dalam membawa perubahan, apakah itu pengaruh wanita terhadap suaminya, atau pengaruh seorang ibu kepada anaknya, kekuatan terletak di tangan seorang ibu. Ini adalah kekuatan yang luar biasa, dan kekuatan untuk membuat perbedaan. Mendiang perdana menteri Inggris, Harold MacMillan mengatakan, “Tidak ada pria yang sukses tanpa wanita saleh di belakangnya, istri atau ibu, jika keduanya, pria tersebut sungguh diberkati dua kali.”

  • 3. Para ibu menulis masa depan di dalam hati anak-anaknya

  • Henry Ward Beecher mengatakan, “Hati seorang ibu adalah ruang belajar bagi anak-anaknya.” Jika seorang ibu penuh iman, maka anaknya akan penuh iman. Jika seorang ibu murah hati, maka anaknya akan murah hati. Ketika seorang anak melihat tingkah laku ibunya, tingkah laku ibunya tersebut akan menjadi pelajaran yang tertulis di dalam hatinya. Ibu membentuk dan menyetak setiap watak anaknya. Hubungan seorang ibu mempengaruhi perilaku dan watak anaknya. Itu memberinya pola akan menjadi apa anaknya nanti. Penulis terkenal Emerson, dengan sederhana mengatakan, “Pria adalah cetakan yang dibuat ibunya.”

  • Advertisement
  • 4. Pengorbanan seorang ibu adalah karunia terbesar di bumi

  • Tidak seorangpun yang tinggal di bumi datang tanpa melalui pengorbanan seorang ibu di manapun mereka berada. Sejak permulaan jaman, ibu telah berkorban dengan keadaan tidak menyenangkan selama masa kehamilan dan rasa sakit ketika proses melahirkan, tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari karena harus menenangkan bayinya yang menagis, tanpa harapan bisa menikmati makanan hangat lagi. Mereka telah mengorbankan pendidikan, karir, kemajuan, prestasi duniawi, perjalanan, uang, harta benda dan penghargaan. Tetapi semua pengorbanan itu tidak sia-sia. Setiap penemu, pemimpin, ahli filsafat, penulis, artis dan guru, semuanya mengawali kehidupan mereka di tangan ibu mereka. Seperti yang George Eliot katakan, “Kehidupan dimulai dengan bangun dan mencintai wajah ibuku.” Kita semua bangun untuk ibu kita.

  • 5. Cinta seorang ibu adalah surga terdekat kita

  • Rudyard Kipling mengatakan, “Tuhan bisa ada dimana-mana, dan oleh karena itu Dia menciptakan para ibu.” Cinta seorang ibu adalah cinta yang abadi, ini adalah cinta tanpa batas, tanpa syarat, dan tanpa akhir. Ini adalah hal paling mirip yang kita miliki dengan kasih Tuhan kepada anak-anakNya. Ketika kita memahami kedalaman cinta yang seorang ibu miliki untuk anaknya dan kesediaannya untuk mengorbankan segala yang dia miliki untuk kebahagiaan dan kehidupan anaknya, kita akan mengetahui bahwa betapa kita sangat dikasihi oleh Tuhan kita. Jika seorang ibu yang tidak sempurna mampu mencintai begitu dalam dan lengkap, bayangkan betapa luar biasa besar kasih Allah Bapa kita yang sempurna. Cinta seorang ibu adalah surga di dalam rumah yang dirasakan pertama kali oleh seorang anak. Cinta seorang ibu seringkali mengingatkan kita bahwa ada surga yang sebenarnya. Di dalam kata-kata Samuel Coleridge, “Cinta seorang ibu adalah tabir cahaya lembut antara hati dan Allah Bapa.”

  • Sungguh benar bahwa ibu memiliki peran yang unik di dalam masyarakat kita. Pada masa di mana kebudayaan kita meremehkan peranan seorang ibu dan mengecilkan pentingnya mereka, mari kita memahami kebenaran nilai mereka dan mengakui pengorbanan para ibu yang telah menciptakan kita semua. Para ibu adalah pusat dari masyarakat kita. Pengaruh mereka tak terbatas. Kekuatan mereka mengangkat kita semua. Mari kita menjunjung mereka sebagai mutiara yang sangat berharga di saat nilai-nilai dalam masyarakat terpuruk, dan memberi mereka penghargaan yang sepantasnya mereka terima. Pada saat ini kita membutuhkan para ibu yang bersedia berkorban demi kemajuan kita semua; para ibu siap dan sanggup untuk mengajarkan anak-anaknya nilai-nilai tersebut serta karakteristik yang akan membawa masyarakat kita kepada harapan yang kita semua nantikan. Masa depan kita tergantung kepada pengorbanan dan cinta seorang ibu.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “5 truths about mothers” karya Tiffany Fletcher.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

5 Kebenaran tentang Ibu

Para ibu adalah mentor untuk para pemimpin masyarakat. Mereka berpengaruh dalam membawa perubahan, apakah itu pengaruh wanita terhadap suaminya, atau pengaruh seorang ibu kepada anaknya, kekuatan terletak di tangan seorang ibu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr