Apa Saja yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Seorang Musisi

Penelitian selama 10 tahun di sebuah universitas di Amerika menunjukkan bahwa murid-murid yang mempelajari tentang musik memperoleh nilai ujian yang lebih tinggi, meskipun latar belakang ekonomi mereka berbeda-beda.

1,001 views   |   shares
  • “Bantu anak Anda menyadari bahwa sesuatu yang bermanfaat itu tidak selalu menyenangkan setiap saat”

  • Saat ini ada banyak anak mengambil pendidikan tentang musik, dan hal itu tidaklah terlalu mengherankan. Pendidikan tentang musik akan memberikan banyak hal bermanfaat. Penelitian selama 10 tahun di universitas Amerika menunjukkan bahwa murid-murid yang mempelajari tentang musik memperoleh nilai ujian yang lebih tinggi, meskipun latar belakang ekonomi mereka berbeda-beda. Menurut penelitian para siswa sekolah menengah yang berpartisipasi dalam grup band atau orkestra paling jarang menyalahgunakan obat berbahaya. Sebagai tambahan, hal ini adalah kabar baik bagi para calon mahasiswa: bagian penerimaan siswa memandang keikutsertaan dalam bidang musik sebagai salah satu faktor penting dalam mengambil keputusan penerimaan siswa.

  • Hal tersebut hanya permulaan saja. Belajar musik mengajarkan bahwa kerja keras dapat membawa keberhasilan. Belajar untuk melakukan suatu hal dengan baik adalah kunci untuk harga diri yang sehat. Kemauan untuk bekerja keras, mengasah selalu kemampuan adalah lebih baik daripada hanya duduk diam dan tidak melakukan apapun, ini akan memberikan lebih banyak manfaat kepada seseorang dalam banyak hal. Mengembangkan kecintaan terhadap musik akan memperkaya kehidupan, meningkatkan dan memperdalam pengalaman hidup seseorang sepanjang hayatnya.

  • Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik mampu mengerjakan soal-soal matematika dengan lebih baik. Meskipun dua topik tersebut tampak sangat berbeda, belajar tentang musik dapat melatih pikiran, membantu konsentrasi dan memahami konsep-konsep yang rumit. Dengan hanya mendengarkan musik klasik kita dapat mencapai beberapa manfaat tersebut.

  • Untuk mewujudkannya orang tua berlomba-lomba mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah musik. Selain memikirkan biaya yang harus dikeluarkan, apa saja yang orang tua bisa lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pelajaran musik? Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya setiap orang tua ketahui:

  • Ketahui kapan untuk memulainya

  • Sementara anak-anak mampu belajar musik sejak masih kecil, namun setiap anak memiliki kemampuan memusatkan perhatian yang berbeda satu sama lain. Tunggulah untuk memulai belajar ketika anak sudah mulai bisa fokus pada suatu tugas setidaknya selama 15 menit. Perlu diingat bahwa anak-anak dapat dengan mudah mencapai tujuan berlatih jika dibagi dalam beberapa bagian, mula-mula 15 menit dan secara bertahap meningkat.

  • Advertisement
  • Berikan semangat

  • Bantulah anak Anda memahami bahwa mereka biasanya bersemangat pada awalnya, lalu mulai bosan dan menganggapnya sebagai beban. Itu lumrah! Bantulah mereka menyadari bahwa segala keterampilan yang bermakna menuntut dedikasi dan usaha, entah itu basket, balet atau piano.

  • Membuat harapan yang jelas

  • Anak-anak harus tahu bahwa belajar musik membutuhkan tekad untuk berlatih. Anda bersedia membayar uang sekolahnya dan sebagai imbalannya mereka harus berjanji untuk berlatih. Meskipun sebentar saja, sangat efektif jika dilakukan secara konsisten. Latihan yang singkat cocok untuk anak-anak.

  • Bantulah anak-anak menyadari bahwa tidak semuanya yang bermanfaat akan menarik setiap saat. Untuk segala sesuatu yang memerlukan usaha, akan ada masanya hal itu nampak sangat sulit, membosankan atau tidak semenyenangkan bergaul dengan teman-teman. Jika mereka bertahan, kemampuan mereka memainkan alat musik akan meningkat ke titik di mana bermain musik menjadi sukacita dalam hidup mereka.

  • Tanyalah para guru musik dan mereka akan memberitahu Anda betapa banyak orang menyerah pada titik terberat itu, sebelum mereka sampai pada kesadaran bahwa ternyata memainkan alat musik sangat menyenangkan. Mereka seringkali menyesalinya. Dengan menyadari bahwa saat-saat sulit akan muncul, anda bisa mempersiapkan diri untuk itu. Berikut adalah beberapa saran:

    • Seusai latihan musik, anak-anak bisa memainkan lagu-lagu yang ringan.

    • Biarkan anak-anak memantau sendiri saat-saat latihan dengan menggunakan jam dan kalender di dekat tempat berlatihnya. Kurangi omelan – orang tua bahagia dan anak-anak pun bahagia.

    • Berikan pujian dan dorongan. Mungkin hadiah bisa diberikan ketika masa berlatih telah usai atau tingkat tertentu telah dicapai. Tunjukkanlah bagaimana mereka telah bermain dengan lebih baik daripada ketika mereka pertama kali mulai. Melihat kemajuan selalu membantu motivasi.

    • Jadilah pengemar terbesarnya ketika mereka manggung dan dukunglah pertunjukan dan konsernya bila memungkinkan.

  • Semua kerja keras ini baik yang dilakukan orang tua maupun anak-anak dapat menghasilkan kebahagiaan yang langgeng.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "What every musician's parent should know" karya Margot Hovley.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Apa Saja yang Harus Diketahui oleh Orang Tua Seorang Musisi

Penelitian selama 10 tahun di sebuah universitas di Amerika menunjukkan bahwa murid-murid yang mempelajari tentang musik memperoleh nilai ujian yang lebih tinggi, meskipun latar belakang ekonomi mereka berbeda-beda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr