Karunia Membaca untuk Anak Kecil

Salah satu karunia terbesar yang dapat Anda berikan untuk seorang anak adalah menolongnya untuk menjadi seorang anak yang gemar membaca.

855 views   |   shares
  • Salah satu karunia terbesar yang dapat Anda berikan untuk seorang anak adalah menolongnya untuk menjadi seorang anak yang gemar membaca. Membaca adalah landasan penting yang memberi anak Anda kunci menuju sebuah keberhasilan, tidak hanya di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, apa cara terbaik untuk memberikan karunia itu kepada seorang anak ? Para ahli setuju bahwa membaca harus dimulai sejak dini. Di hari pertama pulang dari rumah sakit, bayi Anda mungkin tidak mengerti apa yang Anda katakan, tetapi bayi Anda akan menanggapi nada suara Anda dan merasakan kehangatan saat Anda memeluknya dan membacakannya sebuah cerita.

  • Saat lahir, bayi dapat mendeteksi cahaya dan gerakan. Mereka mulai fokus pada wajah dan benda-benda pada saat mereka berumur 3-6 bulan. Meskipun bayi yang baru lahir belum bisa fokus pada gambar di sebuah buku atau dapat memahami kata-kata, mereka bisa mendapatkan manfaat dari kehangatan pelukan dan suara orang tua mereka. Ketika bayi mulai bisa melihat pola, bentuk, dan warna, dan Anda membacakan mereka buku yang bergambar terang dan jelas, Anda telah membantu mereka mengembangkan penglihatan mereka.

  • Dengan bertambahnya usia dan perkembangan bayi, maka Anda bisa mulai membacakan mereka buku-buku yang gambar-gambarnya lebih menarik dan ceritanya juga lebih panjang. Membaca bersama anak tidak hanya membangun kegemarannya untuk membaca buku, tapi juga memberikan contoh kepada mereka bahwa membaca itu sangat penting.

  • Ada berbagai macam buku yang bisa kita pilih yang telah dibuat untuk anak-anak segala usia. Untuk anak-anak yang berusia 0-6 bulan, pilihlah buku yang sederhana dengan gambar-gambar yang besar dan warna-warna yang cerah.

  • Untuk yang berusia 6-12 bulan, para ahli menyarankan untuk memilih buku-buku yang bahannya tebal dengan gambar-gambar bayi lainnya, benda-benda umum seperti botol dan bola dengan warna-warna yang cerah. Buku-buku yang bahannya tebal atau terbuat dari kain adalah yang terbaik untuk kelompok usia ini karena mereka dapat menikmati buku-buku ini tanpa bisa merobek halamannya.

  • Dimulai pada usia 12-24 bulan,anak-anak lebih suka berpartisipasi, diikutsertakan, dan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan. Buku-buku yang terbuat dari bahan yang tebal dan kuat supaya bisa dibawa kemana-mana adalah pilihan yang terbaik. Buku dengan gamba-gambar yang menarik, terutama buku tentang anak-anak yang sedang melakukan kegiatan hariannya seperti tidur atau makan. Buku dongeng sebelum tidur, buku bongkar pasang, dan buku yang menggunakan kata-kata sederhana merupakan pilihan yang terbaik untuk kelompok di usia ini. Juga, buku yang bisa disentuh dan dirasakan adalah pilihan yang baik untuk mereka.

  • Advertisement
  • Usia 24-36 bulan adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan mereka pada buku-buku cerita yang sederhana. Buku-buku lainnya yang baik adakah buku bersajak, buku alfabet, buku menghitung, buku bongkar pasang merupakan buku-buku yang bermanfaat untuk mereka. Buku-buku lainnya yang baik adalah buku-buku yang bisa disentuh dan dirasakan. Buku-buku ini dapat mengajarkan mereka untuk dapat mengenal apa yang mereka sentuh.

  • Pada umur 3-5 tahun, jika anda sudah membiasakan membaca dengan anak Anda secara teratur, mereka akan mulai mengembangkan minat mereka untuk membaca sendiri. Anda dapat menambahkan buku yang ceritanya lebih panjang yang dapat dibaca setiap malam sebelum tidur. Buku ilmu pengetahuan yang sederhana, buku tentang dinosaurus, buku tentang kereta api, buku memasak, buku tentang teman, buku tentang bersiap-siap untuk sekolah adalah sumber lain yang baik untuk dibaca.

  • Buku-buku yang berhubungan dengan pemecahan masalah seperti berkelahi dengan saudara merupakan buku yang cukup disukai oleh anak-anak pada kelompok usia ini. Dan jangan lupa, bacalah buku dengan teks yang singkat agar mudah diingat oleh anak anda pada saat Anda membacanya berulang-ulang. Mereka akan merasa bahwa mereka sudah bisa membaca seperti ayah ibunya.

  • Dalam buku Dr Seuss, "Aku Bisa Baca Dengan Mata Tertutup", ia menulis: "Semakin sering Anda membaca buku, Pengetahuan Anda akan semakin bertambah. Semakin bertambah pengetahuan Anda, semakin banyak tempat tempat yang ingin Anda kunjungi". Karunia terbesar yang dapat Anda berikan untuk seorang anak adalah menumbuhkan rasa kegemarannya untuk membaca.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli "The gift of reading: Young Learners" karya Margot Hovley.

Bantu kami menyebarkan

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Karunia Membaca untuk Anak Kecil

Salah satu karunia terbesar yang dapat Anda berikan untuk seorang anak adalah menolongnya untuk menjadi seorang anak yang gemar membaca.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr