Sukacita dalam Perjalanan Hidup: Mengajar Anak-anak Anda Meraih Hidup Bahagia

Hidup bahagia adalah harapan setiap orang. Kita yang sudah memiliki anak, berharap agar mereka juga dapat hidup bahagia kelak. Artikel ini mengajarkan apa saja yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita agar mereka pun dapat meraih kebahagiaan.

1,648 views   |   4 shares
  • Kita semua mencari kebahagiaan. Sebagai orang tua, tidak ada yang menyenangkan daripada melihat anak-anak kita memiliki hidup yang bahagia dan memuaskan. Jika ini sungguh-sungguh merupakan hasrat kita, maka kebahagiaan harus dimulai dari kita. Kebahagiaan dimulai dari nilai yang kita ajarkan kepada mereka sejak kanak-kanak, dan kebiasaan yang kita bantu ciptakan. Berikut adalah 10 nilai dan asas yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak selagi mereka di rumah yang akan membantu mereka meraih kebahagiaan seumur hidup dalam kehidupan apa pun yang mereka pilih.

  • Ajar mereka tentang Tuhan

  • Iman kepada Tuhan tidak hanya memberi tujuan dan arti, kepercayaan tersebut juga mengajarkan nilai dan kebaikan sesama. Kita belajar dari teladan-Nya, kasih, pelayanan, derma, kerendahan hati, kejujuran, dan kebaikan. Kita belajar mengesampingkan hal-hal duniawi dan berpegang pada hal-hal yang lebih baik. Sebuah kepercayaan kepada Tuhan memberi harapan di waktu sulit, terang dalam gelap dan damai di tengah-tengah badai. Mengajar anak-anak kita tentang Tuhan akan memberi lebih banyak kebahagiaan daripada nilai manapun yang kita ajarkan kepada mereka.

  • Ajarkan optimisme kepada mereka

  • Sikap positif adalah sangat penting untuk siapa pun yang berusaha untuk hidup bahagia. Jika anak-anak kita dapat selalu belajar mencari kebaikan dalam setiap situasi, mereka akan lebih sanggup menemukan kebahagiaan dalam setiap situasi. Ajar anak-anak Anda bermain “Permainan Gembira” dengan cara menyebutkan semua hal yang membuat mereka gembira setiap kali mereka merasa cenderung untuk lebih negatif. Dengan mengajar anak-anak latihan sederhana ini, mereka akan lebih sanggup menggantikan perasaan negatif dengan pikiran positif. Mereka akan berada dalam jalan kehidupan yang lebih bahagia.

  • Ajar mereka bahwa keluarga itu penting

  • Keluarga dapat menjadi salah satu sumber terbesar kebahagiaan. Ciptakan ikatan yang kuat dan mengasihi dalam keluarga Anda ketika anak-anak Anda sedang tumbuh. Maka mereka akan berhasrat untuk memiliki keluarga sendiri suatu hari. Nilai dan hubungan yang tercipta dalam sebuah keluarga adalah kuat dan kekal. Di saat-saat pencobaan, mereka akan mengetahui bahwa mereka memiliki seseorang yang dapat mereka percaya, dan mereka tidak pernah merasa sendirian. Ketika mereka dewasa, mereka akan merasa riang oleh tertawa anak-anak mereka setelah kerja keras seharian. Mereka akan menemukan kesukaan dalam sentuhan sederhana pasangan hidup mereka. Tidak ada yang dapat dibandingkan dengan kasih yang ditemukan dalam sebuah keluarga.

  • Advertisement
  • Ajar mereka nilai kerja dan tanggung jawab

  • Jika anak-anak kita belajar pentingnya kerja dan tanggung jawab, maka akan lebih mudah buat mereka untuk mendapatkan dan bertahan dalam sebuah pekerjaan sebagai orang dewasa. Mereka akan memahami pentingnya menyediakan kehidupan buat keluarga mereka. Ditambah lagi, mereka akan mengetahui peran mereka sebagai seorang ayah dan ibu, suami dan isteri. Kerja dan tanggung jawab adalah bagian penting segala sesuatu yang memiliki nilai dalam hidup. Pernikahan dan keluarga memerlukan kerja dan tanggung jawab.

  • Ajar mereka bagaimana mengasihi dan dikasihi

  • Mengajar anak-anak kita bagaimana mengasihi dimulai dari interaksi dengan mereka. Peluklah mereka sesering mungkin, pujilah anak-anak Anda, tinggalkan catatan dorongan dan dukungan untuk mereka. Beri mereka ucapan selamat, rangkullah mereka atau duduk berhimpitan dan membacakan buku untuk mereka. Terlalu sering keluarga kurang menunjukkan saling mengasihi atau memuji, membuat mereka merasa enggan ketika dipeluk atau dipuji. Mengajar anak-anak bagaimana untuk mengasihi secara pantas, dan membantu mereka merasa dikasihi sebagai anak-anak akan membantu mereka membangun hubungan saling mengasihi yang bertahan lama.

  • Ajar mereka mengejar mimpi mereka

  • Ajar anak-anak Anda percaya diri. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mempercayai mereka juga. Doronglah mereka mengejar minat mereka, bahkan jika minat tersebut kelihatan kurang masuk akal. Jika Anda telah mengajar mereka nilai kerja dan tanggung jawab, mereka akan bekerja dan bertanggung jawab. Mereka akan lebih berbahagia melakukan apa yang mereka sukai dan mengetahui bahwa Anda akan mendukungnya.

  • Ajar mereka bagaimana menetapkan dan mencapai gol

  • Ini akan menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga untuk dipelajari anak-anak, terutama ketika sedang mengejar mimpi mereka. Ketika mereka dapat merincinya menjadi langkah dan gol yang dapat dicapai, mereka lebih dapat melihat kemungkinan dan hasil usaha mereka. Mereka akan mampu mencapai hal-hal besar selangkah demi selangkah.

  • Ajar mereka bagaimana berkomunikasi

  • Komunikasi adalah sebuah aspek penting kehidupan sehari-hari. Dalam hubungan pribadi, kita harus mengajar anak-anak kita berbagi pikiran dan perasaan mereka dengan rekan mereka dalam cara yang positif dan konstruktif. Kita dapat mengajarkannya dengan cara bertemu dengan anak-anak di mana kita meminta mereka berbagi perasaan dan pikiran mereka secara terbuka. Kita dapat juga mengajar mereka bagaimana berkomunikasi secara efektif di tempat kerja dan situasi lain.

  • Advertisement
  • Ajar mereka senang belajar

  • Jika kita mengajar anak-anak kita senang belajar, mereka tidak pernah berhenti melangkah ke kebahagiaan. Mereka akan berhasrat membaca, melakukan perjalanan, dan belajar hal-hal baru. Hidup mereka akan penuh dengan tantangan baru dan menarik sebab mereka akan selalu memiliki hasrat belajar sesuatu yang baru.

  • Ajar mereka berbelaskasihan kepada orang lain

  • Ini adalah salah satu nilai terbesar yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak kita. Nilai ini tidak mementingkan diri dan membiarkan mereka melihat dunia lewat kaca mata orang lain. Ketika mereka melihat dunia sekeliling mereka dan melihat semua pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mengasihi dan mengangkat orang lain, maka mereka akan menyingsingkan lengan baju mereka dan mulai mengerjakannya disebabkan oleh kasih mereka untuk orang-orang itu, mereka akan benar-benar meraih hidup bahagia.

  • Sebuah hidup bahagia tidak diperoleh dalam semalam. Hidup bahagia diperoleh dari pilihan kecil yang kita buat setiap hari tentang bagaimana kita hidup, mengasihi, dan bagaimana memberi kepada dunia yang kita tinggali. Jika kita menyempatkan diri untuk mengajar anak-anak kita 10 nilai dan asas tersebut, kita sedang memberi mereka hadiah terbesar yang dapat kita berikan, sebuah kesempatan yang lebih besar untuk meraih hidup bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari naskah asli “Joy in the journey: Teaching your kids to lead a happy life” oleh Tiffany Fletcher.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Sukacita dalam Perjalanan Hidup: Mengajar Anak-anak Anda Meraih Hidup Bahagia

Hidup bahagia adalah harapan setiap orang. Kita yang sudah memiliki anak, berharap agar mereka juga dapat hidup bahagia kelak. Artikel ini mengajarkan apa saja yang perlu diajarkan kepada anak-anak kita agar mereka pun dapat meraih kebahagiaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr