Cara Memupuk Persahabatan Sesudah Anda Berjauhan

Bila keluarga Anda terpaksa pindah karena pekerjaan, mudah untuk membuat daftar teman yang tinggalnya berjauhan. Anda dapat mempertahankan persahabatan dan membuat kenangan dengan orang-orang yang sudah seperti keluarga sendiri.

2,967 views   |   1 shares
  • Entah itu kota asal Anda, kota tempat Anda kuliah, atau tempat Anda membesarkan anak-anak, Anda cenderung menemukan teman baik. Sedih rasanya berpisah ketika Anda harus pindah.

  • Jadi apa yang harus Anda lakukan dengan persahabatan yang susah payah Anda bina? Anggap saja Anda kehilangan teman-teman lama itu? Jangan pernah. Tidak mudah mempertahankan persahabatan dengan mereka begitu Anda pindah, khususnya karena Anda sibuk setengah mati dengan urusan sehari-hari. Jangan kuatir, dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini akan membuat hal itu lebih mudah.

  • Memulai kontak

  • Anda punya teman yang tidak pernah telepon? Sebaiknya daripada menunggu mereka mengontak, Anda dapat meneleponnya lebih dulu. Anda mungkin akan mengetahui alasan mengapa mereka membisu begitu lama. Ini juga akan mencegah timbulnya perasaan kesal gara-gara lama tidak ada kontak. Teleponlah sekedar berbasa-basi menanyakan kabarnya walau cuma semenit selagi menunggu anak Anda keluar dari sekolah. Bahkan usaha kecil seperti itu dapat mempertahankan persahabatan.

  • Saya sendiri tidak terlalu rajin dalam hal ini. Gampang untuk berpikir "Jika si anu menghargai persahabatan kami, dia akan mengontak saya." Jadi ingatkan diri Anda bahwa semua orang sibuk dengan keluarganya dan angkatlah telepon. Anda tidak akan menyesali keputusan ini.

  • Banyak memberi maaf

  • Walau kita diajar untuk mudah memaafkan orang di sekitar kita, teman jauh kita juga perlu diberi maaf. Jarak seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Khususnya karena Anda tidak bertemu cukup sering untuk mengatasi kelainan pendapat. Dengan mengingat hal ini Anda dapat mengabaikan rasa sakit hati yang muncul.

  • Contohnya, ketika seorang teman dan saya masih bertemu setiap hari, saya memuji keterusterangannya. Sekarang sesudah kami berbicara lewat telepon saja, mudah untuk salah mengerti dan menganggap sikapnya sebagai kurang peka. Alih-alih dari merasa tersinggung, saya mengingatkan diri bahwa semua itu diucapkannya dengan rasa kasih. Saya berdoa untuk kesejahteraannya, bertanya tentang pekerjaannya dan menerima kritiknya dengan rendah hati. Inilah asas yang penting untuk berteman, baik dekat maupun jauh.

  • Dengan senang hati menerima perubahan dinamika dalam persahabatan itu

  • Begitu Anda pindah Anda tidak lagi menjadi orang pertama yang mendengar tentang kisah cinta yang baru, gol yang tercapai atau kecelakaan yang menakutkan. Dengan menerima perubahan ini, Anda melepaskan diri Anda dari tekanan. Ini membiarkan hubungan Anda berkembang secara alami tanpa bertanya-tanya apa yang salah dan mengapa Anda berdua tidak lagi seakrab dulu.

  • Advertisement
  • Karena asas ini, salah satu teman baik saya waktu kuliah tetap akrab dengan saya. Hubungan kami sekarang jauh berbeda karena kami tinggal sangat berjauhan, namun kami tidak keberatan. Kami menerima kenyataan bahwa kami pembicara yang lebih pandai bila bertatap muka. Karena itu kami hanya saling menelepon sekali atau dua kali sebulan, yang menjamin semangat kami meluap-luap dalam pembicaraan ini. Segalanya mungkin agak berbeda di antara kami berdua, namun bila kami berjumpa tidak ada satu hal pun yang berubah.

  • Ciptakan kebiasaan baru

  • Tidak semua perubahan harus kita terima dengan pasif. Kita seringkali dapat mengubah perubahan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Cobalah menetapkan waktu untuk menelepon. Bentuklah perkumpulan membaca dengan dua anggota. Belajarlah ketrampilan yang baru "bersama" teman Anda. Kegiatan seperti ini bermanfaat memupuk persahabatan jarak jauh. Hal-hal ini tidak membutuhkan waktu bertatap muka tapi ini berarti bahwa Anda berdua mempunyai minat yang sama.

  • Misalnya saya suka mengobrol lewat video bersama teman saya. Kalau kami masih tinggal berdekatan, saya tidak akan belajar membaca raut muka teman saya, dan dia tidak bisa menunjukkan perubahan baru di rumahnya. Karena obrolan ini menjadi bagian yang unik dan teratur dalam kehidupan kami, persahabatan kami terjaga. Bahkan menjadi lebih akrab.

  • Kunjungi!

  • Persahabatan Anda mungkin terbentuk karena Anda berdua tinggal di tempat yang sama dan mempunyai minat yang sama. Teruslah melakukan hal ini dan kunjungi teman Anda. Dengan berkunjung Anda mengetahui kehidupan teman Anda yang sekarang, entah itu menyangkut anak-anaknya, rumah barunya, atau restoran favorit di kotanya. Di samping itu dengan berkunjung Anda mendapat perubahan dalam kehidupan rutin Anda. Pengalaman ini memberikan pengalaman bersama dengan cara yang tidak bisa didapat dari media sosial.

  • Itulah yang saya harapkan dari kunjungan saya ke seorang teman nanti. Walau saya mengikuti blognya secara teratur, kesibukan sehari-hari telah memisahkan kami. Bayinya yang baru lahir menjadi alasan yang tepat untuk mengunjunginya, walau itu berarti kami tidak dapat melakukan segala hal yang biasa kami lakukan bersama. Yang penting saya gembira menikmati waktu bersama dia dan bayinya. Saya senang mendapat kesempatan menjadi bagian dari kehidupannya sehari-hari, meski cuma beberapa hari.

  • Di dunia di mana kita berpindah-pindah karena pekerjaan, sayangnya kita mudah kehilangan teman. Namun dengan sedikit inisiatif, usaha yang kreatif dan sikap luwes, Anda dapat memastikan persahabatan akan langgeng. Sama seperti keluarga adalah tetap keluarga, tidak peduli jarak yang memisahkan, sahabat juga tetap sahabat.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "How to maintain friendships after you move" karya Sara Hagmann.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Sara Hagmann is a stay-at-home wife and writer who loves traveling, cooking, and kissing her husband. A lot.

Cara Memupuk Persahabatan Sesudah Anda Berjauhan

Bila keluarga Anda terpaksa pindah karena pekerjaan, mudah untuk membuat daftar teman yang tinggalnya berjauhan. Anda dapat mempertahankan persahabatan dan membuat kenangan dengan orang-orang yang sudah seperti keluarga sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr