Bekerja Seperti Semut: Tips untuk Bekerja Sama Sebagai Sebuah Tim

Meskipun kecil, semut memberikan contoh yang luar biasa dalam bekerja sama. Setiap semut rajin bekerja dalam membangun koloninya. Satu semut memberikan dampak perbedaan yang sangat besar bagi koloninya.

3,608 views   |   9 shares
  • Semut adalah binatang yang sangat kecil.

  • Bahkan kita harus menyipitkan mata hanya untuk melihat satu semut saja yang berkeliaran di trotoar.

  • Meskipun kecil, semut memberikan contoh yang luar biasa dalam bekerja sama. Setiap semut rajin bekerja dalam membangun koloninya. Satu semut memberikan dampak perbedaan yang sangat besar bagi koloninya. Jika salah satu dari ratusan semut itu hilang, pekerjaan semut yang hilang itu akan terabaikan, dan menyebabkan kekacauan dalam pembangunan terowongan koloni mereka.

  • Karena setiap semut kecil memberi dampak penting terhadap pembangunan dan pemeliharaan koloni mereka, mereka juga bekerja sama ketika bencana menimpa. Sangatlah luar biasa bahwa semut-semut itu sanggup bekerja tanpa pamrih untuk menyelamatkan koloni mereka. Semut-semut itu tidak berlari kebingungan dalam kekacauan ketika bencana terjadi, tetapi dengan segera mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Setelah mereka mencapai tepi pantai, mereka bekerja bersama untuk menyelamatkan ratu semut dan semut-semut masa depan terlebih dahulu. Mereka tidak mementingkan diri mereka sendiri.

  • Coba bayangkan, jika keluarga memiliki tingkat kerja yang luar biasa seperti ini di rumah mereka. Saat seorang anak membutuhkan bantuan dalam kesulitan, dia mendapatkan bantuan dan dorongan kasih dan dibawa ke tepian oleh orang tuanya atau saudaranya. Banyak keluarga telah menerapkan jenis kebersamaan seperti ini. Tapi dalam kebudayaan sekarang ini, mengabaikan keluarga sudah sering terjadi.

  • Kita hidup di dunia yang sangat kompetitif. Hal ini membuat kita terlalu terfokus pada menang atau kalah baik dalam olahraga, sekolah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Sangatlah sulit untuk mengingat betapa pentingnya bekerja bersama saat orang-orang di sekitar kita hanya terfokus pada memenangkan tempat juara pertama.

  • Namun, jika keluarga Anda bekerja bersama sebagai satu tim, mereka akan selalu menang. Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong kerja sama dalam keluarga kita:

    • Bermain dalam keluarga. Ini adalah cara yang baik untuk mengajarkan arti dari bekerja bersama sebagai sebuah tim dan memotivasi orang lain.

    • Jika ada anggota keluarga yang sangat kompetitif, bantulah mereka untuk tenang saat mereka berada dalam situasi menegangkan. Jangan biarkan teriakan atau perdebatan meledak saat keluarga bermain .

    • Menawarkan diri untuk menjadi pelatih untuk tim olah raga putra atau putri Anda. Dengan begitu, saat Anda melatih mereka, Anda dapat juga mengajarkan mereka satu atau dua hal tentang bagaimana mereka dapat saling menolong anggota tim mereka.

    • Berikan penghargaan yang positif saat anak-anak Anda saling membantu. Jika salah satu saudara sedang sakit dan tidak dapat menyelesaikan tugas hariannya, dan saudara lainnya membantu menyelesaikan tugasnya, tunjukkanlah padanya bahwa ia adalah seorang anggota tim yang hebat untuk adiknya.

  • Advertisement
  • Banjir kehidupan akan datang tanpa diduga, Anda tidak tahu kapan itu akan terjadi. Tetapi jika keluarga Anda selalu siap untuk bekerja bersama, Anda dapat menopang satu sama lain ke tepian demi keselamatan keluarga Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli "Acting like ants: tips for teamwork" karya Alysa Kleinman.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Alysa Kleinman is a journalism student at Brigham Young University and an intern at Deseret Digital Media.

Bekerja Seperti Semut: Tips untuk Bekerja Sama Sebagai Sebuah Tim

Meskipun kecil, semut memberikan contoh yang luar biasa dalam bekerja sama. Setiap semut rajin bekerja dalam membangun koloninya. Satu semut memberikan dampak perbedaan yang sangat besar bagi koloninya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr