Cara yang Baik untuk Memberitahukan tentang Kehamilan Anda kepada Anak-Anak Anda

Anda akan memiliki seorang bayi lagi, dan akhirnya tibalah saatnya untuk memberi tahu anak-anak yang lain. Anda sangat gembira, tetapi bagaimana cara yang terbaik untuk membagikan kabar ini?

1,464 views   |   1 shares
  • Anda akan memiliki seorang bayi lagi, dan akhirnya tibalah saatnya untuk memberi tahu anak-anak yang lain. Anda sangat gembira, tetapi bagaimana cara yang terbaik untuk membagikan kabar ini?

  • Waktunya terserah Anda. Beberapa ibu menunggu sampai resiko keguguran menurun, atau sekitar minggu ke 12. Beberapa lebih suka mengumumkannya secepatnya, karena minggu ke 12 adalah akhir dari triwulan pertama dan tidak selalu mudah untuk menghadapi masa-masa mual-mual sendirian. Beberapa ibu suka jika keluarganya berada bersamanya jadi mereka dapat menolong dan mengerti di saat-saat yang sulit.

  • Untuk anak-anak yang masih kecil sembilan bulan adalah waktu yang sangat lama, jadi pikirkan kapan untuk memilih waktu yang tepat untuk memberitahukan kabar ini.

  • Kapanpun Anda pilih, jadikanlah hal itu sebagai sesuatu yang istimewa, saat-saat berbahagia bagi keluarga, walaupun mungkin kehamilan ini tidak diharapkan. Ini beberapa ide untuk memberitahukan kabar gembira kepada anak-anak yang lain:

  • Adakanlah makan malam spesial dan tatalah meja dengan perlengkapan bayi. Contohnya, jika Anda bisa gunakan celemek sebagai pengganti serbet, cangkir bayi untuk minum dan alas piring warna merah muda atau biru. Katakan kepada anak Anda bahwa Anda ingin mengambil foto mereka —- kebanyakan anak-anak menyukainya. Kemudian, alih-alih menyuruh mereka untuk mengatakan “cheese,” suruhlah mereka untuk mengatakan “Saya akan jadi seorang kakak.” Atau “Kami akan punya adik baru.” Beberapa orang senang menggunakan hasil USG sebagai bagian dari pengumuman ini dengan membungkusnya sebagai hadiah atau membuatnya menjadi “kartu ulang tahun.” Meskipun demikian, sadarilah bahwa anak-anak yang masih kecil akan kesulitan untuk mengerti gambar USG dan akan menjadi bertanya-tanya. Belilah balon-balon yang telah diisi gas berwarna merah muda dan biru. Taruhlah dalam kotak besar dan bungkus. Katakan kepada anak-anak Anda bahwa Anda memiliki kejutan dan biarkan mereka membuka kotak tersebut —- mereka akan menyukainya ketika balon-balon tersebut berterbangan. Mereka juga akan senang bermain balon. Setelah kegembiraan dari pengumuman itu usai, tanyakan jika anak-anak yang lebih tua memiliki kekhawatiran. Kadang-kadang, saudara kandung yang lebih tua akan khawatir tentang ibu mereka yang harus melewati kehamilan dan mestinya membicarakan tentang ketakutan mereka. Yang lain mungkin khawatir tentang tempat mereka di dalam keluarga atau di hati orang tua mereka. Pastikan mereka mengerti bahwa tempat mereka tetap aman.

  • Advertisement
  • Seorang ayah yang bijaksana mendudukan anaknya yang lebih tua dan menggambar sebuah lingkaran di atas kertas. Dia menuliskan di lingkaran tersebut “Kasih ayah dan ibu.” Dia bertanya kepada sang anak, “Apa yang akan terjadi ketika bayi yang baru akan lahir? Akankan kita membaginya menjadi dua, dan masing-masing mendapatkan 50 persen dari kasih kami?” Dia menggambarkan garis membagi dua lingkaran dan menuliskan satu sisi dengan nama anak yang lebih tua, dan “bayi baru” di sisi yang lain. “Jadi apakah akan seperti ini?” Anak yang lebih tua setuju. Kemudian si ayah dengan penuh kasih berkata, “ Tidak, akan ada sebuah lingkaran utuh yang baru.” Dia menggambarkan satu lingkaran lainnya di sebelah lingkaran yang pertama dan menuliskan keduanya dengan 100 persen. “Masing-masing akan menerima 100 persen dari kasih kami. Kamu tidak harus berbagi dengan bayi yang baru, karena kasih sayang yang baru akan datang.”

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Great ways to announce your pregnancy to your kids” karya Margot Hovley.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Cara yang Baik untuk Memberitahukan tentang Kehamilan Anda kepada Anak-Anak Anda

Anda akan memiliki seorang bayi lagi, dan akhirnya tibalah saatnya untuk memberi tahu anak-anak yang lain. Anda sangat gembira, tetapi bagaimana cara yang terbaik untuk membagikan kabar ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr